10 Media Promosi Online Paling Efektif untuk Bisnis UKM

media pemasaran online

Media promosi online seperti apa sih yang efektif untuk membantu memajukan bisnis UKM?

Masih seputar bisnis UKM yang emang nggak ada habisnya ya buat dibahas. Siapa sih yang nggak mau bisnisnya berjalan mulus dan mendatangkan banyak profit? Nggak ada dong. Nah, kalau kemarin aku udah bahas tentang software cloud ERP yang bisa mensukseskan dan memperlancar bisnis UKM, sekarang aku juga mau bahas satu faktor pendukung kesuksesan usaha kecil mikro menengah yang lain gaes. Apa itu? Yap, media promosi online yang seiring dengan perkembangan teknologi ternyata bisa berdampak besar ke kelancaraan bisnis kecil menengah ini.

Apasih promosi online? Apa manfaatnya bagi bisnis dan bagaimana cara melakukan promosi online yang tepat? Media promosi seperti apakah yang cocok untuk segmentasi bisnis UKM?. Kamu pelaku bisnis UKM atau punya rencana untuk membuka usaha kecil menengah ini di masa mendatang? Simak terus artikel ini sampai akhir, jangan lupa siapin cemilan atau kopi juga boleh deh biar lebih affdoll. Hehe

Promosi Online

media promosi online, pemasaran online

Dalam bisnis apapun, urusan emang nggak cukup hanya memikirkan produk dan kualitas produk semata. Sebagus atau sebaik apapun produk yang kamu miliki atau yang akan kamu jual, tentu nggak akan ada artinya kalau kamu nggak tahu cara jualan yang baik dan benar. Nggak akan mendatangkan profit yang banyak pula kalau kamu nggak tahu cara untuk mendatangkan banyak pelanggan. Setuju nggak?

Nah karena itu, kamu dan para pelaku bisnis perlu suatu cara agar produk kamu mudah dikenal dan sampai ke masyarakat. Bukan skala kecil aja semisal hanya diketahui oleh orang 1 RT aja dong, tapi tentu kamu juga menginginkan produkmu tersebar dan terdengar di masyarakat luas kalau perlu satu Indoneisa.

“Eh lebay UKM aja jualan sampai ke seluruh Indonesia.”

Eits jangan salah, bukan hal yang nggak mungkin kok untuk produkmu lebih dikenal dan terjual ke banyak orang di penjuru negeri. Dengan promosi online, semua hal tersebut bisa pelaku bisnis lakukan. Meski bukan hal yang mudah dan perlu banyak effort untuk mencapai kesuksesan bisnis, tapi pemasaran emang harus jadi satu hal yang kita prioritaskan ya.

Trus, apasih pengertian dari promosi online? Apa juga manfaat pemasaran online untuk bisnis?

Pengertian Promosi Online

Promosi online atau yang lebih akrab disebut promosi digital adalah salah satu tahap cara pemasaran atau strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan internet dan teknologi. Sedangkan media promosi sendiri adalah media yang dijadikan tempat kita melakukan promosi atau pemasaran.

Tentu kita semua sadar kalau masyarakat kini hampir tak bisa lepas dari yang namanya gadget baik itu handphone maupun perangkat komputer (laptop) yang terkoneksi dengan internet. Banyak hal bisa dilakukan dari smartphone dan internet semisal mencari bekerja, mencari materi sekolah, cari hiburan seperti mendengarkan musik dan nonton film, bahkan untuk keperluan belanja.

Kalau dulu orang kenal sebuah produk baru dari brand terkenal dari iklan TV atau koran, atau kenal produk lokal / UKM baru dari pameran-pameran atau bazar atau pemasaran. Tapi kini seiring berkempangnya teknologi dan internet, tentu hal tersebut nggak efektif lagi. Fakta dan data mengatakan kok kalau sebagian besar masyarakat lebih sering mantengin gadgetnya.

Kini, dalam mencari keperluan baik makanan, pakaian, pernak-pernik, perabot rumah tangga dan lain sebagainya, orang-orang mulai meninggalakn cara kuno yaitu mendatangi satu persatu toko, melainkan digantikan dengan mencarinya terlebih dahulu via smartphone. Inilah kenapa pemasaran online penting untuk dilakukan.

Cara Mana yang Lebih efektif? Promosi Online atau Offline

pemasaran online vs offline

Tentu saat ini, di masa serba digital ini banyak yang berpendapat bahwa menggunakan pemasaran online atau digital lebih baik daripada pemasaran yang dilakukan secara fisik atau yang biasa disebut metode promosi offline. Padahal kedua jenis pemasaran ini akan lebih sempurna jika dilakukan bersamaan.

Mempunyai toko online memang bagus dan efektif, tapi nyatanya usaha online mempunyai toko fisik juga tak kalah mempunyai daya tarik bagi konsumennya. Toko dan media promosi offline juga efektif meningkatkan TRUST masyarakat dan konsumen akan produk yang ditawarkan.

