Systemever, Software Cloud ERP Indonesia Terbaik untuk Bisnis UKM

Software Cloud Erp Indonesia

Systemever, Software Cloud ERP Indonesia Terbaik untuk Bisnis UKM – Seneng banget bisa nulis lagi terkait masalah perkembangan bisnis dan usaha. Kalau sebelumnya aku pernah bahas pentingnya software akuntansi dan pembukuan bagi bisnis UKM, kini aku bakal bahas sesuatu yang lebih kompleks yang nggak kalah penting bahkan bisa memajukan bisnis UKM itu sendiri. Yap, Sistem ERP. Ada yang udah pernah denger istilah sistem ERP atau Enterprise Resource Planning? Samakah ERP ini dengan software akuntansi? Nah, simak sampai selesai karena aku juga akan bahas Software Cloud Erp Indonesia terbaik buat tambahan pengetahuan kamu bahkan untuk memajukan bisnis UKM yang lagi kamu kelola.

Sistem ERP

Software Cloud Erp Indonesia

Sebelum bahas lebih lanjut tentang Software Cloud ERP Indonesia yuk kita ulas dulu tentang apa itu ERP dan bagaimana awal kemunculannya.

Apa itu Sistem atau Software ERP

Sistem ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah software yang diciptakan untuk membantu pengelolaan kegiatan bisnis atau perusahaan dengan cara mengintegrasikan seluruh aktivitas di perusahaan atau bisnis tersebut.

Seperti yang kita tahu ya, dalam sebuah model bisnis atau perusahaan tentu akan ada banyak banget jenis aktivitas mulai dari pembelian, produksi, proses penjualan, pengiriman barang, sampai proses penagihan pada bagian finance dan pencatatan serta pembentukan laporan keuangan. Tentu seluruh aktivitas ini nggak bisa diatasi oleh satu departemen atau divisi aja. Lingkup usaha lebih kecilnya juga tetap nggak akan bisa dilakukan oleh satu individu atau satu SDM aja.

Nah kehadiran software ERP ini akan membantu mengintegrasikan semua aktivitas dan data transaksi tersebut dalam satu data base yang nantinya akan memudahkan perusahaan menjalankan bisnisnya. Dengan data yang tersimpan aman di data base ini, perusahaan akan bisa menggunakannya untuk pengelolaan bisnis secara real time dan akurat.

Awal Mula Kemunculan dan Transformasi Software ERP

ERP adalah bentuk transformasi dan pengembangan dari sistem ERP yang muncul tahun 1960 yang konsepnya hanya digunakan untuk kontrol sektor manufaktur dan manajemen inventaris. Sistem ini lalu berubah menjadi sistem MRP (Material Requirements Planning) pada tahun 1970an untuk penjadwalan proses produksi).

Pada tahun 1980 MRP ini dikembangkan agar bisa mencakup lebih banyak proses manufaktur. Sampai tahun 1990 sistem ini berubah dan terus diperbaharui hingga menjadi ERP yang menawarkan fungsi lengkap di luar manajemen inventaris dan sejumlah proses operasional lainnya.

Tak cukup sampai disitu, tahun 2000 akhirnya sistem ERP ini disempurnakan menjadi Software Cloud ERP atau ERP berbasis cloud yang penggunaannya jauh lebih fleksibel karena bisa diakses darimana pun dan kapan pun asal terhubung dengan internet. Tentu ini jadi point penting dan membuat software cloud ERP banyak diminati para pebisnis.

Perbedaan Software ERP dengan Software Akuntansi

Software ERP dan software akuntansi emang sama pentingnya untuk sebuah jalannya bisnis atau usaha mulai dari usaha kecil menengah atau UKM sampai perusahaan manufaktur. Mungkin masih ada diantara kamu yang mengira bahwa kedua software ini mempunyai fungsi yang sama. Nah ini yang perlu kita pahami.

  • Software Akuntansi

Meski sama-sama men-support sebuah bisnis, tapi 2 hal ini adalah berbeda. Software akuntansi sendiri adalah aplikasi yang digunakan oleh usernya yaitu seorang akuntan untuk menjalankan proses akuntansi di perusahaan hingga terbentuknya laporan keuangan. Dari laporan ini pihak managemen bisa mendapatkan laporan laba rugi, neraca, arus kas, serta posisi modal. Laporan inilah yang digunakan oleh managemen untuk pengambilan keputusan terkait guna kemajuan bisnisnya.

