Neuropati Diabetes dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan

Neuropati Diabetes

Neuropati diabetes merupakan gangguan saraf yang diakibatkan dari penyakit diabetes. Penyakit ini ditandai dengan gejala kesemutan nyeri ataupun mati rasa di bagian tubuh manapun dan paling umum terjadi pada saraf di kaki.

Bukan hanya itu, saraf di seluruh tubuh juga bisa mengalami kerusakan parah apabila penyakit diabetes ini semakin tinggi dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Saraf yang rusak bukan hanya pada kaki tetapi juga pada sistem pencernaan, pembuluh darah, saluran kemih hingga jantung. Tentu saja hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Terkena Diabetes

Ketika kamu terkena penyakit diabetes, kamu tidak boleh lalai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu diabetes agar tidak semakin parah, di antaranya sebagai berikut

1. Periksalah Telapak Kaki kamu Selalu

Hal ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun nyatanya dari telapak kaki kamu bisa mengetahui penyakit ini, di mana ketika kamu terkena penyakit diabetes, kamu beresiko tidak sengaja melukai kaki yang kebas.

Kebas sendiri disebabkan karena gangguan saraf akibat penyakit diabetes. Oleh sebab itu, kamu perlu memeriksa telapak kaki kamu selalu dan berkonsultasi dengan dokter.

2. Kontrol Gula Darah

Agar tidak terjadinya Neuropati Diabetes, kamu harus mengontrol gula darah dengan baik. Pasalnya kontrol gula darah yang buruk menjadi salah satu faktor risiko besar komplikasi diabetes, salah satunya kerusakan saraf. Oleh sebab itu, untuk menjaga gula darah agar tetap berada dalam kisaran yang baik, menjadi salah satu cara untuk melindungi kesehatan saraf serta pembuluh darah.

Lamanya diabetes juga dapat meningkatkan risiko terkena neuropati diabetes apalagi jika kadar gula darah tidak terkontrol.

3. Menjaga Kesehatan Saraf

Selain mengontrol gula darah, kamu juga harus menjaga kesehatan saraf agar tidak terkena penyakit neuropati diabetes. Neurobion merupakan kombinasi unik vitamin B yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf. Vitamin B ini mempunyai banyak kegunaan, termasuk metabolisme, memelihara serta meregenerasi sistem saraf kamu.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenai Neuropati Diabetes. Jika kamu merasakan gejala-gejala ini, ada baiknya kamu segera mengatasinya dengan memeriksakannya kepada dokter atau menghilangkan kebiasaan yang memperparah penyakit ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.