Meski begitu, pemasaran non konvensional atau secara online memang terobosan terbaru dan terefektif saat kini yang nyatanya lebih memudahkan dan memberikan banyak manfaat bagi para pemilik usaha termasuk UKM.

Pentingnya Promosi Online Bagi Bisnis UKM

Udah tahu belum kalau menurut data dari kementrian koprasi dan UKM menyatakan tingginya devisa negara salah satunya berasal dari bisnis UKM. Tinggi banget pula mencapai Rp88,45M di tahun 2017. UKM sendiri memiliki pangsa pasar sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari keseluruhan pelaku usaha di Indonesia pada tahun 2017.

Kerennya pelaku bisnis UKM baru semakin banyak bermunculan, pada tahun 2018 dari sebanyak 59,2 juta orang dan UKM, 3,9 juta diantaranya udah melakukan go online. Sedangkan pada 2019 meningkat ke angka 8 jutaan. Ini berarti bahwa kesadaran pelaku bisnis UKM akan pentingnya melakukan pemasaran online mulai tinggi meski masih harus ditingkatkan lagi.

Beberapa Permasalahan Bisnis UKM

pentingnya promosi online bagi ukm

Sayangnya, data dari Kementrian Koprasi dan UKM tadi tak serta merta menyurutkan fakta kalau ada banyak masalah yang ditemukan dalam bisnis UKM gaes.

Meski angka kemunculan UKM baru tinggi, namun banyak juga UKM yang terpaksa gulung tikar karena tak mampu bertahan dan bersaing dengan segitu banyak bisnis UKM lain yang serupa. Tahu nggak apa penyebabnya?

1. Modal yang Terbatas

Modal adalaha permasalahan internal yang sering menghantui bisnis UKM. Untuk mengembangkan suatu bisnis tentu usaha apapun akan terus membutuhkan modal. Modal yang terbatas serta susahnya mendapat pinjaman dari bank bisa mmepersulit sebuah UKM memperluas usahanya. Kesulitan mendapat pinjaman ini biasanya disebabkan karena harta atau aset yang dimiliki pemilik tak cukup memunculkan kepercayaan bank atas aktivitas bisnisnya.

2. Managemen Administrasi

Ini masalah krusial lain dari pengembangan bisnis UKM, banyak bisnis kecil menangah yang menyepelekan manajemen administrasi dan pencatatan transaksi bahkan laporan keuangan. Pemikiran kuno yang hanya memikirkan angka penjualan tanpa memperhatikan proses administrasi bisa membuat pemilik usaha teledor dan salah mengambil keputusan usaha dan juga bisa membuka peluang terjadinya banyak kecurangan.

Kesadaran pemilik UKM untuk bisa memanfaatkan software pembukuan atau akuntansi untuk UKM yang kini bisa didapatkan dengan mudah dan murah pun masih kecil dan masih perlu banyak mendapatkan pendekatan khusus dari pihak terkait.

3. Promosi atau Pemasaran dan Pemanfaatan Teknologi

Hal yang nggak kalah penting lainnya yang bikin bisnis UKM susah berkembang adalah cara pemasaran dan pemilihan media pemasaran yang tepat. Dulu, sebelum teknologi canggih seperti sekarang, banyak pelaku bisnis UKM yang berharap besar bantuan dari pemerintah daerah atau setempat dengan kebijakan dan program-programnya seperti bantuan promosi dsb.

Tapi kini, pelaku UKM emang jauh lebih mandiri dan nggak mau bergantung dengan pihak lain sih. Sayangnya, masih banyak dari mereka yang belum terpikirkan media promosi online dan masih gemar melakukan pemasaran secara konvensional seperti mengikuti pameran, menyebar brosur, iklan di radio atau TV dan koran, bazar, promosi door to door semata sehingga target pasarnya hanya segitu-gitu aja.

Padahal produk atau kualitasnya mungkin udah sangat layak untum dipasarkan ke masyarakat secara lebih luas. Cara-cara pemasaran offline atau konvesional tadi salah? Nggak gitu juga maksudnya kok, cara-cara tersebut masih baik untuk dilakukan tapi harus dibarengi dengan cara yang jauh lebih efektif. Trus gimana caranya?

Promosi Online Jadi Salah Satu Solusi untuk Kembangkan Bisnis UKM?

ilustrasi bisnis ukm - promosi digital

Menyadari kondisi pasar adalah tugas dan kewajiban para pemilik usaha yang ingin bisnisnya terus bertahan. Yap, termasuk menyadari bahwa orang Indonesia yang adalah target pasar mereka kini terbiasa bahkan banyak yang bergantung pada gadget dan internet setiap hari.