  • Software ERP
Artikel Terkait:  7 Kelebihan Menggunakan Jasa Sedot WC Ngawi

Berbeda dengan software akuntansi yang hasil akhirnya adalah laporan keuangan, software sistem ERP adalah aplikasi yang digunakan oleh user yang tak harus seorang akuntan alias usernya adalah mereka-mereka SDM atau Sumber daya Manusia yang langsung menjalankan proses operasional di bagian/divisi/departement masing-masing.

SDM-SDM dari berbagai divisi atau bagian inilah yang nantinya akan memasukan data transaksi sesuai jobdesknya dimana data transaksi ini akan bisa digunakan oleh bagian atau divisi lain yang terkait karena berada dalam satu data base yang aman.

Misalkan aja saat terjadi pembelian barang dagang, saat surat jalan atau invoice dari suplier di input oleh bagian gudang penerimaan atau inventaris dan stok barang bertambah, maka akan ada jurnal pembelian yang otomatis terbentuk dan bisa dilihat oleh bagian accounting. Kemudian saat ada pembayaran atas tagihan dari pembelian ini, maka finance akan memasukan data tersebut dan jurnal pelunasan pun terbentuk otomatis. Jurnal ini pun lagi-lagi bisa dilihat dan digunakan oleh divisi terkait yaitu staff accounting.

Software Cloud ERP Indonesia dan Perannya Bagi Bisnis UKM

Software Cloud Erp Indonesia

Gimana? Sampai sini udah cukuppaham kan apa itu sistem ERP dan bagaimana cara kerjanya? Nah, sekarang kita bahas yuk apa peran dan pentingnya software ERP ini bagi bisnis UKM.

Loh kok bisnis UKM? Bukannya ERP cuman digunakan untuk usaha atau bisnis berskala besaraja ya?

Eits, itu dulu. Dulunya memang software ERP hanya identik dan efektif untuk menangani dan mengelola bisnis berskala besar seperti perusahaan manufaktur karena aktivitasnya yang banyak dan komplek. Tapi kini ERP pun populer di kalangan pebisnis UKM. Nyatanya bisnis UKM yang ingin meningkatkan omzetnya bukan hanya harus memikirkan produk dan media pemasaran online yang efektif, tapi juga harus memperthatikan managemennya.

Pasalnya seperti yang udah aku jelasin di atas, Enterprise Resource Planning atau ERP membantu planning dalam sebuah usaha, dia akan merampingkan aliran data diantara banyak department. Tentu hal ini akan membuat usaha tersebut berjalan lebih efektif dan efisien sehingga profitpun lebih mudah didapat. Apalagi untuk para pebisnis UKM yang benar-benar ingin memperbesar atau memperluas usahanya.

Manfaat Software Cloud ERP untuk Perusahaan

Softwre ERP dikembangkan tentu karena terbukti bisa memberikan banyak manfaat dan keutungan untuk para pelaku bisnis termasuk bisnis UKM. Nah berikut adalah beberapa manfaat dari software ERP jika digunakan di perusahaan.

1. Menghubungkan Interaksi dan Meningkatkan Kolaborasi

Seperti yang kita tahu, dalam sebuah bisnis tentu tidak mungkin hanya dikerjakan oleh satu orang dengan satu jobdesc aja kan. Terlebih jika usaha tersebut makin besar. Tentu makin banyak memerluka SDM yang terbagi-bagi dalam banyak divisi. Nah software ERP bisa mempermudah interaksi antar divisi ini agar bisa bersinergi dan berkolaborasi menuju tujuan perusahaan itu sendiri. Dengan ERP data dari divisi satu bisa diakses dan digunakan oleh divisi lain secara realtime saat dibutuhkan.

2. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Software ERP akan menyederhakan banyak aktivitas operasional di perusahaan. Yang biasanya memerlukan banyak waktu dan sumber daya manusia untuk satu aktivitas, kini bisa dioptimalkan. Pengendalian atau pengawasan aktivitas-aktivitas perusahaan juga akan semakin mudah karena semua dataa realtime dari banyak divisi bisa diakses dengan mudah.

