Cara Memilih Template Blog Agar Performa Dan Tampilan Blog Makin Oke

Cara memilih template blog

Sebagai Blogger, kalian tahu nggak gimana cara memilih template blog biar performa blog makin oke. Nggak cuma urusan performa aja, tapi yang bisa bikin tampilan blog makin cakep juga. Soalnya banyak nih blog yang SEO banget tapi tampilan kurang pas buat selera para blogger khususnya cewek. Hehe

Nggak bisa dipungkiri, memilih template blog adalah satu hal penting dalam aktivitas blogging aktivitas blogging. Tampilan blog yang enak dilihat tentu bakal bikin kita sebagai pemilik blog nyaman dan betah berlama-lama ngurus blog. Nggak hanya buat kita, buat para pengunjung tampilan blog juga bisa bikin mereka betah dan makin nyaman saat mampir dan baca artikel kita.

Memilih template blog itu susah-susah gampang. Iya, susah buat yang nggak terbiasa ngulik template seperti kebanyakan blogger wanita. Salah pasang bia bisa malah blog berantakan yak an? Makanya meskipun bukan seorang mastah, ijinkan aku sharing seputar cara memilih blog disini yak? Hihi

Seberapa Penting Sih Memilih Template Blog yang Baik Untuk Blog Kita

cara memilih template blog

Terus sebenernya seberapa penting sih memilih template blog yang baik untuk blog kita? trus gimana cara memilih template yang baik buat blog kesayangan kita ini? Dan lagi, template kayak apa sih yang recommended buat para blogger khususnya perempuan itu?

Pertanyaan seputar template nyatanya masuk deretan pertanyaan seputar blog yang paling banyak aku terima baik di chat grup maupun pesan pribadi.

Memperhatikan penampilan blog tentu jadi satu point penting yang nggak boleh diabaikan. Terutama buat para blogger perempuan yang kodratnya emang seneng tampil cantik dan menawan.

Kebanyakan nih blogger cewek suka template yang ramai, ada corak-corak tertentu, dan dengan warna-warna yang feminine. Kalau dirangkum, kenapa penting untuk memilih template blog yang tepat diantaranya:

1. Template menunjukan wajah blog kita.

Seorang blogger bahkan bisa memunculkan kesan unik dan identic dari template apa yang mereka pakai.

2. Template yang bagus secara tampilan bisa bikin kita makin betah ngeblog.

Ini aku banget, selama blog tampilannya masih acak adul, pasti semangat ngeblog jadi menurun. Soalnya pas liat homepage udah males.

3. Template yang SEO friendly bisa meningkatkan traffic organik ke blog, pageview pun melonjak.

Meski banyak faktor yang menentukan jumlah PV blog tapi aku percaya selain kualitas artikel. Template juga sedikit banyak punya pengaruh.

4. Mengundang rejeki.

Percaya atau enggak (lagi), dulu pas pertama aku rombak blog ku pakai template igniplex dan aku pakai kombinasi warna-warna nude, tawaran kerjasama mulai berdatangan, padahal saat itu DA ku masih 10-an.

Artikel Terkait:  Pilih Mana ? Blog Niche Atau Blog Gado-Gado. Apa Ada Hubungannya Dengan Gender?

Nggak hanya itu, aku juga beberapa kali menang lomba blog dengan template itu. Banyak yang bilang tampilan blog ku cantik banget, bisa jadi advertiser sama juri juga demen litany, who knows?

Meski sekarang banyak juga blogger perempuan yang lebih suka template yang minimalis, clean, tapi tetep ada kesan wanitanya.

Saat mencari template atau themes untuk blog, kalian pasti akan ketemu sama kedua jenis template ini. Yap, template premium dan template gratisan

Nah mau nanya nih? Kalau kamu, udah memakai template premium atau masih pakai yang gratisan di blognya?

Riwehnya Nyari Template Blog

cara memilih template blog

Sedikit cerita, aku mulai tahu tentang blog sejak 2011 saat masih duduk di bangku SMA. Berlanjut serius nge-blog dengan menyewa domain celotehdinihari.com sejak 2017 membuatku merasakan berbagai macam drama dalam dunia per-blogging-an salah satunya adalah drama memilih template blog.

Celoteh dini hari ini sendiri udah beberapa kali mengalami perubahan template atau themes terlebih saat masih menggunakan template free atau gratisan yang memang bebas kita download di internet. Sekarang? tim premium aku mah.

Mau tau kenapa aku lebih memilih pakai template blog premium aja ketimbang template gratisan? Simak terus ya. Ada banyak deh dramanya. Nanti aku juga bakal kasih rekomendasi template apa aja yang jadi favorit cewek-cewek.

Kenapa sampai aku kasih list rekomendasinya?

Kalau kalian yang baca artikel ini cewek, pasti kalian tahu deh, selera template blogger cewek tuh beda sama cowok.