Mengetahui bahwa calon konsumennya lebih banyak menatap layar handphone ketimbang koran dan TV tentu harus diikuti kesadaran bahwa memperkenalkan produk jualannya lebih efektif jika melalui media promosi online yang pastinya lebih mudah menjangkau calon customer ini. Bener nggak?

Keuntungan atau Manfaat Promosi Online untuk Bisnis UKM

Ada alasan kenapa para pelaku bisnis UKM harus melakukan cara online. Nah apa saja manfaat pemasaran online ini? Simak yuk.

1. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Jika para pelaku bisnis bisa menemukan cara pemasaran online yang tepat dan sesuai dengan market bisnisnya maka biaya promosi yang dikeluarkan bisa lebih hemat jika dibandingkan dengan cara konvensional atau offline. Bahkan dengan blog gratisan dan sosial media yang serba gratis itu mereka juga udah bisa mulai memasarkan produknya. Coba bandingkan dengan cara lama seperti sebar brosur dan lain-lain. Pasti akan mengeluarkan biaya lebih besar kan? belum lagi tenaga dan waktunya.

2. Mudah Memilih Target Pasar

Dengan cara online pun, pemasaran lebih mudah sampai ke target pasar atau customer yang diinginkan. Misalkan saja memasarkan dengan cara facebook atau instagram Ads, pelaku bisnis tinggal membidik target pasarnya misal dari usia, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Tepat memilih target pasar berarti juga peluang lebih besar untuk mendapatkan pembeli yang potensial.

3. Mudah Mengelola Barang

Ada media-media jualan online tertentu yang selain digunakan untuk promosi juga bisa sekaligus untuk proses penjualan seperti market place atau website bisnis. Nah dari 2 media ini saja misalnya, para pelaku bisnis bisa sekaligus dipermudah pengelolaan barang atau stok barang dagangannya. Hal ini dikarenakan mutasi barang masuk dan keluar akan tercatat dalam sistem yang tentunya bisa mempermudah pembuatan laporan dan pengecekan stok barang.

4. Menjangkan Customer Lebih Luas

Kalau cara offline atau konvensional mungkin orang-orang yang akan mengenal produk kamu hanya sekitaran lokasi dimana bisnis kamu berdiri. Pasti jangkauannya lebih terbatas, berbeda jika menggunakan cara promosi digital dimana bahkan hampir seluruh orang Indonesia yang terkoneksi dengn internet bisa melihat produk dan jasa yang kamu tawarkan.

5. Meraih Untung Lebih Besar

Mengenalkan produk melalui macam-macam media promosi tentu akan banyak menguntungkan. Semakin besar peluang orang yang mengenal dan melihat produk dan jasa yang kamu jual, tentu berarti juga peluang mendapatkan customer akan makin besar. Apalagi dengan berbagai kemudahan cara pembelian yang sekaligus bisa diakses para pelanggan, tentu akan berdampak pula pada angka penjualan.

Media Promosi Online Untuk Sukseskan Bisnis UKM

pemasaran online untuk bisnis UKM

Akhirnya sampai lah tulisanku ini ke perihal media yang cocok dan efekif untuk melakukan pemasaran secara online. Mau tau apa aja media pemasaran online yang efektif untuk jualan?

Media promosi online paling efektif yang pertama adalah media sosial. Kenapa? Tentu karena mayoritas masyarakat di Indonesia pasti memiliki setidaknya satu akun media social entah itu facebook, twitter, Instagram atau lain sebagainya. Bahkan tak jarang masyarakat modern memiliki lebih dari satu akun dalam satu platform. Luar biasa emang rang orang jaman now ya? Hehe

Mereka yang aktif di social media pun cenderung memiliki jiwa konsumtif yang besar sehingga mereka mudah tertarik dan penasaran sama iklan-iklan yang tiba-tiba muncul di beranda social media mereka. Setuju? Tentu ini jadi peluang yang bagus banget dong untuk para pelaku usaha mencari calon customer dan memperkenalkan produknya?

Nah, strategi promosi melalui social media apa sih yang paling ramai diakses dan efektif untuk meyukseskan bisnis UKM? Kita bahas satu-satu.

1. Facebook

Contoh promosi di media sosial yang pertama adalah melalui Facebook. Media social satu ini pasti udah nggak asing lagi buat sebagian besar orang Indonesia. Di fb kita bisa ketemu dengan teman lama, sanak saudara yang jauh, keluarga, dan sebagianya. Fitur di fb pun terbilang cukup lengkap dan mudah diakses, itu juga yang jadi alasan facebook bisa dijadikan contoh promosi online yang efektif untuk mengenalkan produk sampai menarik customer.

Ada beberapa tips sukses beriklan di facebook secara maksimal yang perlu kamu pahami:

  • Facebook Group

Kamu bisa bergabung dengan grup-geup bisnis yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Misal kamu orang Surabaya yang membuka UKM dengan produk makanan, kamu bisa masuk dan bergabung dengan grup facebook seperti Grup Kuliner Surabaya berisi 580ribu, atau OLX Surabaya yang beranggotakan 304ribu member. Begitu pula jika usahamu tentang fashiob atau lainnya, tinggal sesuaikan dan cari grup yang sesuai lalu join.