3. Menghemat Biaya Operasional

Melanjutkan point di atas sebelumnya, jika perusahaan bisa mengefesiensikan waktu dan sumber daya manusianya karena banyak pekerjaan bisa diselesaikan sekaligus tentu jatuhnya biaya operasional yang muncul pun berkurang.

4. Mengamankan Data

Sistem ERP akan menyimpan data transaksi perusahaan dalan satu data base yang terpusat sehingga keamanannya bisa lebih terjamin karean mudah diawasi. Dengan ERP pula bisa dimanfaatkan fitur otorisasi dimana user atau admin yang bisa mengakses sebuah data hanyalah mereka yang sudah ditunjuk atau dibuka aksesnya.

5. Membuat Rencana Bisnis

Dengan sistem ERP, pihak managemen bisa mengambil dan membaca data atau laporan yang diinginkan secara realtime. Misal saat itu pemimpin ingin melihat data produksi dan biaya produksi dalam satu hari atau satu bulan, maka user akan bisa menyajikan secara cepat dan akurat laporan tersebut selama entry-an data harian mereka sudah berjalan dengan benar. Tentu laporan inilah yang akan menajdi pertimbangan rencana bisnis dan pengambilan keputusan oleh pimpinan atau managemen untuk kesuksesan bisnisnya.

Artikel Terkait:  Berani Memulai Usaha dari Nol? Kamu Harus Tau Dulu 5 Tips Ini

Kenapa Bisnis UKM Perlu Menggunakan Sistem ERP

Beberapa kali aku udah tuliskan tentang bisnis UKM di blog ini. Dan kalian tahu nggak, apa permasalahan terbesar dalam bisnis UKM?

Modal yang terbatas? Bisa jadi. Tapi apa ini permasalahan terbesarnya? Nyatanya buka. Kalau kita lihat bisnis UKM secara real disekitar kita bakal terlihat kok kalau ada masalah lain yang lebih serius. Yap, masalah pengelolaan managemen.

Banyak pelaku bisnis UKM yang cuek akan managemen usahanya. Banyak pula pelaku UKM yang berpikiran kuno dan hanya berpatokan pada angka penjualan yang besar, tapi pencatatan dan pengelolaan transaksinya sangat kurang. Padahal real profit sebuah usaha itu bisa dilihat jika laporannya rapi loh.

Nah, karena alasan mempermudah pengolaan bisnis dan managemen inilah tentu sebuah bisnis UKM perlu yang namanya sebuah sistem untuk mempermudah operasional UKM seperti pendataan stok, pembelian, penjualan, cek tagihan dan laporan.

Systemever, Software Cloud ERP Indonesia Terbaik untuk Majukan Bisnis UKM

Software Cloud Erp Indonesia-systemever

Memilih software ERP tentu tak boleh sembarangan karena ini berkaitan dengan sistem untuk supporting perkembangan bisnis itu sendiri. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan sistem ERP mulai dari kebutuhan bisnis, kemudahan integrasi, proses implementasi sampai pemilihan vendor yang tepat.

Nah, SYSTEMEVER hadir untuk menjawab dan membantu permasalahan para pelaku bisnis UKM dalam perencanaan dan pengelolaan managemennya.

Apa itu Software ERP Systemever

Systemever adalah sebuah sistem ERP yang mempunyai banyak fungsi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan mulai dari managemen persediaan, keuangan, manufaktur, logistik, produksi dan sebagainya.

Systemever merupakan software ERP terbaik di Indonesia yang mempunyai kemampuan handal dan membuat aktivitas bisnis terasa lebih sederhana. Tak hanya bisa meng-handle aktivitas di perusahaan manufaktur atau perushaaan berskala besar lainnya. Tapi software cloud ERP dari systemever juga bisa digunakan oleh para pelaku bisnis UKM yang ingin lebih mensukseskan usahanya.

Alasan UKM Harus Memilih SystemEver sebagai Software Cloud ERP

Bukan sembarang pilih vendor ERP, berikut adalah alasan kenapa bisnsi UKM harus memilih systemever sebagai software sistem Cloud ERP untuk membanti aktivitas bisnisnya.

