Keuntungan Mendaftarkan Trademark Indonesia

trademark

Keuntungan trademark indonesia sendiri cukup beragam, yang pasti keuntungan-keuntungan ini akan memberi efek yang positif ke dalam perkembangan bisnis maupun produk yang sedang dijual oleh perusahaan tertentu.

Namun, keuntungan-keuntungan ini hanya bisa didapatkan oleh perusahaan yang sudah mendaftarkan trademark miliknya ke Hak Kekayaan Intelektual atau HKI. Dengan mendaftarkan trademark milik perusahaan ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI), hal ini dapat menjadikan trademark tidak boleh diduplikasi dan dipalsukan oleh pihak lain.

Selain itu, perusahaan juga harus memperbarui jangka waktu trademark yang terdaftar pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara rutin, karena Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sendiri menerapkan sistem pendaftaran trademark yang dibatasi dengan jangka waktu sesuai dengan ketentuan hukum. Jadi, ketika jangka waktu tersebut sudah berakhir, maka Anda perlu mendaftarkan kembali trademark dari produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan Anda.

Keuntungan Trademark Indonesia Bagi Sebuah Perusahaan

Keuntungan Mendaftarkan Trademark Indonesia

Selain dapat membuat trademark tidak bisa diduplikasi maupun dipalsukan oleh pihak lain, aktivitas pendaftaran trademark ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI) juga akan memiliki keuntungan-keuntungan lainnya.

Ada beberapa keuntungan yang dijamin dapat memberikan efek positif ke dalam perusahaan yang bersangkutan, dan keuntungan-keuntungan ini bisa langsung Anda peroleh ketika Anda berhasil mendaftarkan trademark perusahaan ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Apa sajakah keuntungan tersebut?

1. Media promosi

Salah satu keuntungan utama ketika Anda mendaftarkan trademark ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah trademark ini bisa Anda manfaatkan untuk media promosi dari produk atau jasa yang sedang Anda jual, kepada khalayak publik. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menjelaskan tentang produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan kepada masing-masing individu. Hanya dengan menyebarkan trademark atau logo yang sudah Anda buat tersebut, kemungkinan besar publik sudah bisa mengenali apa produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

2. Jangkauan penjualan tidak terbatas

Selain bisa dimanfaatkan untuk media promosi, trademark juga mampu memperluas jangkauan penjualan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Sebab, dengan adanya trademark yang resmi seperti ini, hal ini dapat membantu produk maupun jasa yang Anda tawarkan lebih dikenal oleh banyak orang. Bahkan, ada peluang yang cukup besar bahwa calon konsumen tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, akan tetapi bisa juga berasal dari luar negeri. Tentu ini dapat membawa efek positif ke perkembangan bisnis Anda.

3. Kualitas produk terjaga dengan baik

Seperti yang sudah kami sebutkan secara singkat di beberapa paragraf sebelumnya, dengan mendaftarkan trademark ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI), hal ini dapat membuat produk, jasa, maupun trademark itu sendiri tidak boleh diduplikasikan atau pun dipalsukan oleh pihak lain. Jadi, ciri khas dan daya tarik dari produk Anda dapat dikenal oleh publik dengan sedemikian rupa, Hal ini, akhirnya juga dapat membuat kualitas produk maupun perusahaan akan selalu terjaga dengan baik.

4. Meningkatkan penjualan

Keuntungan terakhir yang bisa didapatkan oleh perusahaan pendaftar trademark di Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah, trademark dapat dijadikan untuk media peningkatan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Sebab, dengan adanya trademark yang terdaftar secara resmi ini, dapat membuat kepercayaan konsumen terjaga dengan baik, serta mampu meningkatkan loyalitas konsumen dengan lebih baik lagi. Maka dari itu, tidak mengherankan jika ada banyak pelaku usaha yang sangat memperhatikan trademark ketika hendak membangun sebuah bisnis tertentu.

Akhir kata

Dengan melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa trademark memiliki keuntungan-keuntungan sendiri di dalamnya, yang tentunya mampu membawa efek positif ke dalam perusahaan yang bersangkutan. Dalam hal ini, bisa disimpulkan juga bahwa penting bagi sebuah perusahaan untuk mempertimbangkan pendaftaran trademark Indonesia, karena keuntungan-keuntungan yang ada di dalamnya mampu meningkatkan perkembangan bisnis dari perusahaan itu sendiri. CELOTEHDINIHARI.COM

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.