Yang perlu kamu tahu bahwa setiap grup-grup bisnis ini biasanya punya aturan yang berbeda-beda, maka sebelum memasarkan atau mempromosikan produk UKM kamu, kamu harus tahu dulu aturan atau syarat promosi online yang berlaku di grup tersebut.

Promosi produk di FB Grup ini aku rasa cukup efektif karena setiap harinya grup-grup seperti ini ramai tak hanya ramai penjual saja tapi juga ramai orang-orang yang senang mencari belanjaan.

  • Facebook Ads

Ada cara pemasaran lain melalui facebook yang bisa dibilang cukup efektif jika dilakukan dengan cara yang tepat. Sayangnya ini cara berbayar, pemilik usaha harus mengeluarkan sedikit biaya untuk memasang iklan alias menggunakan contoh media promosi online yang satu ini.

Meski begitu tak selalu cara memasarkan produk dengan FB ads berlangsung mulus. Pemilik brand harus menentukan tujuan yang jelas terlebih dulu sebelum memasang iklan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membuat campaign iklan di Facebook Ads agar uang atau saldomu nggak sia-sia. Ada beberapa tips sukses beriklan di facebook ads contohnya memperhatikan elemen penempatan iklan, optimasi pengiriman, dan target pasar atau audiens.

2. Instagram

Instagram adalah sosial media yang bisa dibilang paling terkini dan ngetrend dikalangan anak muda. Pasalnya fitur-fitur terbarunya sangat memanjakan penggunanya sih. Apalagi semenjak ada fitur instastory dengan pilihan filter dan sticker yang lucu-lucu. Makin banyaklah orang yang tertarik membagikan kehidupannya dan melihat lifestyle orang lain di IG.
Karenanya, instagram juga jadi salah satu yang jadi favorit untuk jadi media bisnis online. Lalu gimana cara mengoptimasi instagram agar bisa menghasilkan uang dan bisa mendukung bisnis UKM?

  • Instagram Hastag

Udah tahu kan kalau algoritma intsagram membuat pencarian topik atau feed gambar berdasarkan hastag atau tagar atau “#”. Nah para penjual atau pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan cara ini agar produknya lebih mudah dijangkau oleh para calon pembeli.

Misalkan aja pengusaha jilbab yang sedang menjajakan hijab syari, maka mereka bisa membuat konten IG yang menarik disertai caption informatif dan juga hastag #jilbabsyari #ootdhijabsyari #ootdhijup #ootdmuslimah dan lain sebagainya. Gampang kan?

  • Instagram for Business

Instagram kini mempunyai fitur Instagram for Bussiness yang bisa kita jadikan display usaha yang menarik. Mungkin instagram sadar betul ya peluang pemasaran produk lewat platformnya bisa membantu banyak pelaku usaha. Pelaku usaha juga pasti diuntungkan karena bisa mmebuat profil bisnis secara gratis.

Tinggal buat etalase atau display produk digital semenarik mungkin, buat caption yang menarik serta isikan informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi dan juga informasi produknya mulai spesifikasi hingga harga. Atau kamu bisa juga arahkan IG bisnis ini untuk mengundang pengunjung membuka halaman webiste bisnis kamu.

Kelebihannya, di Instagram for Business ini pemilik usaha bisa mengamati insight dari setiap postingan atau story yang dibuat. Seberapa luas jangkauan kontennya sampai ke masyarakat.

  • Instagram Ads

Selain membuat iklan di facebook, membuat iklan di Instagram juga bisa digunakan sebagai media promosi online yang efektif untuk UKM atau bisnis apapun. Instagram kini memberi kesempatan untuk para pemilik produk untuk mendapatkan pasar atau targe audience secara lebih luas melalui kampanye iklan.

Kampanye iklan yang dibuat haruslah menggunakan gambar dan caption yang menarik. Sama seperti FB ads, melakukan iklan di IG juga harus mmepertimbangkan target audiense dan lain sebagianya.

3. Twitter

Media promosi lain yang tak kalah penting adalah twitter. Platform sosial media yang membatasi jumlah 1 tweet dalam beberapa karakter saja ini nyatanya masih ramai digunakan oleh banyak kalangan. Meski tak cocok dijadikan sebagai media untuk sekalian menjual poduk, tapi proses pemasaran atau pengenalan brand tetap baik untuk dilakukan disini.

Para pelaku usaha UKM bisa membuat akun yang dikelola dengan baik dengan melakukan tweet tentang brand awareness secara rutin. Twitter bisa juga dijadikan media untuk lebih dekat dengan masyarakat sebagai calon customer dengan merespon dengan cepat pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Kalau mau keluar modal sedikit, kamu bisa juga menyewa buzzer untuk ikut meningkatkan promosi.