Alasan Masih Memilih Template Gratisan

cara memilih template blog

Nah sebelum bahas lebih jauh tentang template premium dan rekomendasi nya apa aja, kita bahas dulu yuk beberapa alasan kenapa banyak temen blogger yang masih memilih template gratisan.

1. Baru Mulai Ngeblog

Bagi yang baru aja memulai nge blog, wajar kalau belum ada keinginan muluk-muluk. Pakai template gratisan juga kadang udah ngerasa cukup, bahkan aku dulu pas awal memulai blogging tuh nggak tahu kalau ada template blog yang bayar. wkwkwk

2. Minim Modal

Blogger baru kayak aku dulu pasti masih nggak kepikiran buat keluarin modal. Orang niatnya nge blog buat nyalurin hobi kok harus keluarin uang lebih. Ya begitu kira-kira aku dulu. Jadi wajar aja kalau masih banyak blogger yang enggan mengeluarkan modal untuk template.

3. Belum Dapat Penghasilan Dari Blog

Selain nggak mau keluar modal duluan, ada pula blogger yang merasa “wong ngeblog buka untuk cari uang atau wong nge-blog aja belum dapat apa apa kok harus keluar uang beli sesuatu”.

11-12 sama point 2, alasan ini masih banyak dijumpai. Akupun dulu begitu kok, sampai akhirnya tersadar kalau ternyata modal duluan dan beli template gratisan bisa mendatangkan penghasilan dari blog selanjutnya (ntar dibahas lagi lebih mendalam)

4. Bisa Sering Gonta Ganti Template Sesuka Hati

Ya namanya juga gratis ya kan, jadi mau ganti template kapan aja bisa. Tinggal download seabrek, cobain satu-satu juga bisa. Lihat ada punya temen yang templatenya bagus, bening, trus pengen pasang juga.

Sayangnya, ganti template gak semudah ganti baju di badan. Ada banyak settingan template yang harus kita atur ulang mulai dari daftar menu, widget dan lain sebagainya. capek? Bagiku yang pernah ngerasain sih, iya.

Artikel Terkait:  Cara Menghilangkan Rel=Noopener Noreferrer di Wordpress

5. Nemu template gratisan yang ciamik

Iya aku gini dulu, sering banget buka google trus masukin keyword “free template blogspot” atau “cute free template blogspot” wkwkwkw. Kalian coba aja deh, ada banyak banget tema-tema cantik yang bikin pengen segera pasang. Seijo itu mataku dulu kalau liat template lucuk-lucuk.

Jangan ditiru ya gaes, karena sekarang aku udah tobat. hehe

6. Mudah Dicari dan Banyak Banget Jumlahnya

Yuhu, seperti penjelasan tadi di atas, bejubel lah jumlah template gratis dari berbagai developer blog baik dalam maupun luar negri, baik yang legal atau yang modifan haha

Yang Jadi Pertanyaan dari Template Blog Gratisan adalah Kualitasnya Gimana?

Nggak Semua Template Blog Gratisan Itu Jelek

Nah, buat yang masih mau memilih template blog gratisan karena berbagai alasan itu nggak masalah kok. Nggak semua template blog gratis itu jelek. Banyak loh yang udah lumayan bagus meski fitur-fiturnya pasti masih terbatas tak seperti template premium. Yang penting kita bisa tau template seperti apa yang bagus dan strukturnya udah oke tanpa harus rombak html macem-macem.

Rekomendasi Template Blogspot Gratisan Layak Coba

Untungnya juga masih ada developer template khususnya blogger yang masih mau bikin template gratisan dengan kualitas yang mumpuni, berikut rekomendasi template blogspot gratisan layak coba.

  1. Fiksioner by igniel
  2. Textrim by igniel
  3. Blogger Orbit by Rio Blanter

Alasan Memilih Template Premium WordPress

Saat ini aku punya 2 domain blog yaitu celotehdinihari.com dan feminim.id, kedua-duanya pakai template premium. Bukan gaya-gayaann atau tanpa alasan kok. Dari pengalamanku nge blog sekian tahun, ini beberapa hal yang aku simpulkan menjadi alasanku memilih template blog premium daripada yang gratisan.

  1. Kepuasan
  2. Males ganti-ganti template lagi
  3. Kaya fitur, contohnya aja fitur yang bisa menampilkan jumlah share atas suatu artikel
  4. Seo friendly dan strukturnya lebih rapi
  5. Bisa tanya-tanya sambil belajar ke developer (kalau orang indonesia)
  6. Mahal itu relatif
  7. Lebih profesional

Tips Memilih Template Blog

Cara memilih template blog

1. Perhatikan pagespeed atau loading

Pagespeed atau loading time adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk membuka halaman blog kita. Semakin cepat loading blog kita tentunya semakin baik gaes. Bukan hanya untuk kenyamanan pengunjung, tapi loading blog yang cepat juga bisa meningkatkan traffic kita.

