Kiat-kiat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi

cara menjaga kesehatan tubuh

Tidak bisa dipungkiri, kesehatan adalah hal berharga yang diinginkan semua orang. Bahkan bagi sebagian orang, kesehatan merupakan aset terpenting dalam hidup mereka. Tanpa jiwa dan raga yang sehat, kamu mungkin tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik; mau itu bekerja, berolahraga, berdagang, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan tubuh sehat.

Apalagi, di kala pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh Dunia, menjaga kesehatan menjadi salah satu hal paling utama yang dapat kita lakukan. Banyak sekali cara menjaga kesehatan tubuh agar dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasa, bahkan di saat pandemi sekalipun.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Di tengah kondisi pandemi yang tidak menentu, selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola dan gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Memang benar, menjaga kesehatan itu mudah tetapi kamu perlu konsisten dalam menjalaninya.

Contohnya, jika kamu berniat untuk olahraga supaya hidup lebih sehat, kamu olahraga selama satu minggu pertama, lalu olahraga selanjutnya kamu lakukan di bulan berikutnya. Hal ini tentu saja tidak akan berpengaruh apa pun untuk menunjang kesehatanmu.

Tidak harus olahraga, menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan mulai dari hal kecil seperti makan teratur, tidur yang cukup, dan hal-hal sederhana lainnya. Di tengah pandemi yang membatasi pergerakan dan mengharuskan kamu untuk berdiam diri di rumah, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Hal-hal yang Perlu Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

cara menjaga kesehatan tubuh

1. Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran memang terkenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin dan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, terlebih sayuran hijau.

Selain menjaga diet yang seimbang, sayuran hijau dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sayuran hijau seperti brokoli dan kembang kol meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih optimal.

2. Tidur yang Cukup

Meskipun sering disepelekan, tidur yang cukup dan berkualitas menjadi salah satu kunci utama untuk kekebalan tubuh terhadap penyakit dan hidup yang lebih sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan tidur minimal delapan jam sehari, kamu akan lebih kebal dari serangan virus dan bakteri. Usahakan kamu tidur setidaknya delapan jam sehari ya!

3. Olahraga Rutin

Memang, olahraga merupakan kegiatan yang sederhana. Namun, seringkali kita merasa tidak punya waktu untuk melakukannya karena kesibukan kerja atau terlalu lelah. Olahraga rutin sangat membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Jika kamu tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau tempat olahraga yang rasanya menyita waktu, kamu bisa melakukan olahraga di rumah saja. Jika ada waktu lebih, kamu bisa keluar komplek untuk sekadar berjalan kaki atau jogging.

4. Mengelola Stres

Berada di lingkungan yang penuh tekanan dengan pekerjaan yang tiada henti tentunya meningkatkan kadar stres yang kamu miliki. Stres yang berlebih dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan kamu akan mudah terserang penyakit.

Salah satu cara yang baik untuk mengendalikan stres adalah dengan meditasi atau latihan yoga kecil yang membuat pikiranmu lebih tenang.

5. Menjaga Kebersihan Lingkunganmu

Hal yang satu ini juga sering sekali disepelekan. Menjaga kebersihan rumah, lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja juga menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan.

Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19, kamu harus lebih rajin untuk membersihkan tubuhmu setiap kali bepergian. Mandi sehabis bepergian, cuci tangan dimanapun, dan membawa hand sanitizer setiap saat adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan kala pandemi.

Selain menjaga kesehatan melalui aktivitas-aktivitas di atas, salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu adalah dengan mulai menggunakan asuransi kesehatan terbaik. Mungkin kamu berpikir bahwa kamu belum terlalu membutuhkan asuransi kesehatan. Namun dengan keadaan yang terjadi sekarang, ketika pandemi global menyerang secara tiba-tiba dan kamu tidak memiliki persiapan untuk menghadapinya, memiliki asuransi kesehatan merupakan alternatif yang baik dalam cara menjaga kesehatan tubuh dan perlindungan tambahan untuk dirimu dan orang-orang terdekatmu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.