1. Trusted dan Berpengalaman

SystemEver® telah diaplikasikan oleh 1600 pelanggannya di Korea, Jepang, Cina, Vietnam dan tentu Indonesia. SystemEver® sendiri dikembangkan oleh perusahaan ERP terkemuka yang tentu sudah diakui kredibilitasnya yaitu YoungLimWon (永林院) SoftLab Co., Ltd.

Banyaknya pelanggan atau perusahaan yang telah menggunakan software ERP dari SystemEver® tentu menandakan produk ini layak dan terpercaya serta berpengalaman menangani banyak bentuk usaha dari skala kecil seperti UKM sampai usaha berskala besar seperti manufaktur.

2. Mudah Digunakan

SystemEver® mempunyai fitur Visual-K yang bisa membuat user atau pengguna lebih mudah dalam mengoperasikan aplikasi ERP terbaik ini. Interface nya lebih sederhana dan menarik sehingga menimbulkan kesan nyaman dan tentu berdampak ke produktivitas user itu sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya.

3. Harga Terjangkau, Cocok untuk Pelaku Bisnis Kecil Menengah

Meski terbilang lengkap dan bisa meng-handle banyak aktivitas bisnis, tapi SystemEver® bisa dibilang Software ERP murah karena tetap menawarkan harga yang terjangkau. Karena itu, para pelaku bisnis UKM tak pelru merasa khawatir akan melakukan pemborosan biaya jika menggunakan sistem ERP terbaik ini. Terlebih, menggunakan layanan sistem ERP ini kan bisa dibilang salah satu bentuk investasi teknologi. Tentu tujuannya agar bisnis itu sendiri bisa jauh lebih berkembang.

4. Dapat Diakses dalam Banyak Bahasa

Meski produk dari lua negeri yaitu Korea tapi jangan khawatir, akses SystemEver® akan tetap mudah karena bisa diakses dalam banyak bahasa sekaligus seperti bahasa Korea, Jepang, Mandarin, Vietnam Inggris, dan tentu Indonesia. Tinggal setting dalam pengaturan hendak memilih bahasa pengantar apa dalam tampilannya.

5. Memiliki Produk-Produk Terbaik Berdasarkan Versi dan Fitur

SystemEver® merupakan sebuah sistem manajemen yang fungsinya pengelolaan sumber daya perusahaan. Didalamnya lengkap dengan pilihan paket aplikasi atau modul serta fitur berdasarkan fungsi dan versi yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahan penggunanya. Tentu berbagai model atau produk ini diciptakan dengan tujuan untuk membantu aktivitas perusahaan agar makin mudah, efektif dan tentunya demi kelangsungan bisnis.

Produk-Produk Terbaik dari Systemever selaku Software Cloud ERP Terbaik

Sampailah kita pada pembahasan produk Systemever. Systemever sendiri membedakan produknya menjadi dua yaitu berdasarkan fitur dan versi. Ini dia penjelasannya:

  • Produk Software Systemever Berdasarkan Versi

SystemEver® sendiri memiliki product version khusus bernama iSeries. Berdasarkan Ada beberapa model dari software ini yang dibagi berdasarkan versinya. Pelanggan hanya tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Terkait:  Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang Dari Luar Negeri

1. i1 series (Manajemen Akuntansi)

Dengan produk i1 series dari systemever, perusahaan khususnya divisi accounting bisa mengelola berbagai aktivitas seputar pembukuan mulai dari pembuatan invoice, piutang, biaya, memantau pelunasan sampai pembuatan laporan keuangan.

2. i2 (HR/Manajemen Penggajian)

Semakin besar sebuah usaha atau bisnis juga bisa dilihat dari banyaknya karyawan yang dimiliki serta tanpa mengabaikan keefektifan kinerjanya. Semakin banyak karyawan tentu akan sangat merepotkan saat tanggal-tanggal penggajian. Apalagi jika proses penghitungan gaji, uang lembur, uang absensi dan lain sebagainya masih dilakukan secara manual. Nah dengan model Systemever model i2 ini perusahaan akan semakin mudah melakukan perhitungan dan laporannya bisa langsung terkoneksi dengan bagian keuangan.

3. i3 (Manajemen Persediaan)

Sistem ini cocok untuk bisnis retail maupun perusahaan dagang yang aktivitasnya mayoritas di penjualan produk. Dengan sistem i3 ini perusahaan bisa mengintegrasikan bagian pembelian, penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Penambahan dan pengurangan stok barang bisa dipantau dengan lebih tepat dan secara realtime. Sistem ini juga memungkinkan pengendalian stok barang dengan lebih aman.

