7 Tips Membuat CV Fresh Graduate untuk Lowongan Staff Accounting

Tips Membuat CV Fresh Graduate

Tips Membuat CV Fresh Graduate – Bingung menulis pengalaman pada CV saat melamar kerja di bagian staff accounting karena baru saja lulus? Kali ini aku akan bahas berbagai tips membuat CV fresh graduate yang menarik, profesional dan pastinya akan dilirik oleh HRD perusahaan.

Sebelumnya, jangan lupa baca artikelku yang lain seputar posisi staff accounting biar kamu makin punya gambaran seperti apa pekerjaannya dan bagaimana cara memasuki dunia kerjanya ya.

Kita kali ini akan bahas tips membuat CV untuk fresh graduate. Kiranya, kamu paham dulu apa itu CV. Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang sangat penting untuk menggambarkan siapa diri kamu pada saat proses melamar kerja. CV yang menarik akan dilirik pada saat proses administrasi yang jadi tahapan pertama seleksi kerja.

Apalagi jika kamu yang ingin melamar dan berhasil diterima oleh perusahan besar atau perusahaan yang kamu idam-idamkan. Biasanya dalam proses nya, kamu akan menjalani banyak tahapan seleksi. Penting sekali membuat CV menarik untuk menciptakan impresi bahwa kamu siap bekerja dengan profesional. Apa saja tipsnya?

7 Tips Membuat CV Fresh Graduate Tampil Profesional

Tips Membuat CV Fresh Graduate

Melamar sebagai tenaga staff di suatu perusahaan swasta yang bukan bergerak di dunia desain atau kreatif mungkin tampaknya hanya membutuhkan CV yang biasa saja. Namun sebagai lulusan baru kamu tidak boleh meremehkan hal ini loh.

Ingat bahwa para pesaing lainnya mungkin saja memiliki pengalaman kerja yang cukup untuk mendaftar. Dan jumlah pengirim CV pesaingmu pastinya tak sedikit. Kamu perlu suatu hal yang bisa bikin CV mu menarik untuk dilirik.

Kamu perlu Namun kamu juga tak perlu takut, karena masih banyak cara membuat CV kreatif fresh graduate untuk melamar lowongan staff accounting.

Beberapa tips membuat CV fresh graduate ini akan meningkatkan kepercayaan diri kamu ketika melamar dan tak kalah saing dengan pelamar berpengalaman lainnya.

1. Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam CV?

Masih banyak pelamar lulusan baru yang salah kaprah menuliskan CV karena tidak tahu harus memulai dari mana dan apa saja yang harus ditulis. Inilah alasan mengapa seringkali HRD kesulitan untuk membaca surat lamaran atau dokumen lamaran kerja.

Sebagai awalan kamu perlu tahu bagian penting apa yang perlu disampaikan. Pertama adalah ringkasan profil CV fresh graduate yaitu identitas diri. Mulai dari nama, alamat, kontak yang bisa dihubungi.

Kedua adalah pendidikan, selanjutnya soal gambaran dari diri kamu sendiri dan terakhir adalah keterampilan. Jika kamu memiliki pengalaman maka bisa dicantumkan setelah menuliskan keterampilan.

Tips membuat CV fresh graduate ini bisa ditulis secara berurutan. Tujuannya supaya lebih enak dibaca dan informasi tersampaikan dengan baik.

2. Sampaikan Informasi yang Relevan

Berbeda dengan CV fresh graduate SMA di mana kamu mungkin belum memiliki keahlian secara khusus. Melamar lowongan staff accounting biasanya diisi oleh kamu yang sudah lulus D3 atau S1 accounting, manajemen, atau ekonomi. Oleh karena itu cantumkan semua informasi yang berkaitan dengan lowongan.

Baik itu pendidikan akademik, non akademik sampai prestasi dan kegiatan lain harus sesuai. Tidak sedikit lulusan baru yang mencantumkan kegiatan yang tidak relevan sama sekali dengan lowongan accounting tetapi tetap dicantumkan.

Harapannya supaya menambah nilai positif. Alih-alih dibaca, CV kamu bisa kalah menarik dengan pelamar lainnya. Dengan begitu kamu akan terlihat sebagai seseorang yang lebih profesional menekuni bidang yang dilamar.

