Kebun Raya Bogor, Salah Satu Tempat Wisata Alam Tertua di Dunia

Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor Tempat Wisata Alam Tertua di Dunia. Kebun Botani ini dibangun Pemerintah Hindia Belanda disertai tempat peristirahatan. Pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1881 memberi nama “Buitenzorg” yang artinya tempat penuh kedamaian. Karena pelafalan warga sekitar maka ejaan “Buitenzorg” menjadi “Bogor”. Usia Kebun Raya Bogor saat ini 203 tahun, atau 2 abad lebih.

Kebun Raya Bogor. Berjarak 59 km dari Jakarta dengan topografi dekat gunung Gede, membuat udara cenderung beriklim sejuk. Jarak tempuh dan harga tanda masuk terjangkau serta keasrian alamnya menjadikan tempat ini pilihan bagi yang ingin ber-wisata alam bersama teman dan keluarga.

Kebun Raya Bogor

Menuju Kebun Raya Bogor paling praktis menggunakan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik dari Jakarta. Waktu tempuh perjalanan Jakarta – Bogor menggunakan KRL kurang lebih 2 jam perjalanan. Sesampai di stasiun kereta Bogor, kita dapat berjalan kaki atau naik angkutan umum menuju kebun raya yang hanya berjarak tidak kurang dari 1 km.

Tempat peristirahatan yang dibangun dalam Kebun Raya Bogor, menjadi Istana Kepresidenan Bogor. Presiden Jokowi bertempat tinggal di salah satu paviliun Istana. Kawasan Istana dipisahkan oleh danau yang dapat terlihat jelas dari dalam Kebun Raya Bogor.

Artikel Terkait:  PANTAI GOA CHINA - Malang

Cagar Alam Terbesar

Pohon Langka-kebun raya bogor

Harga tanda masuk ditetapkan sebesar Rp.15.000 per orang. Tempat ini mempunyai luas 87 hektare dengan koleksi hampir seribu tanaman langka berusia lebih dari satu abad.  Ditetapkan sebagai kebun botani sekaligus cagar alam tempat tanaman konservasi terbesar di Indonesia. Sehingga keberadaan tanaman langka di sini terawat dengan baik.

Setelah membayar tiket masuk kita dapat berkeliling berjalan kaki menjelajah cagar alam tertua ke 3 di dunia . Jika tidak ingin lelah maka ada kendaraan pemandu berbayar  yang dapat dinaiki pengunjung untuk berkeliling.

Berikut Spot Menarik dari Kebun Raya Bogor

1. Griya Anggrek

Ini adalah tempat berbagai jenis anggrek koleksi dari seluruh nusantara yang dikembangbiakkan. Warna-warni bunga anggrek yang sedang mekar memukau banyak pengunjung dan menjadi spot foto instagrambale. Disediakan bibit dan tangkai bunga anggrek yang dapat dibeli untuk dibawa pulang pengunjung.

2. Kafe Kebun

Tempat ini pernah disinggahi mantan Persiden USA Barack Obama ketika berkunjung ke Indonesia tahun 2017. Cafe alam dengan pemandangan taman luas nan asri menjadi tempat swafoto menarik bagi pengunjung. Aneka menu kuliner khas tempat ini dapat dipesan seraya menikmati kesejukan udara khas pegunungan.

Aneka kuliner yang dapat dipilih pengunjung seperti; sop buntut, nasi goreng kampung, poffertjes, gurame saus kecombrang dan tahu isi. Selain makanan Indonesia tersedia juga Western food, Mexican food dan Continental food. Kafe ini terletak di tengah – tengah kebun raya, jadi sehabis berkeliling jangan lupa  berkuliner di sini.

3. Ecodome

Tempat ini berbentuk rumah kubah sebagai sarana edukasi tentang sistem ekologi tanaman yang berkelanjutan. Didalam tempat ini terdapat alat teknologi yang membantu kehidupan manusia sekaligus menjaga alam. Seperti mesin pengolah sampah organik, aneka cara bertanam tumbuhan dan cara miniatur cara pengairan tanaman.

