7 Cara Jitu Bagi Fresh Graduate Mencari Lowongan Kerja

Mencari Lowongan Kerja

Cara Jitu Bagi Fresh Graduate Mencari Lowongan Kerja – Dulu untuk melamar pekerjaan, siapa saja menggunakan koran untuk mencari lowongan kerja. Setelah itu menyiapkan dokumen lamaran kerja atau menulis lamaran  di atas kertas dengan manual. Kini tidak lagi karena untuk menemukan pekerjaan banyak cara yang bisa dilakukan.

Termasuk bagi kamu yang saat ini baru saja lulus kuliah, SMA atau SMK dan ingin segera mendapatkan pekerjaan. Cukup dengan menggunakan internet saja ada banyak lowongan pekerjaan tersedia. Tapi untuk mencari mana yang tepat harus dilakukan dengan teliti.

Tips Mencari Lowongan Kerja dengan Mudah bagi Fresh Graduate

Mencari Lowongan Kerja

Bagi lulusan baru yang masih belum memiliki pengalaman kerja harus tekun dalam melamar. Meningkatkan persaingan dalam dunia pencari kerja setiap tahun adalah tantangan terbesar yang harus dilalui.

Supaya tidak kalah dengan lulusan lainnya, kamu harus memberikan sesuatu yang berbeda pada saat mencari dalam melamar pekerjaan. Apa saja cara yang perlu dilakukan, berikut ini tipsnya.

1. Membuat CV yang Menarik

Kamu akan memperkenalkan diri pada setiap perusahaan melalui curriculum vitae serta portofolio. CV menjadi senjata terbaik dalam menulis background pendidikan dan menceritakan siapa diri kamu dengan lengkap.

Penting untuk membuat CV yang menarik dan sekreatif mungkin. Boleh menggunakan desain berbeda, tapi tetapi ingat kualitas informasi adalah nomor satu. Tuliskan secara lengkap mengenai biodata, pendidikan, prestasi sampai keahlian yang kamu miliki.

Bersamaan dengan CV, lampirkan juga prestasi-prestasi yang kamu telah dapatkan selama ini. Tentu saja semua informasi harus sesuai dengan lowongan kerja yang dibuka.

2. Memperluas Jaringan

Para pencari kerja tidak boleh menyerah di tengah jalan apalagi mal dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu mulailah untuk memperluas jaringan dengan teman baru demi memperoleh informasi.

Andalkan semua teman atau kamu juga bisa bergabung ke komunitas baru untuk mendapatkan kenalan sambil menunggu panggilan kerja. Semua hal ini akan menguntungkan supaya semakin banyak peluang mendapatkan pekerjaan.

3. Melamar Pekerjaan dengan Email

Saat ini sudah jarang melamar pekerjaan melalui pos surat, kecuali itulah syarat dari lowongan kerja yang dipasang. Lebih banyak perusahaan yang menerima surat lamaran melalui email karena lebih cepat untuk diakses.

Saat mengirim surat lamaran ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Pertama adalah buat alamat email yang profesional, kedua tulis subjek sesuai ketentuan, lampirkan file lamaran dan buat cover letter yang menarik.

4. Mengasah Keterampilan

Setelah mengirimkan surat lamaran belum tentu kamu akan langsung dipanggil saat itu juga. Sambil menunggu, kamu bisa mengasah keterampilan dengan mengikuti seminar atau workshop.

Jangan habiskan waktumu hanya menganggur, selalu pastikan waktu yang kamu miliki digunakan untuk hal bermanfaat. Nantinya kegiatan tersebut bisa menambah wawasan sekaligus CV lebih menarik.

5. Melamar Kerja Magang

Bagi kamu yang belum berpengalaman, tidak perlu ragu untuk mencoba lowongan kerja magang di sebuah perusahaan. Kegiatan magang juga membantu kamu untuk memperoleh pengalaman kerja.

Manfaat lain dari magang adalah kamu bisa juga diangkat menjadi karyawan dari perusahaan tersebut. Jadi jangan takut untuk melamar magang yang sesuai dengan passion kamu.

6. Jangan Terlalu Pemilih

Masih banyak lulusan baru yang terlalu memilih lowongan kerja SMA, S1 atau S2. Padahal ini bisa menjadi alasan mengapa tak kunjung juga mendapat panggilan kerja. Kamu boleh saja memilih lowongan yang sesuai dengan ijazah, namun juga jangan menutup kesempatan lainnya.

Kamu perlu melamar pekerjaan di beberapa perusahaan jangan hanya satu atau dua saja. Semakin banyak perusahaan yang dilamar peluang kesempatan juga lebih besar.

7. Gunakan Penyedia Lowongan Online

Jangan lupa bahwa mencari lowongan kerja kini semakin mudah dengan mengandalkan portal online. Salah satunya yang terbaik adalah Topkarir.com. Melalui satu website kamu bisa memperoleh ribuan lowongan setiap harinya.

TopKarir menjadi pilihan tepat bagi fresh graduate yang merasa kesulitan mencari pekerjaan. Jadi tidak perlu lagi kesulitan untuk mencari lowongan sekaligus melamarnya.

Topkarir.com Portal Karir bagi Anak Muda Indonesia

Mencari Lowongan Kerja

Melamar melalui portal online kini sudah bukan menjadi hal yang asing lagi. Kamu para lulusan baru bisa menggunakan Topkarir.com untuk mencari lowongan kerja online terbaru sesuai dengan minat dan bidang yang ditekuni.

Bahkan bukan hanya itu saja, ada beberapa layanan yang akan kamu dapatkan dari website yang satu ini.

1. Informasi Kerja Lengkap dan Melamar Langsung

Kelebihan pertama, kamu akan mendapatkan informasi lengkap dari syarat sampai profil perusahaan yang membuka lowongan. Kamu juga bisa mencari lowongan kerja Bali, Medan atau kota lainnya dengan memanfaatkan filter yang tersedia.

Jangan lupa kamu juga bisa melamar langsung dengan membuat akun terlebih dahulu. Siapkan saja CV dan buat profil kamu semenarik mungkin.

2. Informasi Beasiswa

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Topkarir.com ada banyak informasi seputar beasiswa S1, S2 sampai S3. Bukan hanya di dalam negeri saja tetapi juga luar negeri. Jadi pastikan diri kamu up to date dengan informasinya.

3. Pelatihan TopEdu

Bingung bagaimana caranya meningkatkan skill saat menunggu panggilan kerja? Kamu bisa mengikuti pelatihan TopEdu yang sudah disediakan di website ini. Ada begitu banyak pilihan pelatihan upgrade skill sesuai dengan yang kamu sukai.

4. Tips Seputar Karir

Portal ini juga menyediakan segudang tips mengenai karir yang cocok diikuti oleh para fresh graduate. Jika kamu masih bingung bagaimana caranya membuat CV yang menarik, bagaimana bersikap saat interview semua tipsnya sudah tersedia.

Bagi kamu para pencari lowongan kerja jangan pernah patah semangat untuk mendapatkan pekerjaan impian. Bersama TopKarir pekerjaan yang kamu idam-idamkan sudah menanti.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.