3. Tampilan CV dengan Desain Sederhana

Berbeda ketika kamu melamar ke lowongan desain grafis atau bidang kreatif lainnya. Untuk membuat CV staff accounting kamu tak perlu desain yang terlalu ramai dengan warna campur aduk di dalamnya. Cukup desain yang sederhana saja tapi tetap terlihat profesional.

Banyak contoh CV menarik staff accounting yang dibuat tanpa terlalu banyak tambahan animasi, background atau desain ramai lainnya. Kamu justru bisa fokus pada penggunaan jenis font.

Misalnya untuk nama kamu bisa memberikan font dengan tambahan bold sehingga terlihat lebih jelas. Kemudian untuk jenis font pilih yang lebih modern serta hindari penggunaan font basic seperti Times New Roman.

Tampilan CV tersebut justru akan lebih eye catching ketimbang memberikan terlalu banyak desain atau ornamen yang menutup informasi penting.

Tips Membuat CV Fresh Graduate

4. Pergunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Tips membuat CV fresh graduate adalah soal pemilihan bahasa yang bisa menyampaikan informasi secara formal namun enak dibaca. Tak perlu menggunakan terlalu banyak kata rumit apalagi menulis dalam paragraf panjang.

Kamu hanya perlu menuliskan poin penting dari setiap informasi yang disampaikan. Misalnya dalam penulisan riwayat pendidikan kamu bisa mulai dengan poin pendidikan terakhir. Terlalu panjang lebar menulis justru membuat HRD pusing membacanya.

Salah satu contoh CV yang menarik adalah dengan menuliskan perkenalan diri dengan satu kalimat pembuka. Kamu bisa menulis kalimat perkenalan yang percaya diri sebagai lulusan baru.

Masih jarang pelamar yang menuliskan kalimat perkenalan diri sebagai sapaan dan langsung pada biodata diri. Padahal menulis kalimat ini akan memberikan kesan bahwa kamu antusias dalam melamar.

5. Promosikan Diri Melalui Skill dan Prestasi

Sebagai lulusan baru bukan berarti kamu tidak memiliki pengalaman. Tips membuat CV fresh graduate ini adalah untuk menunjukkan bahwa kamu bersemangat dalam menjalani dunia medis yaitu menulis semua skill dan prestasi yang telah dicapai.

Cara ini sangat efektif untuk mempromosikan diri dengan jelas dan sebagai wujud pencapaian dalam menekuni bidang ekonomi. Meskipun kamu belum bekerja secara profesional di perusahaan lain, dan prestasi akan membuktikan kemampuan.

Soal skill, kamu bisa menuliskan soft skill dan hard skill. Soft skill adalah kepribadian sebagai pekerja, contohnya kemampuan berkomunikasi, bekerja tim, dan etiket bekerja. Sedangkan hard skill adalah kemampuan kerja secara teknis dan spesifik.

Penulisan hard skill tentu saja disesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki sekaligus sesuai dengan persyaratan lowongan. Pastikan juga penulisan skill tidak dilebih-lebihkan sehingga tidak terlihat natural.

6. Sertakan Pengalaman Magang atau Sukarelawan

Selain skill dan prestasi, untuk mempromosikan diri kamu juga bisa mencantumkan kegiatan magang dan non akademik. Tips membuat CV fresh graduate yang keenam ini tentu sangat mudah dibuat.

Karena selama kuliah ekonomi kamu bisa jadi pernah mengikuti kegiatan magang baik itu di perusahaan swasta atau pemerintahan. Penting untuk mencantumkannya untuk memperlihatkan bahwa kamu sudah memiliki pengalaman di area kerja.

Selain itu tak ada salahnya untuk menambahkan kegiatan lain seperti menjadi sukarelawan. Namun pastikan sekali lagi bahwa kegiatan sukarelawan yang kamu ikuti berhubungan dengan dunia medis.

Jika masing-masing kegiatan tersebut disertai dengan sertifikat penunjang lamaran kerja atau sejenisnya kamu juga bisa melampirkan pada saat mengirim surat lamaran.

7. Menulis CV secara Jujur

Tips terakhir adalah memastikan bahwa semua informasi yang kamu tulis itu jujur. Contoh CV yang menarik bukan berisi tentang hal yang dilebih-lebihkan namun soal pengalaman yang telah dilalui oleh pelamar.

