Kursus Full Stack Web Developer untuk Karir Cemerlang

Kursus Full Stack Web Developer

Untuk menjadi web developer yang handal, bisa dimulai dengan mengikuti kursus full stack web developer Javascript. Javascript masuk ke dalam jajaran teratas sebagai bahasa pemrograman terpopuler menurut beberapa sumber.

Aku sendiri nggak terlalu paham tentang dunia IT yang mendalam kayak gini. Tapi sebagai seorang blogger, membawaku bertemu sama orang-orang yang emang udah malang melintang di dunia IT. Aku juga punya beberapa teman blogger yang membuka jasa SEO dan jasa pembuatan web profesional. Nggak jarang, mereka ini sharing tentang pekerjaan mereka yang ternyata cukup menjanjikan.

Beberapa dari temenku ini kerja ikut perusahaan, tapi nggak sedikit juga yang buka usaha sendiri di bidang IT ini. Aku sendiri tertarik banget denger apapun seputar dunia IT ini. Meski ilmuku masih terlalu jauh, tapi udah ada niat nih buat serius di dunia digital.

Sekarang sih masih memulai bisnis penulisan artikel dengan website bisnis yang lagi ku bangun, tapi siapa tahu ya kan nanti aku juga bisa merambah ke bisnis web developer hihihihih, mimpi kan gratis, siapa yang berani larang? wkwkkw jadi kenapa enggak mulai belajar bahasa pemrograman dan lain-lain.

Dari mas Fathnan, temen bloggerku asal Tuban yang juga seorang web developer, aku mendengar istilah-istilah yang tadinya asing serta beberapa bahasa pemograman.

**

Balik lagi ke pembahasan kursus full stack web developer Javascript. Secara umum bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk mengurus bagian front end dan juga back end. Fungsinya yang kompleks membuat Javascript banyak digunakan oleh perusahaan untuk membangun websitenya.

Sangat disarankan untuk memulai belajar javascript dari sekarang, mengingat kebutuhan pasar yang terus mengalami peningkatan. Gaji seorang programer Javascript bisa mencapai Rp.130 juta per tahunnya.

Besaran gaji biasanya disesuaikan dengan kemampuan dan juga tempat bekerja. Kursus full stack akan sangat membantu untuk meningkatkan skill agar kemampuan yang dimiliki dapat dihargai dengan gaji tinggi.

Pengertian dan Tugas Full Stack Web Developer

Full stack developer adalah mereka yang mempunyai tugas atau pekerjaan untuk membangun sebuah web secara keseluruhan. Artinya mereka berperan ganda sebagai frontend developer dan backend developer.

Sebagai blogger yang punya banyak teman web developer, aku sendiri nggak asing sama dua istilah per-web-an ini.

  • Frontend developer adalah istilah untuk menggambarkan bagian luar web atau bagian web yang terlihat oleh mata dan bisa diakses oleh user atau pengunjung, sedangkan
  • Backend developer adalah istilah untuk menjelaskan bagian web yang nggak terlihat oleh pengunjung atau user.

Seorang front-end developer paling nggak harus memahami hal-hal seperti User Interface (UI), UX (User Experience), Bahasa pemrograman seperti Javascript, maupun HTML atau CSS.

sedangkan mereka para back-end developer perlu tahu tentang server, database, keamanan sebuah website, managemen website dan juga bahasa pemrograman khusus seperti PHP, Rubby, Phyton dan lain sebagainya.

Bisa dibilang full stack developer adalag profesi yang mengharuskan pribadinya mempunyai skill dan ilmu yang mumpuni seputar web. Luar dalam harus ngerti gitu loh.

Kebayang nggak sih ribetnya? Kebayang nggak sih berapa lama waktu yang diperlukan seseorang untuk mempelajari ilmu hingga bisa disebut seorang full stack developer?

Cara Menjadi Full Stack Web Developer

Ada beberapa cara tentunya jika kamu ingin serius menjadi full stack developer yang handal. Beberapa jalan menuju ke profesi ini diantaranya:

  1. Belajar sendiri atau otodidak
  2. Kuliah IT
  3. Mengikuti training atau kursus full stack

Tentu semua orang yang tertarik pada dunia IT punya kesempatan dan bisa menjadi seorang web developer bahkan full stack yang handal mau lewat jalur manapun bahkan bisa belajar sendiri dari materi-materi yang banyak tersebar di internet maupun buku tutorial.

