Apa Saja Makanan Ibu Hamil yang Penuh Nutrisi? Ini Pilihannya

Apa Saja Makanan Ibu Hamil

Apa Saja Makanan Ibu Hamil yang Penuh Nutrisi? – Demi pertumbuhan janin di dalam kandungan, ibu hamil harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Pertanyaanya apa saja makanan ibu hamil yang bisa memberikan nutrisi secara optimal?

Kebanyakan ibu yang baru pertama kali mengandung pasti memiliki pertanyaan tersebut. Sebab, dalam kondisi hamil ada beberapa jenis makanan yang jadi pantangan dan ada yang sebaiknya dikonsumsi. Supaya tidak salah pilih makanan, Anda bisa mencari tahunya di sini.

Apa Saja Makanan Ibu Hamil yang Menyehatkan?

Apa Saja Makanan Ibu Hamil

Beberapa jenis nutrisi seperti kalsium yang bagus untuk membentuk jaringan tubuh dan tulang pada janin. Ada juga zat besi yang baik untuk ibu hamil supaya tidak mudah anemia. Semua jenis nutrisi tersebut bisa didapatkan pada makanan.

Penting untuk mengetahui jenis makanan yang mengandung nutrisi sesuai kebutuhan ibu hamil. Bahkan beberapa dokter kandungan pun akan menyarankan pemberian suplemen saat hamil ketika nutrisi tidak tercukupi.

Nah, apa saja makanan ibu hamil yang bernutrisi dan harus dikonsumsi? Berikut ini pilihan jenis makanannya.

1. Aneka Jenis Kacang-Kacangan

Sama seperti ketika sedang diet, kacang-kacangan adalah jenis makanan yang paling dianjurkan, begitu juga bagi ibu hamil. Alasannya karena kacang-kacangan memiliki kandungan protein, zat besi dan kalsium yang cukup tinggi.

Kacang-kacangan juga menjadi menu makanan ibu hamil trimester I yang paling dibutuhkan. Makanan ini akan memenuhi kebutuhan serat pada ibu hamil. Sedangkan kandungan kalsium, protein dan asam folat akan mencegah bayi lahir cacat.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang aman dikonsumsi seperti kacang polong, buncis, kacang tanah dan kacang kedelai. Tidak ada batasan bagaimana cara pengolahannya. Bahkan Anda juga bisa rutin minum susu kedelai jika kurang suka olahan kacang langsung.

2. Semua Jenis Daging Tanpa Lemak

Ada juga menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3 yang perlu dipenuhi berasal dari daging tanpa lemak. Kelompok daging yang aman dikonsumsi seperti daging ayam, sapi dan juga ikan. Makanan ini mengandung protein hewani yang cukup tinggi dengan banyak zat besi.

Selain itu daging tanpa lemak juga kaya akan mineral yang bagus untuk memproduksi sel darah merah. Di mana sel darah merah ini penting bagi ibu hamil karena berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika ibu hamil kekurangan zat besi maka masalah anemia akan muncul. Selain itu kekurangan zat besi meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

3. Brokoli

Salah satu contoh menu makanan ibu hamil sebaiknya tidak lepas dari sayuran. Brokoli adalah jenis sayuran yang mampu memberikan banyak manfaat. Seperti mengatasi sembelit yang sering muncul saat trimester 3. Selain itu juga menghindari berat badan bayi rendah saat lahir.

Hal ini disebabkan brokoli adalah sayuran yang kaya akan asam folat, lutein, kalsium, karatenoid dan zeaxanthin. Brokoli juga tinggi kandungan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh.

4. Alpukat

Apa saja makanan ibu hamil yang termasuk buah wajib dikonsumsi? Alpukat merupakan buah yang pasti akan dianjurkan banyak dokter kandungan. Buah ini memiliki asam lemak baik yang bagus untuk perkembangan otak, jaringan dan sistem saraf bagi janin.

Alpukat juga menjadi buah yang kaya akan serat sehingga bagus untuk pencernaan. Saat hamil banyak ibu yang mengeluhkan kaki kram, alpukat adalah buah yang bisa mengatasi masalah tersebut.

5. Gandum Utuh

Karbohidrat adalah jenis makanan yang tidak boleh juga dilewatkan. Gandum utuh seperti oatmeal adalah pilihan yang paling baik. Nutrisinya sangat tinggi dan juga serat , selenium dan vitamin E. Kandungan tersebut baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Apa saja makanan ibu hamil selain gandum utuh yang termasuk karbohidrat? Ada banyak pilihannya seperti nasi merah, ubi jalar, kentang atau jagung.

Baik itu sayuran, buah dan makanan yang mengandung karbohidrat harus selalu menjadi menu makanan sehari-hari ibu hamil. Ditambah lagi dengan mengkonsumsi susu dan air mineral secara rutin.

Khusus air mineral sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi 2,3 liter per hari. Tujuannya agar tubuh tidak dehidrasi dan menghindari masalah sembelit. Kini sudah tidak bingung lagi kan apa saja makanan ibu hamil bernutrisi yang perlu dikonsumsi sehari-hari?

Sumber:
https://www.alodokter.com/daftar-makanan-bergizi-untuk-ibu-hamil-dan-manfaatnya
https://www.alodokter.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil
https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil/

0 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.