HRD akan tahu mana CV yang ditulis dengan jujur atau tidak. Karena CV nantinya juga akan menjadi bahan ketika proses interview. Jika terlalu banyak hal yang dilebih-lebihkan kamu sendiri yang akan kesulitan menjawab nantinya.

Tidak ada salahnya menulis dengan jujur meskipun kamu belum memiliki pengalaman kerja. Masih banyak hal yang bisa ditonjolkan dari diri kamu melalui CV seperti yang telah dijelaskan di atas.

Semua tips membuat CV fresh graduate di atas akan mempermudah kamu mendapatkan pekerjaan perusahaan idaman. Tidak perlu takut apalagi minder dengan pelamar lain yang lebih berpengalaman. Teruslah untuk melamar di banyak tempat supaya peluang berhasilnya lebih besar.

0 Shares:
9 comments
  1. Yaampun, dulu waktu fresh graduated dari S1 aku cuma bikin CV pakai MS Word. Ternyata di luar sana CV bagus-bagus ya. Dan setelah lulus S2 aku multi bikin CV pakai aplikasi kayak Canva gitu.

  2. dulu pertama kali lulus S1 aku juga bingung bagaimana membuat CV yang bagus untuk melamar kerja. Insya Allah kalau dibaca oleh para lulusan baru entah itu mau jadi akunting atau bukan, point-point di atas sangat membantu. Apalagi untuk proses serius sampai melamar kerja. Hari ini juga banyak aplikasi yang membantu kita membuat CV semakin profesional juga ya Mbak. Dengan canva salah satunya, kita bisa padu padankan dengan baik untuk membuat CV.

  3. Bikin CV itu udah kaya bikin konten ya. Selain harus memperhatikan isi dari CV itu, kita juga perlu terampil mengemasnya dengan baik sehingga eyecatching, readable dan tentu saja, grab attention untuk next process, interview.

    Hal-hal sederhana dari kombinasi warna dan pemilihan font aja udah bisa bikin CV kita end up di kardus disposal atau masuk ke area call for interview.

  4. Dulu aku sempat agak kelabakan saat buat CV. Secara pas fresh graduate kan kita nggak tahu apa-apa ya. Harusnya kita mencari informasi seperti ini dulu. Jadi, seenggaknya kita punya pandangan tentang apa yang kita tuliskan kalau sudah punya tips membuat CV yang bagus.

  5. Kadang gak PD banget pas mau mencantumkan sesuatu di CV, apalagi dulu waktu pendidikan cuma kulob-kulob (kuliah-lomba blog) hha. Kadang menang kadang juga kalah, apalagi rata-rata menang gak banyak dari instansi pemerintahan gitu, lebih banyak ke brand-brand jasa layanan dan ecommerce.

    Pas liat punya orang pengalaman organisasi, prestasi, keahlian super padat. Jadi insecure deh jadinya huhu. Tapi untungnya saya punya keahlian khusus yang gak banyak orang bisa, dan sampai sekarang keahlian itu yang membawa saya ke berbagai pekerjaan yang tak terduga dan bersyukur banget lah.

  6. Hal yang paling malas aku bikin adalah CV 😅 entah mengapa yaa, ini juga yg buat aku bertahan hampir 8 tahun di kantor ku.. padahal ajaran atasanku update cv itu penting kalau bisa rutib sebulan sekali, selain supqya tidak numpuk, tidak lupa juga dengan pencapaian kita. SEMANGAATT

  7. Menurut saya, menulis CV ini memang harus jujur yaa, jangan sampe berbohong.Baca tulisan ini jadi teringat belasan tahun lalu saat baru lulus kuliah dan semangat masuk-masukin lamaran ke banyak perusahaan

  8. Benar sekali.
    Menyusun CV yang baik juga satu soft skill yang ssngat membantu karir bekerja kita.
    Tentu juga aktivitas sosial media.
    Bagaimana cara kita berinteraksi di dunia digital, membantu kita mendapatkan pekerjaan yang kita impikan.

  9. Bikin CV itu mumet juga lho ya kalau belum paham apa saja yang harus ada di dalam CV tersebut. Beruntung banget nih para fresh graduate ahli accounting, sudah ada artikel dari Mba Rini ini. Tentunya sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.