Tapi perlu diketahui kalau ilmu ini bukan lah ilmu ringan yang biasa dikuasai dalam waktu singkat atau kilat. Kamu harus benar-benar punya konsistensi dan disiplin dalam belajar.

Kesulitan lain adalah urutan panjang atau proses belajar yang harus bertahap dan dikuasai satu per satu. Niat dan disiplin super tinggi harus ada sebelum kamu memutuskan untuk belajar sendiri.

Kursus Full Stack Web Developer Javascript Cara yang Lebih Cepat dan Hemat

Kursus Full Stack Web Developer Javascript

Dari banyak pekerjaan di bidang IT, web developer menjadi salah satu yang paling tinggi untuk urusan gaji. Terlebih ketika bekerja di perusahaan yang memang bergelut di bidang teknologi.

Peran full stack developer begitu penting dalam pengembangan sebuah website. Peluang masih terbuka lebar saat ini untuk memiliki penghasilan puluhan juta dengan menjadi web developer.

Meskipun kamu bisa mempelajari Javascript sendiri, mengikuti training full stack rupanya bisa lebih diprioritaskan karena lebih singkat dan terhitung lebih hemat jika dibandingkan dengan kuliah jurusan IT.

Sebagian besar industri lebih menyukai lulusan kursus karena memang kualitasnya sudah terjamin. Sangat disarankan untuk mengikuti kursus full stack yang benar-benar memberikan pengetahuan lebih dalam hal web developer.

Kursus full stack Javascript kini banyak tersedia baik online maupun offline dengan harga yang bervariasi. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan belajar melalui Youtube yang terkadang tidak jelas arah pembelajarannya. Apalagi hanya dengan membaca buku yang mahal dan pembahasannya terbatas.

Untuk lebih maksimal dalam belajar, sangat disarankan untuk mengikuti kursus web developer dari Indonesia. Dalam proses pembelajarannya yang menggunakan bahasa Indonesia, akan sangat membantu. Ini jauh lebih baik dibandingkan mengikuti online course dari luar negeri dimana semua mentor menggunakan bahasa Inggris.

Ada banyak alasan sebaiknya belajar web developer sejak sekarang. Sebagian besar industri mulai beralih dari offline marketing ke online marketing atau pemasaran online loh. Nah, website adalah salah satu media promosi online yang paling efektif. Pada momen inilah, dibutuhkan banyak website untuk company profile, promosi, manajemen transaksi atau yang lainnya.

Dengan Javascript, website yang dihasilkan akan jauh lebih dinamis dengan interface yang memudahkan pengguna.

Kenapa Javascript Jadi Pilihan Utama Full Stack Web Developer?

Banyak perusahaan yang memilih Javascript full stack web developer untuk mengurus websitenya. Karena nantinya, dua bagian penting yakni front end dan back end bisa dikerjakan langsung sekaligus.

Hal inilah yang membuat gaji full stack web developer besar dibandingkan dengan front end atau back end.

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Brendan Eich dapat digunakan sebagai front end dan juga back end. Javascript akan memudahkan siapapun untuk menjadi full stack web developer yang handal. Proses belajar akan lebih mudah dibandingkan mempelajari dua bahasa pemrograman yang berbeda.

Ketika mengikuti kursus web programming, tidak hanya Javascript saja yang akan diajarkan. Nantinya akan dibekali dengan perancangan website menggunakan HTML dan CSS.

Pembelajaran benar-benar akan dimulai dari awal sehingga tidak menjadi masalah bagi pemula. Belajar dengan dibimbing langsung oleh mentor akan mempercepat pemahaman mengenai perancangan website.

Enaknya mengikuti kursus full stack developer, mentor akan memberikan pengarahan dengan jelas. Mulai dari perancangan sistem aplikasi hingga proses pengerjaannya menjadi sebuah sistem yang kompleks. Kemampuan akan lebih terjamin karena ada kurikulum tersendiri yang membuat pembelajaran lebih terarah.

Penggunaan javascript dalam bidang web developer terus mengalami peningkatan. Hal ini berimbas terhadap tingginya kebutuhan full stack developer di dunia industri.

Banyak perusahaan yang menggunakan javascript dalam membangun sistem websitenya. Tak heran jika professional javascript developer begitu dibutuhkan sekarang ini.

