5 Tips Sukses Beriklan di Facebook (Facebook Ads) untuk Mempromosikan Bisnis Kamu

Cara Sukses Beriklan di Facebook (Facebook Ads) 2

Banyak yang belum tahu dan paham tips sukses beriklan di facebook. Aku pun baru-baru ini mencoba FB Ads ini. Saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bisnis yang kamu jalankan. Mulai dari menggunakan iklan pada media cetak, maupun media digital.

Dan salah satu media digital yang paling mudah digunakan untuk mempromosikan bisnis kamu adalah Facebook ads. Jika memang kamu memang ingin mengiklankan bisnis kamu menggunakan Facebook. Kamu bisa membaca artikel ini tentang tips sukses beriklan di Facebook. Akan tetapi sebelum itu, apakah kamu mengetahui apa itu Facebook ads ?

Facebook ads salah satu media promosi online yang merupakan sebuah fitur yang dibuat secara khusus oleh Facebook untuk mempromosikan halaman fans page yang telah kamu buat. Fans page sendiri merupakan halaman yang memungkinkan pengguna Facebook untuk menjadi pengikut dan juga memberikan ‘like’ pada halaman yang telah kamu buat tadi.

Fans page dapat digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang berguna sebagai profil maupun sarana untuk menginformasikan produknya kepada konsumen. Facebook ads memungkinkan kamu untuk membuat iklan dengan mudah merancang iklan kamu sendiri untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Misalnya, tetapkan target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, status perkawinan, wilayah geografis, tingkat pendidikan, hobi, dan sebagainya.

Tips Sukses Beriklan di Facebook

Cara Sukses Beriklan di Facebook (Facebook Ads) 2

Facebook ads memang sangat menjanjikan, karena kamu dapat mempromosikan produk kamu ke miliaran pengguna Facebook di seluruh dunia, dan secara otomatis akan meningkatkan traffic pengunjung fans page yang kamu buat, dan juga akan meningkatkan rasio penjualan produk bisnis kamu.

Artikel Terkait:  Temukan Solusi Transportasi Indonesia Terbaik Bersama SERA

Facebook sendiri juga sudah menyediakan berbagai opsi untuk menjaring target dari iklan yang kamu buat, dan juga menyediakan beberapa fitur lain yang dapat kamu gunakan untuk memasuki pasar target yang lebih spesifik.

Berikut ini beberapa tips sukses beriklan di Facebook, kamu harus memperhatikan tips berikut untuk membuat iklan terlihat menarik dan efektif. Sehingga dapat menarik minat pengguna Facebook untuk membeli produk yang kamu iklankan.

1. Tentukan Tujuan Iklan Facebook Kamu

Ini adalah langkah pertama dan dasar sebelum kamu mengiklankan produk bisnis kamu pada Facebook ads. Tentukan tujuan kamu membuat iklan tersebut. Apakah untuk meningkatkan penjualan produk, meningkatkan followers fans page, atau untuk mendapatkan sejumlah ‘Like” pada postingan fans page tersebut.

Ketiganya, mungkin-mungkin saja. Facebook ads sendiri, sudah menyediakan tiga kategori yang bisa mewakili tujuan kamu untuk beriklan di Facebook. Pertimbangan, Kesadaran dan juga Konversi. Yang masing-masing mempunyai bagian-bagian lagi yang lebih spesifik. Contohnya saja, jika kamu mempunyai tujuan untuk meningkatkan penjualan produk, kamu bisa memilih kategori konversi, kemudian klik pilihan penjualan katalog.

2. Tentukan Target Periklanan Kamu

Ini juga bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam beriklan di facebook, yaitu, tempatkan iklan kamu di lokasi target yang benar di Facebook. Facebook telah menyediakan fitur luar biasa yang dapat menargetkan iklan kepada orang yang tepat sesuai kebutuhan. Tetapi semuanya tergantung pada pengaturan yang dibuat.

Artikel Terkait:  8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Tempat Usaha, Wajib Dipraktekkan

Facebook menawarkan beberapa opsi target dari iklan berdasarkan kategori, termasuk lokasi geografis, usia, jenis kelamin, minat, tingkat pendidikan, status hubungan, tempat kerja, dan bahasa yang digunakan. Dengan adanya pengaturan target iklan yang du tuju, akan lebih menghemat biaya iklan dan membuat iklan tepat sasaran.

3. Jadikan Gambar Semenarik Mungkin

Persyaratan utama untuk beriklan di Facebook adalah iklan harus dalam bentuk gambar statis daripada gambar bergerak, karena Facebook belum mendukung gambar dengan format flash atau gif. Oleh sebab itu, buatlah gambar yang sangat menarik untuk iklan yang akan kamu buat. Ukuran gambar tidak boleh melebihi 110 x 80 piksel.

Kamu masih dapat menggunakan ukuran lain, tetapi rasio aspek harus tetap 4:3 atau 16:9. Selain itu, ukuran gambar yang akan diunggah ke Facebook tidak boleh lebih dari 5 MB.

Jika ukuran gambar lebih kecil atau lebih besar dari 110 x 80 piksel, Facebook akan secara otomatis menyesuaikan ukuran gambar. Karena itu, kamu harus menyesuaikan sendiri ukuran gambar. Agar gambar yang sudah kamu buat tidak terpotong atau resolusinya menjadi lebih rendah.

4. Tetapkan Jadwal Iklan dan Anggaran

Kamu dapat mengatur kapan iklan kamu akan ditampilkan dan kapan iklan itu akan dihapus. Kamu juga dapat menjadwalkan iklan untuk ditampilkan hanya pada waktu tertentu. Namun, kamu tidak dapat menentukan tampilan iklan pada hari-hari tertentu.

Artikel Terkait:  7 Cara Efektif Jual Rumah, Dijamin Cepat Laku, Catat!

Untuk masalah anggaran, ada dua opsi, yaitu anggaran harian atau anggaran selama kamu mengiklankan. Selain itu, kamu dapat memilih metode pembayaran ke Facebook, bisa menggunakan metode CPM (Cost Per Thousand Impressions) maupun CPC (Cost Per Click).

5. Uji Iklan

Keuntungan dari Facebook ads adalah kamu dapat mencoba atau menguji sejumlah iklan, tetapi yang terbaik adalah menguji setidaknya 3 iklan. Jika ditanya apa saja yang harus kamu uji, jawabannya, semuanya.

Mulai dati judul, deskripsi yang kamu buat, target iklan, penjadwalan iklan, anggaran yang digunakan hingga membandingkan CPM dan juga CPC. Pengujian iklan tersebut akan membantu kamu untuk mengevaluasi cara pengiklanan mana yang paling efektif dan efisien.

Sebenarnya masih banyak lagi tips sukses beriklan di Facebook. Akan tetapi hal utama yang harus kamu perhatikan adalah kreatifitas dari iklan yang kamu buat dan juga waktu iklan kamu di unggah. Karena semenarik apapun iklan yang kamu buat, jika kamu mengunggah pada waktu yang salah, tidak akan ada yang melihat iklan yang kamu buat.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.