Artikel Terkait:  Ke Bromo Naik Motor Aman Kok Asal Perhatiin Hal-Hal Berikut Ini

4. Taman Kaktus

Merupakan kumpulan spesies tumbuhan iklim kering yang eksotis berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan termasuk Meksiko. Mempunyai koleksi lebih dari 100 spesies dengan bentuk yang mampu mereduksi ukuran daun, duri dan batang menjadi tempat fotosintesis.

5. Prasasti Pemakaman Belanda

Dalam Kebun Raya Bogor ternyata ada pemakaman kuno orang Belanda jaman dahulu. Saat ini yang tersisa hanya prasasti saja tanpa ada jasad didalamnya. Karena jasad-jasad tersebut sudah dipindahkan ke tempat lain. Terdapat sebuah monumen cinta dari Thomas Stamford Raffles (penemu bunga Rafflesia Arnoldi) untuk mendiang istrinya bernama Olivia Mariamne yang meninggal karena sakit.

6. Kolam Bunga Teratai

Tempat ini ada di seberang Istana Kepresidenan Bogor. Dari sini, pengunjung dapat mengambil swafoto dengan latar belakang Istana Kepresidenan. Karena termasuk kawasan ring satu maka pengunjung hanya bisa melihat bangunan istana hanya dari seberang danau teratai saja.

7. Jembatan Merah

Jembatan Merah-Uncal-Bangunan Stasiun Lama-Titik Nol Kilometer-Kebun Raya Bogor.

Jembatan ini menjadi spot foto favorit bagi setiap pengunjung. Terbentang sepanjang 20 km dahulu dikenal sebagai jembatan gantung hulu. Jembatan ini ada diatas sungai Citarum yang megalir deras dibawahnya.

Jembatan merah lekat dengan mitos yang sudah dipercaya secara turun temurun. Konon jika sedang memadu kasih dan melintasi jembatan merah ini maka sepulang dari tempat ini hubungan yang sedang terjalin akan berakhir.

Artikel Terkait:  Kampung Coklat Blitar - Destinasi Wisata Pilihan Keluarga

Icon Kota Sepanjang Kebun Raya Bogor

Selain Kebun Raya Bogor, ada icon kota yang dapat pengunjung lihat disepanjang jalan menuju Kebun Raya Bogor.

1. Tugu Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer-Kebun Raya Bogor.

Menginformasikan arah ke Jakarta berjarak 59 kilometer dan arah ke Jtn berjarak 47 kilometer. Untuk insial Jtn sampai saat belum ada keterangan pasti dan masih jadi perdebatan. Karena jika merujuk ke Jatinegara seperti perkiraan banyak orang,  maka jika diukur dengan arah mata angin tidak menuju ke sana. Tugu ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Terletak di  di pinggir Jalan IR H Juanda berhadapan dengan Kebun Raya.

2. Bangunan Lama Stasiun Kereta Api Bogor

Bangunan Stasiun Lama-Titik Nol Kilometer-Kebun Raya Bogor.

Bangunan bersejarah ini adalah stasiun Bogor Lama dengan ciri art deco. Terletak persis dibelakang stasiun kereta  Bogor Baru. Untuk menuju kesini, dari jalan raya harus melewati deretan pedagang kaki lima. Saat ini bangunan lama difungsikan menjadi kantor kepala stasiun.

3. Uncal

Uncal-Bangunan Stasiun Lama-Titik Nol Kilometer-Kebun Raya Bogor.

Tepat disamping tugu nol kilometer, terparkir kendaraan wisata berbentuk kereta bernama Uncal yang artinya Rusa. Wisatawan dapat berkeliling kota menggunakan Uncal secara gratis. Penumpang akan dibawa berkeliling oleh pemandu wisata melihat spot menarik seperti Taman Heulang, Sempur, Taman Kencana serta mengelilingi jalan raya lingkar luar Kebun Raya Bogor.

Demikian pengalaman traveling alam bayufitri.com ketika mengunjungi kebun raya  tertua di dunia. Bagaimana dengan teman semua apakah pernah berwisata ke kebun raya daerah setempat ? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

Author : Bayu Fitri

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.