Course-Net, Tempat Belajar Javascript dan Kursus Full Stack Terbaik
Suasana kursus full stack web developer di Course-Net

Saat ini ada banyak banget lembaga yang membuka pembelajaran seputar javascript, web development dan lain sebagainya. Tapi tentu banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum memilih.

Nah, Course-Net adalah tempat kursus full stack online yang paling recommended dan layak kamu coba. Course-Net sendiri memiliki mentor-mentor atau coach ahli yang akan membimbing kita step by step mulai dari dasar banget. Jadi buat yang ngerasa ilmu IT nya masih cetek banget kayak aku, nggak perlu takut, khawatir atau minder.

Course Net sebagai tempat belajar Javascript yang cocok buat pemula atau yang sudah berpengalaman dalam dunia per-web-an.

Tempat kursus web developer ini menyediakan materi yang runtut dan secara matang dibuat dengan kasus-kasus yang terjadi di lapangan beserta stategi-strateginya.

Sangat disarankan untuk kamu yang ingin kursus full stack atau ingin mendapatkan bimbingan kuliah IT bergabung ke lembaga yang tepat. Dari banyak lembaga yang menyediakan layanan yang sama, Course-Net Indonesia direkomendasikan untuk siapapun sebagai tempat belajar javascript.

Course-Net Indonesia sebagai Kurus Full Stack Berkualitas Dapat Penghargaan Internasional

Lembaga ini sudah dikenal hingga kancah internasional setelah mendapatkan penghargaan dari EC-Council Global Award, Atlanta USA pada 2019. Dan juga penghargaan dari Corporate Vision sebagai The Most Impactful IT. Tak heran jika Course-Net disebut sebagai kursus full stack terbaik di Indonesia.

Pemberian penghargaan ini tak lepas dari peran Course-Net dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat luas. Lembaga ini didirikan oleh seseorang yang memang sudah familiar dengan dunia IT. Hal ini yang menjadikan materi-materi dan praktek yang dilakukan sangat efektif dalam pembelajaran peserta training full stack.

Kelebihan Kursus Full Stack Web Developer di Course-Net Indonesia

Kelebihan Kursus Full Stack Web Developer di Course-Net

Masih ragu buat kursis di Course-Net? Coba baca kelebihan kursus seputar full stack di course net berikut ini deh:

Tersedia Banyak Pilihan Paket

Apakah Course-Net hanya menyediakan kursus full stack Javascript saja ? Tentu tidak, tersedia berbagai pilihan paket kursus yang berhubungan dengan IT. Course-Net menyediakan kursus networking, cyber security, website, mobile application, digital marketing hingga data science.

Kursus networking

Pada kursus networking, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang professional network engineer. Kursus ini berupa program sertifikasi CCNA yang sertifikatnya telah diakui internasional.

Ini memungkinkan peserta nantinya bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri. Potensi penghasilan per bulannya bisa mencapai puluhan juta perbulan nya.

Kursus cyber security

Tersedia dua kursus cyber security yang disediakan oleh Course-Net. Diantaranya kursus Certified Ethical Hacker dan Computer Hacking Forensic Investigator.

Melalui kursus ini, peserta akan mendapatkan training peretasan yang baik dan benar. Dan juga belajar untuk mendeteksi serangan dan mengumpulkan bukti untuk diaudit agar sistem yang dimiliki bisa lebih aman lagi.

Peluang karir cyber security begitu besar, khususnya di Indonesia. Sebagian besar orang yang tertarik ke dunia IT lebih mengarah ke web developer atau mobile developer. Dengan begitu, persaingan di bidang cyber security masih cukup longgar.

Gaji yang dapat diperoleh bisa mencapai puluhan juta perbulannya. Hal ini tentu sangat menarik untuk siapapun yang ingin masuk ke dunia IT.

Kursus website

Untuk kursus full stack website, peserta bisa memilih untuk menekuni bidang tertentu yang berkaitan dengan website. Bisa berupa web design yang akan mempelajari bagaimana membangun website dengan tampilan yang bagus user friendly.

Kita bisa juga memilih bahasa pemrograman seperti Laravel, Java Spring ataupun Javascript untuk membuat website yang lebih kompleks.

