7 Tips Produktif Bekerja dari Rumah Bagi yang Belum Berpengalaman #WorkFromHome

Bekerja di kantor dan di rumah, manakah yang lebih produktif?

Ditengah-tengah penyebaran virus Covid-19 pertanyaan ini mungkin tidak asing lagi. Gerakan social distancing perlu diterapkan salah satunya adalah dengan bekerja di rumah.

Tapi bagi kamu yang belum berpengalaman bekerja dari rumah, harus bisa segera beradaptasi.

Bagi kamu yang belum terbiasa, perlu mengikuti beberapa tips produktif bekerja dari rumah yang efektif.

Tanpa panduan, kamu bisa-bisa lupa dengan pekerjaan yang harus diselesaikan sore ini.

Tidak ada rekan kerja yang dihadapi langsung membuatmu lebih bebas melakukan apa saja, inilah kelebihan bekerja dari rumah. Tak ada seorang pun yang memata-matai apa yang sedang kamu lakukan, sehingga tidak ada perasaan tertekan untuk segera menyelesaikan pekerjaanmu.

Walaupun bebas, kamu harus tetap produktif. Hasil kerja harus disampaikan tepat waktu sama seperti pada hari kerja biasanya.

Sudah siapkah kamu mengikuti sistem work from home? jika belum ikuti tipsnya disini.

Tips Produktif Bekerja dari Rumah Bagi secara Efektif

Tenaga kerja profesional modern ini sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan sistem bekerja dari rumah atau kerja online.

Langkah ini sudah banyak diterapkan bagi mereka pekerja freelance. Asalkan ada internet, semua kerajaan pasti beres. Bisa dibilang inilah motto yang banyak digunakan para freelancer.

Tapi karena saat ini sistem yang diterapkan adalah bekerja dari rumah, maka kamu harus stay di rumah. Tidak boleh pergi ke cafe atau tempat lain yang menyediakan internet.

Kamu harus menyediakan internet di rumah supaya bisa tetap terhubung dengan rekan kerja lainnya.

Kamu masih bisa menerapkan cara kerja seperti biasanya. Cara bekerja dari rumah itu tidak jauh berbeda dengan kerja di kantor, hanya lokasinya saja yang berbeda.

Bagi kamu yang masih canggung atau merasa sulit beradaptasi, ikuti beberapa tips yang memudahkanmu untuk tetap bekerja secara produktif.

Menerapkan Jadwal Seperti Biasa

Santai, iya, tapi bukan berarti cara bekerja dari rumah tidak sesuai dengan jadwal. Merubah jadwal akan mengubah mood untuk tetap produktif.

Sudah seharusnya kamu mengikuti jadwal kerja seperti jam kantor pada hari-hari biasa. Apalagi jika kerjamu harus online dengan orang lain. Maka penerapan jadwal kerja harus terus diperhatikan.

Terapkan waktu yang sama untuk istirahat, jangan karena kamu bersemangat kamu melupakan waktu istirahat makan siang ya.

Ciptakan Ruang Kerja di Rumah

Pilih tempat yang nyaman untuk bekerja. Ruangan tidak harus memiliki pintu asalkan kamu bisa menghindari semua hal yang mengganggu konsentrasi.

Kamu juga tidak perlu membeli peralatan kantor yang baru dan mahal. Cukup menyediakan meja dan kursi kerja yang nyaman. Kamu bisa mencoba juga untuk bekerja dengan berdiri yang akan meningkatkan mobilitas di dalam ruangan sehingga tidak bosan.

Jangan lupa juga bekerja dari rumah secara online artinya kamu harus menyiapkan kuota atau WiFi yang terus dalam keadaan menyala. Jangan sampai kamu kehabisan kuota pada saat bekerja.

Hindari Menggunakan Media Sosial

Bagi kamu yang tidak bekerja di bidang media, konsentrasi sering terganggu karena membuka sosial media di tengah-tengah kerja.

Hanya sekedar membuka Facebook atau melihat news feed di instagram akan menghabiskan waktu dan menghilangkan fokus. Jauhkan diri dari smartphone atau mematikan paket data atau WiFi selama jam kerja.

Kamu masih bisa membukanya di saat jam istirahat atau usai kerja.

Putar Musik yang Bersemangat

Satu hal yang mungkin tidak bisa kamu lakukan selama kerja di kantor adalah memutar musik.