4. Forum Kaskus

Hallo gan, udah sering masuk forum-forum kaskus gan. Udah tahu kan kalau kaskus bukan hanya jadi media berbagi informasi-informasi penting terkait banyak topik. Di kaskus pun ada satu halaman forum yang bisa dijadikan ajang diskusi. Lebih khusus lagi, ada forum jual beli dimana penjual dan pembeli bisa mudah dipertemukan di sana.

Nah sebagai pemilik bisnis UKM, tentu kamu bisa manfaatkan platform ini sebagai media pemasaran digital yang baik. Kelemahan promosi online dari platform seperti ini kadang tuh banyak penipu yang menyusup masuk. Jadi prinsip berhati-hati tetep harus dipegang teguh ya.

5. Website Bisnis

Cara lain untuk promosi produk yang paling efektif di masa serba teknologi saat ini adalah dengan memasarkannya melalui sebuah website bisnis. Coba liat bisnis sekitar, sebagian besar pasti udah mempunyai website sendiri untuk mendisplay atau memasarkan produk nya bahkan bisa digunkan sekaligus untuk proses penjualan.

Tips untuk sukses memasarkan produk dan jasa melalui media promosi online berupa website adalah dengan meguasai peringkat di search engine atau mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan sebagainya. Untuk Indonesia sendiri masih berpatok pada peringkat Google. Intinya, dengan website bisnis yang dimilikinya, pemilik usaha harus mengupayakan agar website atau halaman web nya bisa menduduki peringkat atas google agar bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Semakin banyak halaman website atau halaman web yang muncul di halaman pertama google dengan keyword atau kata kunci tertentu (yang sesuai dengan bidang usaha bisnis) maka semakin besar pula peluang masyarakat lebih mengenal produk dan jasa tersebut.

Ada beberapa cara memanfaatkan webiste bisnis agar bisa menempati peringkat atas google.

  • SEM (Search Engine Marketing)

Hampir sama dengan SEO, SEM juga memiliki media yang sama dengan SEO yaitu search engine tapi dalam bentuk iklan. Saat menggunakan SEM sebagai media promosi maka posisi iklan website bisnis kamu akan berada di posisi paling atas sehingga tentu peluang pengguna internet untuk melihat iklan kamu jauh lebih besar. Tapi dengan SEM kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar tentunya.

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi pemasaran online dimana kita mengoptimasi halaman website agar bisa mendapat banyak pengunjung yang bersumber daru pencarian di seacrh engine google. Jika mengetahui dasar SEO ini maka pelaku bisnis bisa mendapatkan hasil maksimal dengan biaya yang terjangkau. Namun jika ilmu SEO masih merasa kurang dan belum sanggup bersaing di google search, maka menggunakan Jasa SEO juga bisa dijadikan pilihan.

6. Marketplace

Nah, nggak hanya sosmed yang lagi nge trend dijadikan media promosi online, selain itu hadir juga situs-situs marketplace besar yang semakin emmudahkan penjualan. Contoh media promosi online dalam bentuk marketplace adalah seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan sebagainya yang nyatanya cukup efektif dijadikan media promosi sekaligus sebagai media penjualan.

Disana, selain masyarakat bisa lebih mengenal produkmu, juga bisa langsung terjadi penjualan melalui system yang super lengkap karena bisa mengcover semua urusan jual beli sampai masalah pembayaran dan pengiriman barang. Apalagi seringkali startup marketplace ini memberikan promo sepert gratis ongkir atau potongan biaya pengiriman yang nggak tanggup-tanggung.

Nggak heran makanya masyarakat Indonesia demen banget membuka aplikasi atau website marketplace untuk mebeli produk yang dibuthkan. Nah, bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis UKM juga kan?

7. Email Marketing

Kamu pernah atau sering terima email promosi dari hotel, tempat makan, atau bank yang menawarkan berbagai promo menarik kan? Nah itu adalah email marketing atau email pemasaran. Cara ini terkesan kuno tapi nyatanya bisa dibilang cukup efektif loh.

Cara email marketing ini juga bisa diaplikasikan pada bisnis UKM sebagai media promosi onlinenya. Caranya pun gampang, tinggal berlangganan di layanan email marketing, buat database email lalu kirimkan email secara massal atau broadcast pada data email yang udah dimiliki. Di email ini para pelaku bisnis bisa mengirimkan promosi yang berlangsung atau menawarkan produk terbaru pada pelanggan atau calon pelanggan.

8. Youtube

Youtube juga bisa dijadikan cara pemasaran online yang efektif loh. Tahu kan sekarang orang-orang lebih banyak menonton youtube daripada televisi. Nah itu dia alasan kenapa youtube patut dicoba untuk memasarkan produk dan jasa yang dimiliki. Pelaku usaha bisa melakukan cara seperti review produk baik yang dilakukan sendiri atau bekerja sama dengan influencer untuk membuatka video-video review positif.