Lulusan kursus ini akan menjadi full stack developer yang mampu membangun website dengan baik. Web developer memiliki keuntungan dua kali lebih besar, mengingat peminatnya yang begitu besar. Gaji seorang web developer tergolong besar.

Untuk di Indonesia, gajinya berkisar 5 juta sampai dengan 20 juta. Sementara jika bekerja dengan perusahaan luar negeri, gajinya bisa menyentuh angka 50 juta sampai 70 juta. Maka dari itu, pilihan mengikuti kursus full stack bisa jadi prioritas mu.

Kursus Mobile Application

Program kursus ini cocok untuk kamu yang ingin berkarir sebagai mobile developer. Tersedia dua pilihan kursus full stack yakni Android dan juga Flutter. Untuk kursus Android, perserta nantinya akan bisa membangun sebuah aplikasi Android hingga bisa tersedia di PlayStore.

Sementara kursus Flutter, peserta akan diberikan training untuk membuat aplikasi Android dan iOS sekaligus menggunakan bahasa pemrograman Dart.

Selain bisa bekerja dengan perusahaan, lulusan kursus ini juga bisa membangun aplikasi sendiri. Tidak menutup kemungkinan untuk membangun sebuah perusahaan yang menawarkan kemudahan dengan aplikasi yang dibuat. Hal inilah yang menjadi kelebihan kursus bersama Course-Net.

Kursus Digital Marketing

Kursus ini cocok untuk kamu yang memiliki passion dalam hal penjualan. Ketika kamu memiliki produk, namun tidak tau cara pemasaran melalui internet, kursus ini diperlukan.

Ini akan membantu mu untuk bisa melakukan promosi dengan baik. Seperti bagaimana melakukan riset pasar, membuat sales page, copywriting dan masih banyak lagi.

Kursus Data Science

Profesi data science dikenal sebagai salah satu bidang IT dengan gaji terbesar. Seorang professional data science bisa mendapatkan gaji berkisar 65 juta hingga ratusan juta. Melalui kursus ini, peserta bisa mendapatkan sertifikasi dari Wiley Certified Data Scientist yang sudah diakui dunia.

Beberapa bidang IT tersebut memiliki peluang karir yang tinggi dimasa yang akan datang. Tak heran jika peminatnya begitu banyak, dan kamu harus bisa menjadi yang terbaik nantinya.

Bekerjasama Dengan Berbagai Perusahaan

Hal ini menjadi keuntungan bagi para peserta kursus web programming di Course-Net. Lembaga ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar yang eksis di Indonesia.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin ketika kita lulus training full stack dan memiliki kemampuan yang mumpuni, nantinya bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Peluang karirnya sangat besar, mengingat banyak perusahaan saat ini membutuhkan ahli IT untuk menangani sistem mereka.

Lulusan Terbukti

Untuk mengetahui kualitas dari lembaga kursus, bisa dilihat dari lulusannya. Di Course-Net, sudah lebih dari 22 ribu peserta yang lulus dengan hasil yang memuaskan.

Mereka telah bekerja di berbagai perusahaan besar seperti Gojek, Biznet, MNCTV, Traveloka dan masih banyak lagi. Untuk itu, tidak perlu khawatir untuk memulai kursus web programming atau kursus lainnya bersama Course-Net.

Keberhasilan lulusan kursus dalam karirnya tidak lepas dari peran Course-Net dalam memberikan bimbingan. Kursus full stack web developer ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan kursus online lainnya yang terkadang justru membuat bingung.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, Course-Net juga tetap menyediakan tempat belajar javascript. Penerapan Social distancing diterapkan untuk memberikan keamanan bagi para peserta.

Keuntungan Kursus Full Stack dan Lainnya di Course-Net

Keuntungan Kursus Full Stack Web Developer Javascript atau Lainnya Di Course-Net

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan selama kursus di Course-Net adalah sebagai berikut:

Mentor yang Kompeten

Dengan mengikuti kurus bersama Course-Net, peserta akan dibimbing langsung oleh mentor yang merupakan seorang praktisi. Mentor ini benar-benar memiliki pengalaman di dunia industri, sehingga ilmu yang diberikan tidak hanya materi semata.

Setiap mentor juga memiliki sertifikasi internasional sendiri sehingga terbukti kualitasnya sebagai full stack developer atau yang lainnya.