Memutar musik di ruang kerjamu bisa meningkatkan semangat apalagi di pagi hari. Musik akan menjadi backsound kerja yang menciptakan suasana lebih santai.

Pilih musik-musik yang memiliki beat cepat dan jangan gunakan headset karena akan merusak pendengaran jika dilakukan terus menerus.

Memasaklah pada Sore atau Malam Hari

Karena bekerja dari rumah melalui internet, banyak yang ingin mempersiapkan sarapan dan makan siang di pagi hari.

Hal ini justru salah, karena kamu akan menghabiskan tenaga di pagi hari dan pada saat waktunya kerja sudah kelelahan.

Oleh karena itu waktu tepat untuk mempersiapkan makan adalah pada sore atau malam hari sebelumnya.

Olahraga di Pagi Hari

Menjaga tubuh tetap fit saat bekerja adalah dengan berolahraga di waktu pagi hari.

Jika biasanya kamu menghabiskan waktu di perjalanan ke kantor, maka gunakanlah untuk berolahraga. Olahraga adalah kegiatan yang penting harus dilakukan saat bekerja di rumah, supaya tubuh tetap bergerak.

Kamu bisa melakukan senam dan yoga. Tubuh yang segar akan membuat pikiran lebih tenang dan memiliki fokus tinggi. Kamu juga tidak mudah mengantuk loh.

Selesaikan Pekerjaan Pada Waktunya

Memiliki jadwal kerja artinya kamu memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berhentilah bekerja pada saat waktunya selesai, jangan lanjutkan pekerjaan melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Langkah ini sangat perlu supaya kamu tetap bekerja dengan cepat dan benar. Kesalahan terbesar ketika bekerja di rumah adalah bekerja hingga larut malam lebih dari jadwal seharusnya.

Kamu harus bisa memisahkan antara waktu bekerja dan bersantai. Ingat tubuh tetap membutuhkan istirahat, tidak perlu menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan esok hari.

Kenali kapan kamu harus berhenti bekerja dengan pekerjaan yang sudah diselesaikan.

Jika mengikuti tips produktif bekerja dari rumah ini, kamu yang belum berpengalaman pun akan tetap nyaman. Semua pekerjaan pasti selesai tepat pada waktunya, jadi kamu masih punya waktu untuk bisa beristirahat dan menikmati me time.

0 Shares:
10 comments
  1. kalau udah deadline dan harus selesai biar nggak keteteran, hp aku jauhkan dari sebelahku,bisa aku taruh di kasur, bunyi notif grup aku abaikan, tahan ga liat sosmed sosmed. Kalau nggak gini, kerjaan ga selesai selesai

  2. Benar banget poin tentang “Hindari menggunakan media sosial”, itu benar-benar dapat menguras waktu sehingga pekerjaan kita jadi terbengkalai

  3. Banyak memang pekerja kantoran yang kaget dengan kerja di rumah, banyak yang terlena dengan kenyamanan kerja di rumah dan akhirnya terbengkalai deh. Tips tips di atas bisa diterapin nih biar yang terbiasa kerja kantoran tetap bisa produktif

  4. Salah satu hambatan kerja dirumah adalah sering menunda-nunda pekerjaan. Jadi memang harus melakukan pekerjaan sesuai jadwal supaya tidak keteteran. Makasih tipsnya, sangat bermanfaat sekali, nanti saya praktekkan😊

  5. Tipsnya sangat membantu mb makasih banyak ya tapi kalau saya dengan anak-anak yang super duper aktifnya agak sulit untuk bekerja siang hari kecuali saat mereka bobo ciang hihi balada emak-emak sekalian curhat ya gini deh. Btw, makasih artikelnya bisa jadi panduan banget ini hihihi

      1. Memang kerja dari rumah jadi membosankan ya ,soalnya biasa ketemu rekan kerja direcokin, saat lagi bingung bisa nanya atau ada aja celoteh rekan kerja. Diburu untuk segera diselesaikan denger teguran bos. Kalau di rumah sepi aja gitu, kalau buat laporan memang enak sepi sie lebih konsentrasi. Tapi buat pengalaman juga siapa tau nanti work from home,kan ga selamanya kita kerja di kantor ya.

  6. bener banget yang hindari media sosial, kadang kurang fokus karena sering buka media sosial hehe, makasih mba tipsnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like