9. Whatsapp

Media promosi online lain yang paling murah dan gampang dilakukan adalah melalui whatsapp. Selain para pelaku usaha bisa mempromosikan produknya langsung via chat personal ke kontan di handphone, mereka juga bisa share ke grup-grup yang ada di platform whatsapp.

Bahkan kini, whatsapp telah ada firu WA Story atau Whatsapp story yang fiturnya mirip seperti instagram story. Di WA story ini kita bisa memasarkan foto produk, informasi produk bahkan link website bisnis atau marketplace milik kita. Mudah banget kan, sekali klik para teman kontak yang ada di Whatsapp langsung bisa melihat display produk yang kita jajakan.

10. Blog

Media promosi online lain yang tak kalah efektif adalah Blog. Mungkin masih banyak yang nggak mengira atau nggak paham kenapa blog bisa dijadikan media promosi. Yap, benar, blog memang terkesan terlalu personal karena banyak yang menggunakan blog hanya untuk berbagi cerita pengalaman pribadi layaknya menulis diary digital.

Tapi seiring perkembangan jaman, kini blog bukan semata-mata jadi ajang curhat-curhatan semata loh. Malah sekarang banyak blog yang dijadikan media komersil untuk mempromosikan barang dan jasa dari sebuah bisnis. Yap, promosi produk dan jasa melalui blog ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya:

  • Pasang banner iklan produk/jasa

Para blogger tentu mempunyai beberapa space kosong dalam halaman blog nya yang bisa dipasangi sebuah banner berisi iklan produk dan jasa dari pemilik bisnis. Nah para pemilik bisnis ini bisa memanfaatkan blog ini untuk memasang iklan produknya. Semakin banyak kunjungan pengguna internet ke blog tersebut maka semakin besar pula peluang atau kesempatan produk yang ditampilkan untuk lebih dikenal masyarakat. Karena itu, tips utama untuk mempromosikan produk dan jasa di blog via pasang banner adalah membuat atau mencari blog dengan traffic harian yang tinggi.

  • Review produk dalam bentuk artikel

Beberapa produk milik UKM atau usaha apapun juga bisa lebih dikenal masyarakat umum dari hasil video atau tulisan review para blogger. Sistem pemasaran online dengan review bukan hanya berlaku di Youtube loh. Mengingat masih banyak orang Indonesia yang mencari referensi produk via google, maka review produk yang dilakukan oleh blogger akan sangat efektif karena blogger ini akan menuliskan artikel yang akan selamanya ada di mesin pencarian google.

Para pelaku bisnis UKM bisa memafaatkan media promosi online satu ini dengan melakukan kerjasama dengan para blogger Indonesia kok kalau berminat dan ingin dibantu produknya dikenalkan ke khalayak umum. Tentu bukan secara cuma-cuma ya, yang namanya kerjasama pasti ada timbal balik alias ada fee yang harus dibayarkan sesuai dengan kesepakatan bersama antara blogger dan pemilik produk atau advertiser.

Berkaitan dengan optimasi penggunaan website bisnis yang bisa dijadikan media promosi online yang udah aku bahas di atas ya. Kan sudah bisa dipahami bahwa untuk mengoptimasi website bisnis agar bisa mendatangkan banyak pengunjung dan membuka peluang menigkatnya penjualan adalah dengan menguasai peringkat atas di mesin pencarian google. Nah, salah satu cara yang para pelaku bisnis lakukan untuk mendorong artikel atau halaman websitenya lebih sering muncul di google adalah dengan menberikan backlink dari website atau blog-blog dengan authority yang bagus.

Tips sukses Menaikan Profit dengan Media Promosi Online

Tips sukses menaikan Profit dengan Pemasaran Online

Nah setelah mengetahui apa itu pemasaran online dan media promosi online apa saja yang paling efektif untuk mengenalkan rpoduk bahkan meningkatkan omzet ukm, kini tinggal bagaimana caranya agar media sosial dapat menjadi media promosi yang efektif? yap, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar cara dan tips yang dijelaskan di atas bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Ini juga berlaku untuk media jualan lain seperti blog, website dan sebagainya ya:

1. Tentukan Tujuan

Ada beberapa tujuan dalam memasarkan produk secara digital, ada yang untuk brand awareness aja atau malah sampai konversi ke penjualan. Mengetahui tujuan yang pasti dari setiap cara pemasaran bisa membuat pelaku bisnis agar memilih metode atau media pemasaran yang tepat. Setelah menentukan tujuan pemasaran, uraikanlah cara mengembangkan bisnis dengan menggunakan media sosial. Cari tahu cara memaksimalkan masing-masing platform media nya.

2. Buat Konten yang Menarik

Untuk semua promosi yang dilakukan di media promosi digital manapun, pastikan terlebih dulu untuk membuat konten yang baik, yang enak dilihat dan tentunya bisa menarik perhatian para calon customer.

