Bolehkah Ibu Hamil Makan Steak? Simak Ulasan Ketahui Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Steak

Selama masa kehamilan, ibu perlu untuk memperhatikan asupan makanan. Sebab apa yang dikonsumsi dapat berpengaruh pada bayi dalam kandungan. Nah, ketika ibu hamil mengalami fase ngidam tentunya hal itu bisa datang pada saat yang tidak terduga. Bagaimana jika ngidam steak? Bolehkah ibu hamil makan steak? Kali ini ada pembahasan mengenai ibu hamil yang sedang ngidam steak. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Steak? Amankah?

Masa kehamilan, tentunya Anda harus lebih perhatikan setiap kali konsumsi makanan. Sesuatu yang dimakan tidak hanya berdampak pada diri sendiri tetapi juga pada janin. Tetapi seringkali keinginan untuk makan enak ketika hamil tidak bisa ditahan. Ada kalanya ngidam makan yang menggugah selera dan lezat misalnya seperti steak.

Tidak terduga kapan ngidam akan datang. Bisa saja ketika jam-jam yang tidak pasti atau juga bisa pada saat tengah malam dan lain waktu ngidam itu bisa datang ketika siang hari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi atau menyebabkan ibu hamil ngidam yakni perubahan hormon ketika hamil dan meningkatnya kemampuan indera penciuman serta indera perasa.

Keduanya memiliki pengaruh terhadap rasa keinginan ibu hamil untuk konsumsi makanan yang lebih spesifik. Kadang ngidamnya ibu hamil yang tidak biasa juga dipengaruhi oleh kurangnya asupan nutrisi.

Saat tubuh kurang satu unsur saja gizi maka tubuh akan memanifestasi kebutuhan yang menjadi suatu dorongan untuk konsumsi makan yang bisa memenuhi asupan itu.

Biasanya ibu hamil akan lebih cenderung menginginkan makanan yang cita rasanya pedas dan asin. Hal tersebut dinilai wajar mengingat ibu hamil memerlukan asupan sodium yang gunanya untuk meningkatkan volume darah.

Ketika hamil perlu untuk mengkonsumsi sodium lebih banyak dari biasanya sebab tubuh memerlukan persediaan darah tambahan yang sangat penting untuk membantu perkembangan janin.

Maka tidak heran ibu ngidam makan steak ketika hamil. Selain memiliki rasa, daging juga mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan volume darah. Contohnya seperti yang sudah diketahui, kekurangan zat besi bisa membuat janin mengalami risiko lahir prematur.

Bolehkan ibu hamil makan steak? Tentu saja boleh tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui. Steak adalah makanan yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Dalam satu porsinya ada 150 sampai dengan 180 gram daging sapi yang mengandung kurang lebih sekitar 2,5 mg zat besi. Selain itu juga steak biasanya disajikan dengan salad yang membuat semakin sehat untuk dimakan.

Tingkat Kematangan Steak

Steak aman dimakan untuk ibu hamil tetapi dengan memperhatikan tingkat kematangan steak nya.

Ibu hamil boleh saja makan setak sebab daging merupakan komponen yang sehat. Idealnya Anda harus makan dengan tingkat kematangan steak well done atau haruslah matang sempurna bukan medium well atau medium.

Hal itu dikarenakan supaya ibu hamil makan steak untuk mencegah infeksi saluran pencernaan. Jika tingkat kematangan belum sempurna maka ditakutkan dapat menyebabkan diare.

Inilah yang dapat menimbulkan risiko pada janin sebab ibu kehilangan nutrisi. Jadi bolehkan ibu hamil makan steak tentunya boiler kg tapi harus dengan kematangan yang sempurna dan baik sehingga nutrisi untuk janin dalam kandungan lengkap.

Bakteri Maupun Parasit jika Daging Steak Tidak Matang Sempurna

Jika daging yang dimasak tidak matang sempurna maka hal itu akan berdampak buruk untuk kesehatan. Berikut ini beberapa bakteri maupun parasit yang dimaksud saat daging tidak matang sempurna untuk ibu hamil.

1.      Toxoplasma

Toxoplasma merupakan parasit mikroskopik yang bisa menyebabkan infeksi toksoplasmosis pada ibu hamil. Penyakit ini dapat menyebabkan lahir mati, kerusakan saraf, serta keguguran. Maka dari itu ibu hamil lebih dianjurkan untuk makan daging dengan tingkat kematangan yang baik bukan setengah matang sebab penyakit ini rawan untuk sang janin.

2.      Salmonella

Bakteri salmonella kerap kali berkembang dari makanan yang tidak dimasak sampai dengan matang sempurna. Bakteri ini bisa membuat ibu hamil menjadi kesakitan walaupun tidak begitu membahayakan janin secara langsung.

Kasus ini memang jarang terjadi, infeksi bakteri salmonella bisa menyebabkan muntah, dehidrasi, demam tinggi, serta diare yang bisa menyebabkan proses persalinan prematur atau keguguran.

Ibu hamil harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi setiap harinya. Ketika ngidam dan ingin makan steak maka ibu hamil diperbolehkan tapi dengan catatan memilih tingkat kematangan yang sempurna atau well done. Jadi bolehkah ibu hamil makan steak, tentu saja boleh sebab hal itu bisa memenuhi nutrisi serta keinginan dari ibu yang ngidam.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like