6 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Ini Cocok Banget Kalian Coba

Kamu tau nggak sih kalau saat ini bahkan kamu bisa menghasilkan uang dari Instagram? iya, kamu nggak lagi salah denger kok. Bener kalau dari salah satu sosial media yang cukup hits dikalangan milenial ini bisa memberikan kita penghasilan. Nggak percaya?

Seperti yang kita tahu ya, instagram adalah salah satu sosial media ter-aktif saat ini. Terlebih fitur-fitur barunya yang makin menghibur dan memanjakan orang Indonesia. Hampir semua orang dari segala usia punya minimal satu akun instagram baik yang digunakan untuk share foto, berbagi info, cari informasi terupdate dan lain sebagainya.

Banyak diakses orang orang inilah yang menjadikan instagram jadi media yang tepat untuk menjadikannya sebagai media untuk mendapatkan uang. Tapi gimana sih caranya biar instagram bisa menghasilkan uang?

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan uang dari akun Instagram.

1. Membuat toko online

Cara menghasilkan uang dari instagram yang pertama yaitu dengan membuat toko online. Untuk menjalankannya, kamu hanya perlu mempunyai produk atau jasa yang nantinya bakal kamu pasarkan di akunmu.

Beberapa produk yang bisa kamu jual antara lain seperti sepatu, baju, kuliner, produk digital, dan sebagainya. Sementara untuk produk jasa, beberapa diantaranya seperti jasa make up artist, party planner, desain grafis, atau pun event organizer.

Apabila belum memiliki produk sendiri, kamu juga bisa loh menawarkan produk orang lain dengan menjadi reseller atau dropshipper. Agar lebih laris, cobalah menggunakan fitur Instagram Ads untuk media promosi online. Selain itu, cara ini juga bisa memperkenalkan produkmu pada calon customer loh.

Artikel Terkait:  5 Materi Kursus Digital Marketing yang Wajib Dipelajari

Jangan lupa juga untuk selalu konsisten dalam mengupload foto produk atau jasa yang kamu tawarkan. Pilihlah foto foto yang keren dan menarik, serta tampak instagramable demi menarik perhatian pengunjung.

Kamu pun juga dapat menambahkan tagar atau hastag terpopuler dalam tampilan caption. Meski begitu ada satu hal yang perlu kamu ingat, yakni jangan mencampur akun jualanmu dengan akun pribadi. Tujuannya adalah supaya pelanggan tidak bingung dalam mencari produk yang sesuai, serta akunmu terkesan lebih profesional.

2. Dengan menjadi buzzer

Menjadi buzzer juga menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari instagram loh. Bahkan menurut beberapa ahli, dengan menjadi buzzer kamu bisa mendapatkan pemasukan sekitar 40$ perharinya.

Nominal tersebut tentunya bakal bikin dompetmu makin tebel deh. Supaya kamu dapat banyak perhatian dari pengiklan atau advertiser, sebaiknya tingkatkan followermu minimal 100k. Semakin banyak jumlah followers kamu, tentu kesempatanmu dilirik advertiser juga makin tinggi. Bahkan, ada juga loh beberapa pengiklan yang mematok jumlah followers minimal 500k. Nah, fungsi buzzer di sini adalah sebagai penyedia jasa iklan atau pun promotor.

3. Open Jastip

Apakah kamu seorang yang hobi atau rutin melakukan perjalanan ke suatu tempat? Jika ya, kamu bisa nih memanfaatkan akun intagrammu buat promosi jastip alias jasa titip. Cara menghasilkan uang dari instagram ini biasa dilakukan oleh mereka yang kerap melakukan perjalanan atau travelling.

Cara kerja jastip adalah dengan membelikan produk sesuai dengan yang dipesan customer. Kamu juga bisa memberikan beberapa contoh produk yang dapat dipesan oleh customer.

Ketika menjalankan jastip ini, sebaiknya mintalah uang dp berapa persen di awal. Hal ini untuk mencegah customer membatalkan pesanannya dan akan beresiko merugikanmu. Dalam menentukan sistem harga, sesuaikan juga dengan biaya transportasi dan bagasi jika diperlukan. Tujuannya adalah menghindarkan adanya biaya ekstra yang justru akan dibebankan padamu.

Artikel Terkait:  Sedot WC Mojokerto: 5 Manfaat Rutin Melakukan Sedot WC

4. Berjualan foto di instagram

Punya banyak karya fotografi hasil jepretanmu sendiri? Kesempatan ini bisa loh kamu gunakan sebagai cara menghasilkan uang dari instagram. Kamu hanya perlu mengupload gambar di instagram, lalu tambahkan watermark pada foto tersebut. Jangan lupa juga ya buat menambahkan caption dan hastag yang menarik, serta sesuai dengan fotomu.