3. Pilih Media Promosi Online yang Paling Cocok dengan Produk yang Dimiliki

Jika biaya dan tenaga yang dimiliki terbatas, kamu tak perlu mencoba semua jenis media pemasaran yang udah aku tulis diatas. Cukup ambil beberapa metode yang sekiranya paling cocok dengan jenis produk yang kamu jual dan target yang kamu inginkan

4. Buat Budget Khusus Promosi

Memang banyak cara gratis, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentu lebih baik pilih cara promosi yang berbayar. Jika dibandingkan dengan peluang hasil yang didapatkan bisa jadi cepat balik modal kok. Jangan lupa untuk buat budget khusus pemasaran biar nggak mengganggu cash flow bisnis kamu.

Nah itu dia beberapa cara pemasaran dan rekomendasi media promosi online yang bisa kamu atau pelaku bisnis UKM. Emang ada banyak bentuk-bentuk promosi online yang bisa dicoba untuk meningkatkan brand awareness bahkan menaikan angka penjualan. Jangan lupa untuk tetap mempertahankna kualitas produk dan jasa yang dijual ya. Percuma juga kalau pol-pol an di marketing tapi kualitas produk malah diabaikan. Semoga sukses dan selamat mencoba!

5 Shares:
42 comments
  1. One stop reading article tentang promosi UKM nih mbak Celoteh. Budget khusus promosi ini yang seringkali nggak dialokasikan serta direncanakan oleh pelaku UKM dengan baik ya Mba. Biasanya, cuma asal posting doang, sehingga nggak optimal.

  2. Memperhatikan tulisan yang panjang ini sepertinya adminnya seorang internet marketer handal.

    Artikelnya lengkap banget

    1. Wah begitu yaa calon para pekerja UMKM wajib tahu dlu nih . biar gak salah dan menyesal dalam mengambil tindakan.

  3. Wow, penjelasannya lengkap sekali suhu. Meski saat ini eranya digital, tetep yee, promosi sebaiknya online dan juga offline. Jadi jangan lupain cara promosi offline ya. Biar pemasaran makin luas dan dikenal banyak orang…

  4. Buanyaaak banget ya, apalagi kalo media-media bisa dipromosikan sama pedagang-pedagang kecil yang ingin meraih banyak konsumen.

  5. Aku paling suka menggunakan postingan soal barang biasanya di fb, blog, dan di ig karena mudah di cari orang lain dan di inginkan orang lain.. karena mereka mempunyai market place sendiri

  6. aku pernah pakai Instagram ads untuk jualan jugaa lhooo, Mbak. Dan bener ada efeknya, karena memperluas jangkauan.

  7. Wah panjang artikelnya 😀 tapi membahas media promosi online memang banyak yang dibahas ya, biar agak terang sedikit dan penjelasannya ngena. Terus biar dilirik juga sama Google hihi CPCnya gede juga ternyata keyword ini…
    .
    .
    .
    .
    bikin ah…

  8. Di situasi yang seperti sekarang ini promosi online tentu sangat efektif. Mau promo offline orang belum tentu juga mau datang ke toko fisik kita ya kan mbak? Budget mahal? Mahalan mana timbang sewa sewa toko fisik pertahun hehehehe. Trims artikel keren ini mbak rini pas banget dengan keadaanku saat ini hehehe

  9. Poin konten yang menarik ini paling penting banget si, saya angak kurang sreg kalau ada iklan yang nggak maksimal. Biasanya di instagram gitu sering banget repost video yang udah ngeblur

  10. Emang udah paling pas zaman sekarang itu promosi via online. Setuju sama artikel ini. Promosi online itu mutah dan jangkauannya lebih luas.

  11. setuju banget nih, di saat pandemi macam ini, promosi yang paling efektif menggunakan media ini, tepat sasaran ke pembeli yang minat langsung

  12. Yang terakhir itu belum pernah coba. Mengalokasikan budget untuk promosi, padahal penting yaa. Aku mikirnya, aduh masih usaha kecil banget ini, cukup lah yg organik dulu gapake bayar buat promo2 heheh. Padahal pentiiingg juga kalau mau usahanya berkembang

  13. Ternyata pakai hestek instagram juga ngaruh ya untuk promosi online. Nah kadang aku suka bingung menentukan hestek kalau posting Instagram. Dicoba dulu deh kalo gitu

  14. Kalau saya mau beli sesuatu mesti nyari2 info dulu lwt online mbak. Klu udah pas sma kantong, baru datengin tokonya. Promosi online emang lebih oke.