4. i5 (Manajemen Penjualan)

Sistem ERP i5 pada software ERP Systemever juga bisa mengintegrasikan data dari divisi pembelian dan penjualan bahkan sampe proses pengiriman barang ke customer. Laporan atau status realtime dari masing-masing divisi ini juga bisa didapatkan dan dimonitor secara lebih akurat.

Bagi bisnis UKM tentu sistem ini akan sangat membantu mengingat aktivitas usahanya yaitu penjualan produk. Dengan sistem ini bisnis UKM bisa membuat dan mencetak faktur dagang atau invoice dimana mereka bisa mengatur kode barang, master harga dan customer bahkan diskon penjualan dalam satu software. Data yang dimasukan dalam entry-an faktur ini juga akan langsung memotong stok barang dagang. Praktis bukan?

5. i7 (Manajemen Pabrik)

Untuk yang punya usaha berskala besar seperti pabrik atau manufaktur, maka memilih Syestemever sangatlah tepat mengingat ini adalah Software Cloud ERP Indonesia terbaik saat ini. Seperti yang kita tahu, aktivitas di manufactur sangat amat komplek, aku sendiri bekerja disalah satu perusahaan manufaktur di surabaya. So, aku paham banget seberapa banyak dan ruwetnya aktivitas disana.

Mulai dari managemen pegawai yang jumlahnya ratusan, besarnya penjualan tiap hari, kapasitas produksi dan biaya produksi yang harus diperhitungkan secara tepat agar menemukan harga pokok penjualan yang benar, aktivitas pengiriman barang, pembelian bahan baku dan pembantu, mengatur stock barang sampai masalah keuangan dan pembuatan laporan keuangan.

Aktivitas sekompleks ini tak akan ditemukan di jenis usaha lain. Nah, systemever bisa nih menghandle dan me-manage dan mengintegrasikan semuanya dalam satu database yang pasti aman. Keren ya?

Produk Software Systemever Berdasarkan Fitur

Sekarang kita bahas produk SystemEver® berdasarkan fiturnya yuk. Secara fitur SystemEver® terbagi atas 2 jenis yaitu: Consultan-K dan Visual-K.

1. Consultan-K™

Consultan-K dari Systemever dibuat untuk membantu mempermudah implementasi atau penggunaan sistem ERP pada perusahaan. Dengan Consultan-K ini pula perusahaan bisa lebih meminimalisir kesalahan karean penggunaan ERP. Biasanya kan kalau ada permasalahan terkait sistem di komputer, perusahaan akan mengandalkan tenaga atau tim IT untuk mengatasinya. Nah, beda dengan Systemever, tidak perlu it staff khusus untuk mengoperasikan systemever karena semua user di divisi-divisi bisa dengan mudah menggunakannya.

2. Visual-K™

Bye bye pull down, dengan Systemever proses kerja akan terpetakan dengan visual yang lebih sederhana. Bahkan dengan satu kali klik aja pengguna bisa bekerja menuju menu yang sesuai dengan jobdesk nya.

 

Software Systemever adalah Software ERP Terbaik di Asia Tenggara yang telah teruji pengalaman dan kredibilitasnya dan telah digunakan oleh ribuan customer yaitu perusahaan baik skala kecil sampai berskala besar. Fitur maupun produk yang dimiliki bisa memudahkan berbagai macam aktivitas perusahaan dan tentunya membuatnya lebih efektif dan efisien.

Mau tahu lebih lengkap tentang Systemever atau ingin join sebagai partner dan berminat mengaplikasikan Software Cloud ERP Indonesia terbaik ini? langsung aja kunjungi websitenya di https://systemever.co.id/ dan temukan penawaran khusus untuk memajukan bisnis yang lagi kamu jalani. Semoga sukses!!

9 Shares:
19 comments
  1. Benar benar mantap nih software.. membantu pengelolaan kegiatan bisnis atau perusahaan dengan cara mengintegrasikan seluruh aktivitas di perusahaan maupun bisnis.

