Lakukan Gerakan Ini! Nyeri Haid Pergi


Dismenore
mengacu pada terjadinya kram menstruasi yang menyakitkan yang berasal dari uterus dan merupakan kelainan ginekologis yang sering terjadi. Sebagian besar wanita di dunia ini menderita rasa sakit akibat menstruasi atau biasa disebut dengan dismenore.

Ada berbagai macam cara untuk meredakan dismenore. Salah satunya adalah dengan olahraga yoga. Beberapa gerakan yoga yang ringan dan dapat meredakan dismenore antara lain:
Gerakan untuk hilangkan nyeri saat haid

Daftar Gerakan Yoga Yang Meredakan Nyeri Haid

1. Balasana (Pose Anak)

Gerakan pose anak dapat membantu meredakan nyeri kolik di punggung bagian bawah saat masa menstruasi. Gerakan ini menawarkan relaksasi dan kelegaan pada tubuh, sehingga dapat dengan cepat meredakan desminore.
Kamu dapat melakukan gerakan ini dengan cara, letakkan lutut kamu di atas matras, selebar pinggul kamu  atau sejauh kamu merasa nyaman. Condongkan tubuh ke depan, rentangkan tangan ke kepala kamu. Letakkan dahi  kamu di lantai. Untuk membuatnya lebih santai, letakkan balok, selimut, atau bantal. Ambil napas perlahan-lahan 5 hingga 10 kali.

2. Supta Virasana

Gerakan ini dapat meregangkan perut, paha, lutut dan pergelangan kaki. Gerakan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat meredakan rasa sakit akibat menstruasi atau dismenore. Selain itu gerakan ini juga sangat mudah untuk dilakukan.
Kamu dapat melakukan gerakan ini dengan menggunakan guling atau bantalan untuk meletakan kepala kamu. Setalah itu, tekuk kedua lutut kamu kebelakang hingga menempel pada punggung.  Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 5 menit.

3. Pavana Muktasana

Pavana Muktasana dikenal sebagai gerakan yoga paling sederhana. Gerakan yang sederhana ini dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Gerakan Pavana Muktasana ini memberikan pijatan pada organ-organ internal dan dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalamnya. Selain itu, gerakan ini juga dapat merelaksasi tulang belakang dan dan memperkuat otot-otot punggung bawah.
Gerakan ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Pertama, baringkan tubuh kamu dilantai, kemudian letakkan lutut kamu di depan dada. Setelah itu peluk lutut kamu hingga menempel di dada. Tahan posisi ini selama kurang lebih 5 menit.
Jika kamu merasa kesulitan untuk melakukan gerakan-gerakan di atas, ada cara mengatasi dismenore lainnya yang lebih mudah dan praktis. Yaitu dengan menggunakan pad terapi hangat dari http://ifreeindonesia.com/. Dijamin dapat meredakan nyeri haid atau dismenore secara tuntas dan tentunya sangat ampuh. 
RINI NOVITA SARI
rinienoe46@gmail.com
Artikel Terkait:  Mengetahui 5 Manfaat Teh Hijau ini Bikin Kamu Makin Semangat Mengonsumsinya
0 Shares:
19 comments
  1. Duh jadi teringat waktu belom nikah, hampir tiap bulan meringkuk karena sakit perut pas haid, ya ampuuunnn sakitnya itu loh, serba salah, mau berdiri, duduk, tiduran pun salah.
    Dulu sampai parno takut nggak punya anak, kata orang kalau sering nyeri haid sulit punya anak.
    Ternyata mitos juga 😀

  2. Alhamdulillah sampai saat ini aku belom pernah merasakan sakit pas haid, mungkin lebih ke hormon emosi yang spanneng hahhh..

    Yoga tuh emang olah raga paling kalem tapi manfaatnya banyak dsn bikin banjir berkeringat

  3. Thanks God saya tidak termasuk dari bagian wanita yang sakit perut pas haid. Biasanya cmn sakit pinggang sih. Kalau tentang Yoga, saya setiap minggu ikut yoga, gerakan yoga sangat berguna untuk meredakan sakit dan melancarkan peredaran darah

  4. Ooh ternyata olahraga yoga bisa untuk meredakan nyeri haid ya. Anak-anakku biasanya kalau hari pertama dan kedua haid suka nyeri, bisa nih diterapkan.

  5. Mbaa, aku kadang nyeri haid. Kadang nggak. Nggak tahu kenapa. Pengennya sih emang ga nyeri haid. soalnya emang sakit banget

  6. Ternyata gerakan yoga bisa untuk meredakan sakit pas haid ya mba? Baru tau aku, karena kesiksa banget kalo lg nyeri haid.

  7. Pernah beberapa kali merasakan nyeri haid yg bikin ga bisa tidur.
    Ternyata ada beberapa gerakan yoga ringan yg bisa mengatasinya ya.
    Sekarang ternyata ada pad yg lebih praktis lagi. Bye nyeri haid.

  8. PMS enggak enak banget. Aku cuma rebahan sambil taruh botol isi air hangat di atas perut. Ternyata ada gerakan buat meredakan nyeri haid.

    Btw, ada gambar contoh gerakannya? biar lebih terbayang.

  9. Mbakku.. pas banget ini aku lagi haid hari pertama huhu.. emang nyeri haid itu luar biasanya ya.. biasanya aku tiduran aja mbak menikmatinya.. sip sip aku akan coba gerakan gerakan ini semoga membantu dan tambah semangat menghadapi nyeri haid

  10. Syukurnya sampai hari ini aku gak pernah mengalami sakit nyeri haid. Tapi teman saya kalau lagi dapat kasihan banget sampai guling-guling sangking nyerinya. Nanti saya kasi tau deh artikel ini biar dia coba.

  11. Lagi pengin nyobain yang pose pertama, tapi ga begitu mudeng hanya dengan kalimat aja. Mungkin bisa ditambahi dengan gambar mba agar lebih paham. Pengin praktekkan juga nih untuk menghalau rasa tidak nyaman ketika sedang haid.

  12. Wah wah, boleh-boleh nih dicoba. Gak tahu nih, sekarang2 ini aku sering nyeri haid lagi. Padahal tahun kemaren enggak sakit. Semoga aja bisa mengurangi nyeri.

  13. Boleh nih dicoba gerakannya, soalnya aku masih suka nyeri haid setelah melahirkan. Mudah-mudahan setelah coba gerakan ini nyeri haid berkurang ya

  14. Wah ini dia yang aku cari-cari.
    Bisa buat referensi untuk putriku yang sering alami nyeri haid.

  15. Wah mantap informasinya nih..cocok buat yg sering nyeri saat haid..saya alhamdulillah engga sakit..semoga jangan ..aamiin

  16. Alhamdulillah nggak mengalami nyeri saat haid, malah kalau mau haid suka nggak berasa tanda-tanda nyeri apapun, tapi gerakan-gerakan yoga ini sangat bermanfaat ya, terima kasih

  17. Wah ternyata gerakan yoga bermanfaat buat atasi nyeri haid ya. Btw aku blom pernah sih ngalamin nyeri yang kebangetan, paling mudah ngamuk aja kalo lagi haid hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.