Peran mentor sangat berpengaruh terhadap proses belajar javascript nantinya. Terlebih bagi kita yang memang masih pemula dalam hal web programming. Bimbingan yang terarah pada saat kursus full stack dari mentor akan membuat belajar lebih mudah.

Garansi Training

Dengan kursus full stack web developer ini, peserta tidak hanya diberikan konsep dasar saja. IT Coaching akan memberikan strategi praktis yang nyata dan berguna di dunia industri. Ini menjadi penting untuk semua yang ingin berkarir sebagai full stack web developer.

Karena biasanya, konsep dasar tidak sesuai dengan kenyataan di industri. Sehingga butuh pembelajaran khusus yang hanya dapat diberikan oleh IT Coaching.

Course-Net juga menjamin peserta training javascript nya paham dan menguasai apa yang diajarkan. Ini menjadi garansi bagi kamu yang khawatir tidak bisa memahami setiap materi yang diberikan. Kamu diberi kesempatan untuk mengikuti kelas ulang ketika tidak kunjung memahami materi ketika kursus full stack.

Disalurkan Ke Perusahaan

Mungkin kamu akan merasa khawatir kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah mengikuti kursus full stack web developer. Karena persaingan yang begitu ketat membuat siapapun harus bisa bersaing satu dengan lainnya. Keuntungan bergabung dengan Course-Net, kamu dapat disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan lembaga ini.

Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus untuk mengikuti kursus full stack sehingga kemampuan meningkat. Kemampuan inilah yang nantinya berperan besar ketika kamu masuk ke dunia industri.

Dalam bidang IT, kemampuan juga mempengaruhi besaran gaji yang akan diterima. Semakin kamu menguasai, maka gaji yang akan didapatkan bisa lebih besar. Berbeda dengan pekerjaan dibidang umum yang tidak mengutamakan kemampuan.

Dapat Melakukan Sertifikasi Dengan Mudah

Di dunia industri atau dunia kerja, sertifikasi juga penting untuk memiliki. Ada banyak sertifikat yang berguna untuk melamar kerja. Selain dilihat dari kemampuan mu, perusahaan juga akan mempelajari sertifikat yang dimiliki. Biasanya, sertifikasi ini menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawannya.

Dengan sertifikasi, kamu juga akan lebih diprioritaskan dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki.

Course-Net telah memiliki sertifikasi dari Pearson VUE dan juga EC-Council yang bertaraf internasional. Dengan begitu, kamu bisa melakukan sertifikasi langsung ketika mengikuti kursus dengan mudah.

Biaya sertifikasi juga lebih terjangkau dibandingkan di tempat lain. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetes kemampuan yang dimiliki. Jika lolos, kemampuan kamu bisa terjamin berkualitas dan siap terjun ke dunia industri.

Bergabung Dengan Komunitas

Ketika kamu memutuskan untuk terjun ke dunia IT, bergabung dengan komunitas begitu penting. Setiap waktunya, IT terus berkembang yang memaksa kamu untuk terus belajar. Dengan adanya komunitas ini, kamu bisa berbagi informasi dan pengetahuan seputar IT ataupun belajar javascript pemula dari senior.

Khususnya untuk kamu yang telah lulus kursus full stack web developer, nantinya bisa saling berbagi lowongan pekerjaan. Setelah lulus, kamu tentu ingin langsung bekerja dan mendapatkan penghasilan yang besar.

Komunitas ini akan benar-benar membantu dan memberikan obrolan yang positif. Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki passion sama, akan begitu menyenangkan nantinya.

 

Dengan kelebihan yang dimiliki Course-Net, lembaga ini disarankan untuk kamu yang ingin kursus full stack. Kemampuan mu akan lebih terjamin nantinya setelah mengikuti kursus ini.

2 Shares:
2 comments
  1. Kalau model kayak saya yang awam ini membutuhkan pembimbing yang kompeten dan memberi pembelajaran dengan detail. Course-Net sepertinya bagus banget. Banyak fasilitas yang diberikan.

  2. aku sebagai lulusan IT, pusing banget bahas kodingan wkwkw. apalagi ditambah kursus full stack begini. enggak kuat. emang bukan passionnya sih ya. mending suruh nulis sehari 10 artikel dah daripada suruh ngoding. abis ini digetok sama mba rini karena malah curhat wkwkw. ampuuun mbaa. yukk yang punya passion ngoding ikutan kursusnya yaaaaak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.