Buatlah kategori foto yang kamu sukai dan sesuai passionmu. Misalnya saja genre modelling, fashion, human interest, emotional, street, landscape, traditional arts, dan lain lain.

5. Affilate marketing

Nggak hanya blog yang menghasilkan penghasilan dari affiliate, kamu yang punya feed instagram yang dominan dengan satu macam genre post? Dengan tampilan instagram dan followers tertarget, kamu bisa loh sekaligus mempromosikan produk atau jasa. Caranya yakni dengan menjadi affiliate, yang penghasilannya didapatkan dari komisi penjualan.

Kamu hanya perlu mempromosikan produk dan mengarahkan pengunjung ke link atau tautan khusus. Link ini bisa kamu post di profil bio instagrammu, lalu arahkan customer agar melakukan pembelian melalui link tersebut.

6. Endorsement

Istilah endorsement tentu udah nggak asing lagi nih bagi para generasi milenial. Cara menghasilkan uang dari instagram ini biasa dilakukan oleh selebgram, influencer, ataupun mereka yang memiliki banyak followers instagram.

Para endorser ini mampu membangun reputasi secara online, sehingga bisa mendapatkan perhatian followers nya. Reputasi inlah yang nantinya akan dilirik oleh para pengiklan atau pebisnis dalam menjalin kerjasama.

Tak jarang mereka juga menjadi reviewer, expert, trendsetter fashion, ataupun acuan lain yang memungkinkan opininya akan lebih didengarkan. Maka dari itu, para influencer ini harus memberikan opini sesuai realita.

Tujuannya adalah supaya followers nya percaya dengan opini yang diberikan, sehingga menaikkan reputasi yang dibangunnya. Dengan reputasi yang baik, bisa jadi kamu akan diajak kerjasama menjadi brand ambassador suatu produk loh. Tawaran yang sangat menggiurkan bukan?

Artikel Terkait:  5 Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan Manufaktur

Namun biar bisa menjadi endorser di instagram, kamu wajib nih punya banyak fans layaknya public figure. Oleh karena itu, sangat penting nih bagi seorang endorser punya banyak followers. Selain itu, jumlah followers juga akan menentukan besarnya tarif endors loh.

Kamu pun juga perlu punya konten dengan niche spesifik, supaya terget market lebih tertarget. Misalkan saja kamu post foto khusus mengenai fashion, digital, travelling, kuliner, dan berbagai niche lainnya.

Nah, tertarik dengan cara menghasilkan uang dari instagram lewat cara – cara di atas? Jika serius ingin menjalankannya, tentu kamu harus mulai berusaha nih buat mendapatkan banyak followers asli.

Jangan lupa juga, perhatikan feed instagrammu biar terlihat keren dan kece abis. Ini nih salah satu faktor yang bikin instagrammu diminati pengunjung.

**

Gimana? dari apa yang aku jabarkan diatas udah ada gambaran belum sih gimana praktiknya untuk dapat uang dari instagram?

Kalau baca aja gampang kali ya, tapi prakteknya emang gitu sih, sedikit ribet. Tapi tenang, banyak jalan menuju Roma. Kamu kamu kamu mah pasti bisa.

Akademi Bisnis Digital

Nah kalau kamu masih merasa kesulitan dan bingung gimana mempraktekan cara-cara menghasilkan uang dari instagram seperti diatas, kamu bisa langsung deh coba bergabung dan belajar dengan Akademi Bisnis Digital.

Akademi Bisnis Digital adalah sebuah Platfom pembelajaran secara online yang mempelajari tentang Digital Marketing dan tentang banyak hal mengenai Dunia Bisnis termasuk masalah pemanfaatan sosial media sebagai media bisnis atau cara menghasilkan uang.

Dijamin nggak butuh waktu lama deh buat kamu bisa memanfaatkan secara maksimal instagram sebagai sumber penghasilan. Selamat mencoba wan kawanku…

1 Shares:
4 comments
  1. Perkembangan saat ini sosial media menjadi branding dan broadcast produk untuk memberikan value keyakinan customer, tapi branding personal sangat diperlukan untuk memberikan bahwa si akun benar valid. Saya menggunkan IG sebagai publikasi portofolio project saja.

  2. jaman sekarang kalo bisa memanfaatkan sosmed dengan baik bisa menghasilkan duit
    anak SMA udah jadi influencer, alias bisa cari tambahan duit sendiri

  3. Saya juga baru belajar bagaimana sosial media lebih menghasilkan. Endorsement sangat menarik dan saya sudah mencoba. Tapi tampaknya harus menambah follower dulu karena sering kalah dengan influencer yang udah punya 10k follower.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.