7 Cara Terbaik Membersihkan Karang Gigi Membandel Secara Alami

Membersihkan Karang Gigi (1)

Ingin membersihkan karang gigi sendiri di rumah karena takut pergi ke dokter? Bisa kok. Banyak banget yang merasa takut untuk pergi ke dokter gigi.

Jika sakit yang dirasa belum dirasa sangat parah maka banyak yang memilih cara alami untuk mengobatinya. Sakit gigi karena gigi yang berlubang dimulai dari masalah karang gigi yang tidak kunjung dibersihkan.

Ketika kita makan setiap hari selalu ada sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Nantinya sisa makanan ini akan mengeras dan berubah menjadi plak atau karang gigi. Munculnya karang gigi sendiri memang tidak sakit yang jika dibiarkan akan membuat gigi berlubang. Untuk itu kamu harus segera membersihkan karang gigi jika sudah muncul.

Cara Membersihkan Karang Gigi Membandel Sendiri

Membersihkan Karang Gigi (1)

Apakah untuk membersihkan plak pada gigi harus selalu pergi ke dokter? Tidak, karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara yang alami.

Cara alami yang sudah banyak disarankan adalah rajin menggosok gigi. Jika kamu rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur maka mengurangi resiko makanan yang menempel berubah menjadi plak.

Selain menggosok gigi, ada cara membersihkan karang gigi lainnya yang alami dan mudah untuk dilakukan sendiri sebagai berikut:

Artikel Terkait:  Sering Mengalami Sulit Makan Karena Radang Gusi? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Baking Soda

Baking soda bukan hanya bermanfaat untuk membuat kue, tetapi juga mampu menghilangkan karang pada gigi. Bahan ini cukup aman karena tak akan merusak lapisan enamel pada gigi. Ditambah lagi baking soda akan melindungi dari proses demineralisasi gigi yang akan menimbulkan lubang.

Caranya adalah menggunakan baking soda sebagai pasta gigi. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta lalu gosok gigi menggunakannya.

2. Minyak Kelapa

Memanfaatkan minyak kelapa untuk membersihkan karang gigi adalah cara tradisional dari India yang disebut dengan oil pulling. Menurut penelitian cara ini bisa mengatasi masalah karang dan bakteri pada gigi.

Caranya adalah berkumur dengan minyak kelapa selama 20 menit setiap hari sebelum sikat gigi. Lakukan cara ini tiga hari atau satu minggu sekali. Kumurlah secara perlahan dan gerakkan sampai ke sela-sela gigi.

3. Kulit Jeruk

Bahan alami lain yang bisa digunakan adalah kulit jeruk yang memiliki kandungan asam akan mengatasi bakteri dan juga plak pada gigi. Cara pertama yang bisa digunakan adalah menggosok kulit jeruk yang sudah dicuci bersih ke area gigi yang memiliki plak selama dua hingga tiga menit.

Cara kedua adalah olah kulit jeruk hingga menjadi pasta lalu oleskan pada karang gigi dan sikatlah. Jangan lupa kumur setelah menyikatnya.

4. Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal dari jaman nenek moyang untuk membersihkan dan menguatkan gigi. Tradisi yang disebut dengan ‘nginang’ ini memanfaatkan daun sirih yang dicampur dengan pinang, kapur, cengkeh dan gambir.

Artikel Terkait:  Tahukah Kamu? Berikut 4 Jadwal Terbaik untuk Minum Air Putih

Semua bahan ini ditumbuk kemudian dikunyah selama beberapa menit. Kamu bisa melakukannya setiap dua atau tiga hari sekali supaya warna gigi tidak berubah menjadi kemerahan. Setelah selesai, kamu bisa menggosok gigi.

5. Buah dan Sayur

Buah serta sayur adalah cara alami yang dipercaya dapat menghilangkan karang gigi. Kamu cukup memilih buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C. Seperti strawberry, jeruk, tomat, seledri, dll. Buah ini harus dikonsumsi secara rutin karena baik untuk menghilangkan karang gigi serat memberikan kesehatan pada tubuh dan mulut.

6. Mouthwash

Cara keenam yang bisa digunakan dengan mudah adalah mouthwash. Tujuannya adalah menambah proteksi pada gigi dan membantu menghilangkan karang gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Kamu hanya perlu menggunakan mouthwash setelah selesai sikat gigi. Selain menghilangkan plak, mouthwash juga akan membuat mulut menjadi lebih harum.

7. Biji Wijen

Siapa yang menyangka bahwa biji wijen yang berukuran kecil ini bisa membersihkan karang gigi? Bukan dengan memakannya tetapi gunakan sebagai bahan menggosok gigi. Cukup masukkan satu genggam biji wijen ke dalam mulut, gunakan biji wijen yang sudah disangrai.

Kemudian gosok gigi dengan sikat yang kering. Semua biji akan bekerja sebagai scrub yang aman tidak merusak lapisan enamel gigi. Setelah itu kumur supaya tidak ada biji wijen yang tertinggal di sela-sela gigi.

Artikel Terkait:  8 Ciri Dari Tipes Ini Wajib Kamu Ketahui Agar Bisa Lebih Waspada

Cukup mudah bukan membersihkan karang gigi sendiri. Kini kamu hanya perlu memilih salah satu cara dan rajin melakukannya supaya menjaga gigi terbebas dari plak yang akan menjadi karang gigi.

1 Shares:
2 comments
  1. Kebetulan menanam sirih di pekarangan rumah cuma sudah lama sekali saya tidak nyirih. He he.
    Sekarang budaya nyirih tidak populer lagj.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.