Loading

5 Tips Memilih Klinik Gigi Terbaik untuk Keluarga

Sama halnya seperti anggota tubuh lainnya, gigi juga memiliki peran penting yang harus Anda rawat dengan baik. Perawatan tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi serta bagian yang ada disekitarnya agar tidak mudah keropos. Inilah kenapa Anda harus familiar dengan klinik gigi terdekat.

Dibandingkan harus ke rumah sakit, tidak ada salahnya untuk berkunjung langsung ke klinik gigi agar perawatannya lebih intens dan maksimal bersama dokter gigi handal. Pasalnya dokter gigi yang membuka praktik di klinik sudah terjamin kredibilitasnya dalam merawat gigi serta mulut pasien.

Kapan Waktunya Periksa Gigi?

Banyak kalangan masyarakat yang masih beranggapan kalau mereka hanya perlu datang ke dokter gigi saat sudah mengalami keluhan yang berat saja. Selain karena biaya tambal gigi, biasanya orang-orang juga masih kurang aware terhadap kesehatan gigi sehingga mereka malas untuk rutin memeriksa gigi ke klinik.

Lalu kapan waktu terbaik untuk periksa gigi? Umumnya pemeriksaan gigi dan mulut harus rutin dilakukan setidaknya 2 kali dalam satu tahun meski tidak ada gangguan tersendiri pada gigi dan area mulut Anda. Periksa gigi juga perlu segera dilakukan jika Anda mengalami beberapa keluhan seperti:

  • Gigi sensitif
  • Sakit gigi
  • Sariawan yang sudah parah
  • Gusi terasa nyeri dan mengeluarkan darah
  • Mulut kering
  • Rahang terasa nyeri saat digerakan
  • Gigi retak atau copot
  • Munculnya benjolan pada lidah, gusi, dan mulut

5 Tips Memilih Klinik Gigi Aman dan Murah

Jika Anda sudah mengalami salah satu kondisi-kondisi tersebut, maka segeralah berkunjung ke klinik terdekat demi menghindari masalah kesehatan lainnya. Namun sebelum itu, ayo cari tahu terlebih dulu apa saja tips memilih klinik gigi yang aman serta murah seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

1. Cari Rekomendasi dari Kerabat

Tips paling ampuh untuk menemukan klinik gigi terbaik adalah dengan mencari rekomendasi dari kerabat terdekat yang pernah datang kesana. Semakin bagus pengalaman yang dirasakan oleh kerabat Anda, maka semakin baik juga pelayanan dari dokter gigi tersebut. Ulasan atau review akan memberikan gambaran tersendiri untuk Anda.

2. Ketahui Lisensi dan Sertifikasi Dokter

Setelah mendapatkan rekomendasi dokter gigi terpercaya dari kerabat, selanjutnya pastikan Anda mencari tahu lisensi serta sertifikasinya. Pasalnya hal tersebut akan menjamin bahwa dokter dan staf medis yang bekerja di klinik sudah mendapatkan pendidikan atau pelatihan yang matang sehingga praktiknya memenuhi standar kesehatan.

3. Cek Fasilitas yang Dimiliki

Klinik gigi yang bagus adalah klinik yang sudah dilengkapi dengan fasilitas berteknologi tinggi dan modern. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan perawatan dan diagnosis yang akurat untuk mendapatkan penangan yang tepat pula tanpa efek samping apapun. Jadi Anda harus memastikan kalau klinik gigi tersebut sudah canggih dari segi alat-alat medisnya.

4. Pertimbangkan Biaya dan Asuransi

Biaya merupakan kunci utama yang harus Anda pertimbangkan saat memilih klinik gigi. Ketahuilah apakah klinik tersebut menawarkan harga yang sesuai atau tidak. Ada beberapa klinik yang memiliki harga paketan atau program keanggotaan untuk mendapatkan diskon. Adanya asuransi yang diberikan kepada pasien juga sangat membantu Anda nantinya.

5. Pilih Lokasi dan Jam Operasional

Lokasi dan jam operasional juga penting untuk diperhitungkan khususnya bagi Anda yang membutuhkan perawatan secara berkala. Sebaiknya pilih klinik yang mudah diakses dari tempat Anda dengan jam operasional fleksibel yang sesuai dengan jadwal Anda sendiri. Ini akan memudahkan Anda agar bisa konsisten dalam merawat gigi.

Dengan mengikuti sejumlah tips-tips di atas, dijamin Anda akan mendapatkan klinik gigi terbaik dan mempermudah dalam membuat keputusan saat ingin melakukan perawatan gigi yang sesuai kebutuhan. Perlu Anda ingat juga kalau memeriksa gigi mampu menjaga seluruh area mulut untuk jangka panjang sehingga sangat bermanfaat!

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    5 Tips Memilih Klinik Gigi Terbaik untuk Keluarga