  15. komplit banget ya si celoteh ini.
    kalo saya prefer ke sosmed dan web. bs optimasi lewat iklan berbayar.
    tp balik lg sih ke budget masing2

  16. Blog juga bisa dijadikan media promosi online ya Mbak Rini tp zaman now kayaknya orang lebih suka langsung lihat review produknya di Youtube ya daripada di blog. Apalagi kl ada tutorialnya wah lbh cepet pahamnya

  17. Udah coba berbagai media sosial untuk promosi. Tapi yang twitter masih meraba-raba cara jualan. Mungkin cocok ya untuk blast biar jadi trending topic, modalnya lumayan juga :))

  18. Di antara ke sepuluh media ini, aku paling gak suka email marketing mba.. hahaha. Mungkin karena aku terlalu sering dapet notifikasi email iklan kali ya Mba Rini..

    Yang lainnya ok

  19. Budget juga penting ya kak ternyata. Selama ini kukira pemasaran online ya post-post aja. Ternyata banyak strategi dan macamnya pula.

    1. Berita bagusnya juga karena promosi online ini akrab sama yg namanya anak muda, jd skrg udah mulai banyak yang juga suka bantu UKM gitu kolab. Keren banget yg biasanya lokal2 jd bisa lebih luas penjualannya 😀

  20. Dua tahunan pernah berkutat di jualan online, Mba. Coba Facebook Ads, walaupun belum begitu paham. Hahaha. Habis beberapa rupiah dan hasilnya belum maksimal. Closing malah lebih kelihatan dari marketplace dan WA. Setelah baca artikel ini jadi lebih banyak belajar. Makasih, ya, Mba. Sukses selalu 🙂

  21. Sebagai pelaku bisnis UMKM juga, kebantu banget nih artikelnya. Emang kudu ngublek-ngublek yang online sih ya, semua lini dipake. Medsos, forum, SEO, promosi juga hahaha. Semoga bisa hire selebgram deh nanti, dibenerin dulu manajemen intern-nya. Makasih infonya mba

  22. Potensi UKM memang sangat besar untuk berkembang ya mbak. Dan itu peu perubahan cara berpikir pelakunya untuk majukan usahanya sesuai perkembangan teknologi. Salah satunya dengan promosi digital ini.

  23. Setuju banget kalau promoso dari segi offline dan online harus seimbang jika diperlukan. karena masih ada saja di sekitar rumah para konsumen yang belum paham online. Tapi media promosi online wajib banget di era saat ini.

  24. Suami aku pelaku UMKM. cocok banget ni buat dipraktekkan dan bisa bantu beliau buat memajukan usahanya.. Apalagi pengen punya bisnis kuliner juga. Layak dicoba nih

  25. Banyak sekali media yang bisa digunakan untuk promosi online ya, Mbak Rin.
    Jadi kalau tidak dimanfaatkan sayang sekali. Apalagi pastinya sangat meningkatkan pemasaran produk secara online. termasuk produk UKM.

  26. Setelah banyaknya medsos, yang bisa bikin jualan online, orang bisa jualan dengan semakin mudah. Semakin kecil modal, karena memangkas toko fisik. Terima kasih artikelnya, Mbak. Sangat bermanfaat.

  27. UKM memang sudah saatnya beralih ke pemasaran online, selain efektif untuk target konsumen, media online juga memiliki beberapa kelebihan. Sperti yang dijelaskan diatas. Semoga UKM di Indonesia semakin maju dan semakin melek teknologi

  28. Sekarang serba digital ya, marketing pun via digital dan media sosial. Banyak sekali yg sukses. Saya sendiri kl cari sesuatu carinya di media sosial 😀
    Makasih infonya ya

  29. Sebagai blogger bisa banget ya membantu pemasaran online lewat blog yang kita punya atau memasarkan produk sendiri di blog

  30. Baca tulisan ini jadi inget online shop saya yang lama banget dianggurin sejak Covid menyerang. Sudah waktunya kembali promosi nih.

  31. Nggak cuma jualan aja ya, skearang pedagang juga dituntut buat bisa mengiklan yang menarik. Terima kasih penjelasannya kak, sangat detail dan membantu sekalii

  32. Belakangan ini saya belajar menggunakan SEM untuk promosi usaha saya lho Mbak. Memang belum begitu maksimal, tapi masih ada konversi. Sekalian untuk belajar gitu.

  33. Iya nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak

  34. Emang medsos sekarang ini sedang jadi trend untuk memasarkan produk UKM, mudah-mudahan saja keberadaan website/blog pun mulai banyak dilirik oleh pebisnis untuk promosikan produknya

  35. Budget promosi ini yang menentukan seberapa efektif iklan yang dipasang di FB atau IG. Bener sih budget promosi itu harus dipersiapkan dari awal jadi kita juga bisa mentarget dengan biaya iklan sekian, bisa dapat penjualan sekian. Gitu gak sih mbak celoteh??

  36. Aku seneng banget kalau nemu instagram pelaku UKM dan feednya tuh rapi, foto-foto maupun tampilan gambarnya. Ini juga jadi salah satu daya tarik untuk makin tahu produknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.