Cara Merawat Kucing Sakit Agar Cepat Sembuh

Cara Merawat Kucing Sakit Agar Cepat Sembuh – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang perlu dirawat sedemikian rupa. Banyak diantaranya yang memelihara kucing hingga menganggapnya seperti anaknya sendiri. Memang hewan peliharaan mampu membuat siapapun menyayanginya layaknya manusia.

Akan tetapi, dalam merawat kucing tentu ada tantangannya. Salah satunya ialah ketika kucing kesayangan Anda mengalami sakit. Beberapa kucing bisa menjadi rewel ketika mengalami sakit sama seperti manusia. Jika Anda sangat menyayangi kucing tersebut, pastinya hal tersebut akan membuat Anda sedih dan panik. Biasanya kucing yang sakit akan memperlihatkan ciri-cirinya.

Ciri-ciri kucing sakit diantaranya nafsu makan menurun, muntah atau diare, perutnya membengkak, bulunya rontok dan kusam, atau nafasnya yang bau. Beberapa gejala tersebut perlu segera Anda tangani. Sebab, dalam beberapa kasus karena pemilik mengabaikan gejala tersebut, tak lama kemudian kucingnya pun mati.Jika Anda terlalu panik saat melihat ciri-ciri tersebut, biasanya Anda akan segera membawanya ke dokter. Akan tetapi, sebenarnya Anda juga bisa mengatasinya sendiri sebelum membawanya ke dokter.

Tips Dan Cara Merawat Kucing Sakit Agar Cepat Sembuh dan Tidak Semakin Parah

Membersihkan Area Kandang dan Tubuhnya

Menjaga kebersihan kucing merupakan hal yang wajib dilakukan saat kucing mulai sakit. Hal itu dilakukan untuk menjaga kuman penyebab penyakit semakin bertambah dan memperparah keadaan kucing yang sakit. Bersihkan area tempatnya beristirahat dan kebersihan bulu-bulunya. Sikat bulu-bulunya dengan lembut dan pelan. Lalu bersihkan mata kucing, mulut dan telinganya menggunakan bola kapas basah.

Artikel Terkait:  Sering Mengalami Sulit Makan Karena Radang Gusi? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dilarang Memberikan Obat Manusia

Obat manusia memiliki kandungan yang tidak sesuai dengan tubuh kucing. Jika diberikan kepada kucing, kucing tersebut bisa saja keracunan. Misalnya obat penghilang rasa sakit dan obat lain yang digunakan manusia. Vitamin sekali pun tidak boleh diberikan karena dapat berbahaya bagi kucing. Jika ingin memberi obat, maka harus sesuai saran dokter hewan.

Selalu Penuhi Mangkuk Air Minum

Cara merawat kucing sakit berikutnya ialah selalu memberinya air minum. Jangan biarkan kucing dehidrasi karena akan memperparah sakitnya. Pastikan mangkuk minumnya selalu terisi air. Sehingga kucing selalu minum saat ia sakit. Seperti halnya manusia, kucing pun jika asupan cairannya cukup maka tubuhnya akan lebih sehat dan bugar.

Tempat Tidur yang Nyaman dan Bersih

Berikutnya, Anda harus menyediakan tempat tidur yang nyaman dan bersih. Anda bisa menggunakan lapisan handuk untuk alas tidurnya. Tujuannya ialah untuk menampung kotorannya jika ia mengalami masalah dengan air kencingnya. Anda bisa menggantinya dengan alas handuk yang lain jika sudah kotor. Jika tempat tidurnya hangat maka kucing yang sakit akan lebih nyaman dan mempercepat penyembuhannya.

Pastikan Kucing Tidak Kelaparan

Cara merawat kucing yang satu ini tidak hanya untuk kucing sakit. Kucing yang sedang sehat pun harus selalu cukup asupan makanannya. Hal itu dapat mencegah kucing agar tidak sakit. Saat sakit, kucing juga mengalami penurunan nafsu makan. Untuk memancing keinginan makannya, Anda bisa memberikan beberapa makanan seperti :

  • Keripik pisang tanpa pemanis.
  • Kepalan nasi hangat untuk menyeimbangkan fungsi pencernaan.
  • Makanan beraroma menarik
  • Pastikan Anda memberikan makanan khusus kucing.
Artikel Terkait:  Ketahui Gejala Penyakit Coronavirus (COVID-19) yang Nggak Boleh Kamu Abaikan

Itulah beberapa cara merawat kucingsakit yang bisa Anda lakukan sendiri. Lebih baik lagi Anda membawa kucing tersebut ke dokter hewan agar lebih jelas diagnosa dan pengobatannya. Pastikan obat yang Anda berikan sudah sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Jangan lupa rawat dengan sepenuh hati agar kucing tetap merasa nyaman sehingga penyembuhannya bisa lebih cepat.

Jika kamu mau tahu tips merawat kucing yang lainnya, silahkan kunjungi Sudut Hewan.

46 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.