  2. Emang kalo idah terjun ke bisnis harus mulai perhatiin database system ya. Biar makin rapi, terencana, dan terukur. Keren ini ada SERP jadi makin enak pelaku bisnis planning soal kemajuan bisnisnya. Dengan berbekal database rapih gitu👍

  3. Selama buka tutup dan buka lagi usaha sampai sekarang belum pernah pakai macam SERP gini. Ah pantas ngga maju-maju yaahh 😁😁
    Mesti belajar terus soal ini.

  4. Lengkap banget ulasannya. Bisnis di era sekarang memang harus banyak berinovasi. Menggunakan sistem dan software yg friendly termasuk salah satunya

  5. Baru dengar juga tentang software ERP ini. Dan ternyata penting banget buat bisnis UKM. Makasih infonya kak, masih harus belajar lagi nih 🙂

  6. Ternyata ERP itu produk lawas dengan kemasan baru. Kemasan yang sangat cocok untuk zaman sekarang. Ulasan Mbak Rini sangat menarik

  7. Wah menarik sekali Software Cloud ERP ini. Kebetulan pas banget sama pelajaran saya akuntansi. Jadi tambah ilmu dan informasi. Ternyata mudah ya mbak menggunakannya

  8. Saya selalu terterik dengan sistim informasi macam begini, dan memang menggunakan software akan lebih mudah dalam mengatur banyak hal. Kadang-kadang geregetan kenapa suatu kantor masih pakai cara tradisional, sehingga jadi lambat dan sangat tergantung dengan SDM.

  9. Bentar lagi aq juga mau buka usaha cafe, menunggu corona berlalu. Aq baru denger aplikasi ini. Ternyata banyak yang belum q pelajari hahaha perlu belajar pengelolaan managemen nih..

  10. menarik sekali, tentu dengan adanya aplikasi ini, bisnis menjadi lebih efisien. baik bisnis besar maupun yang masih merintis, patut mencoba aplikasi ini.

  11. Ternyata salah satu penunjang bisnis berjalan menggunakan sistem ERP ini ya agar bisa saling terintegrasi satu sama lain.

  12. Ternyata sistem ERP sudah lama sekali ya sejak 1960 an dan terus berkembang hingga saat ini kak Rini. Lagi-lagi UMKM terbantu dengan software ERP yang selalu ada perbaikan dan perkembangan baru untuk mendukung kebutuhan pelaku usaha.

  13. Aplikasi yang bagus ini untuk pelaku UKM dalam meningkatkan usahanya. Jaman sudah semakin maju kita juga harus bisa berinovasi agar tidak kalah oleh para pesaing kita.

  14. Bener nih, mbak. Kalau Softwre ERP saat ini kemudian makin dikembangkan pasti karena memang memberikan banyak manfaat dan keutungan untuk para pelaku bisnis termasuk bisnis UKM. Kalau UKM tertata rapi secara managemen, termasuk managemen keuangannya, pasti makin melesat pula performanya. ujungnya keuntungan juga bisa melambung

  15. Makin maju aja ya artificial intelligent zaman now, Enterprise Resource Planning (ERP) ini bs mengintegrasikan seluruh aktivitas bisnis dalam satu perusahaan, mantul deh

  16. Ini karya startup lagi kah mba? Saya salut sama anak-anak muda di Indonesia sekarang. Banyak banget solusi finansial yang sangat kontrobutif untuk kemajuan usaha. Dulu kok kayaknya ribet banget buat ngomongin masalah software-software sejenis ERP ini. Hihihi. Kayaknya cuma pelaku usaha luar negeri saja yg pake. Sekarang alhamdulillah pelaku-pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM juga bisa upgrade teknologi finansialnya.

  17. Aku setuju mbak rini, di lapangan memang UKM lebih banyak yang harus dibenahi sistem manajemennya dibanding kekurangan modal. Jangankan sistem pengaturan manajemen, laporan keuangan aja masih nyampur sm dapur pribadi. Mereka beranggapan selama untung bisa muter ya jalan bisnisnya. Aplikasi ini memang bisa bermanfaat ya bagi yang membutuhkan, aku jdi br tau bedanya sm software akuntan ya

  18. Jadi ERP dengan systemever cocok untuk orang2 yang menekuni bidang usaha ya kak . . Dan ERP ini udah lama dikembangkan ya… tahun 1960 awalnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.