Google sendiri akan lebih merekomendasikan blog dengan speed yang kencang untuk naik ke halaman pertama karena dianggap lebih seo dan human friendly. Karena itu, urusan speed ini nggak bisa disepelein. Itu juga yang menjadi alasan para WordPress user menggunakan AMP atau Accelerated Mobile Page di blog mereka

Standar speed yang lumayan kata para mastah jika bisa dibawah 3 detik. Dibawah itu tentu makin baik. Nah kita bisa cek speed blog di PAGESPEED INSIGHT atau di GMETRIX.

Nah sebelum memutuskan pakai suatu template, wajib banget hukumnya cek speed ini. Coba cari demo templatenya dan cek di situs-situs tadi. Ingat ya, template yang kalian cek ini adalah versi demo, artinya isinya masing bisa dibilang sedikit entah itu konten, media dan sebagainya.

Setelah kalian apply template tersebut di blog kalian yang kontennya mungkin udah ratusan, tentu bisa makin menguras speed. Makanya pastikan mencari template yang dari demonya aja tuh udah ringan ya.

Nah nanti setelah pasang templatenya tapi ternyata loading page atau page speed nya lambat, kalian bisa cek tuh indicator-indikator merah di PAGESPEED INSIGHT atau di GMETRIX. Perbaikin deh satu per satu yang merah-merah itu.

Artikel Terkait:  Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Kalau nggak mau repot ngulik satu satu kayak aku, bisa langsung hubungin temen blogger yang udah kayak dokter speed yaitu mas sawal walker untuk wordpress dan adek ozik jarwo untuk blogspot.

2. Cek struktur blog

Ada hal lain yang harus diperhatikan ketika kita mau memilih template blog yang kualitasnya bagus dan bisa makin meningkatkan performa blog kita. Salah satunya adalah struktur blog. Menurutku struktur blog yang baik ada beberapa hal:

Tau kan? Menu dari kategori blog yang biasanya ada di sisi atas atau header blog itu loh. Yang kalau di klik menuju ke halaman kategori blog. Bahkan bisa dibuat format pop down. Blog sekarang sih kebanyakan sudah punya fitur ini ya.

Nah kalau template gratisan yang jadul tuh dulu aku sering nemuin tanpa space menu seperti ini. Bisa sih ditambah manual dengan menambahkan beberapa atau serangkaian script html, tapi itu bakal bikin blog lebih berat aja (menurutku). Jad udah nggak jaman banget sih punya template blog tanpa menu itu.

  • Punya struktur tag heading yang baik

Ini yang akhir-akhir ini bikin rame banyak grup. Ternyata banyak yang nggak sadar kalau homepage blog mereka nggak punya H1. Omaygat. Padahal ini penting banget. Lebih baik lagi jika perhatikan H1 sampai dengan H6 nya.

Nah pas kamu mau memilih template untuk blog kamu, aku sarankan cek dulu struktur headingnya. Kamu bisa cek dengan menggunakan ekstensi SEO 1 click di chrome. Cek apakah susunan headingnya tepat. Heading 1 seharusnya punya ukuran font yang lebih besar dari pada heading 2, H2 ukuran font nya lebih besar daripada H3 dan seterusnya.

3. Responsive

Maksudnya responsive yaitu saat kita buka blog di komputer, PC, tab atau HP, maka tampilan blog harusnya mengikuti ukuran layarnya. Jadi tetap presisi dan gampang diakses.

4. Tanya rekomendasi teman blogger yang lebih pro

Tips memilih template blog paling mudah adalah dengan tanya ke temen blogger yang lebih pro. Ya minimal punya pengalaman nge blog dan gonta ganti template lah. Lebih baik lagi tanya sama blogger yang seorang SEO enthusiast. Blogger yang punya ketertarikan dengan SEo biasanya akan merekomendasikan template yang performanya baik secara SEO. Nggak cuman perkara cantik atau enggak template tersebut.

Selain itu kamu juga jadi bisa dapet insight lebih akan seberapa pentingnya template yang SEO friendly buat perkembangan blogmu.

5. Pilih desain yang sesuai dengan karakter kita

Meski butuh waktu buat ngubek-ngubek website para penjual template, nikmatin aja. Aku pu begitu. Mindset ku, aku bakal pakai template premium ini selamanya, atau untuk jangka waktu yang lama. Karenanya, aku nggak papa deh menghabiskan waktu buat cari bahkan bayar mahal template ku sekarang.

Rekomendasi Template Premium Blogspot

1. Ignieplex by igniel

template igniplex

2. IDN themes by Arlina Design

3. Fletro

 

4. Materia X2 Premium

Materia X2 Premium

5. Masign Asuka by Rio Blanter

6. Masign Alpha 2 Premium by Rio Blanter

7.  Linkmagz by mas sugeng

Rekomendasi Template Premium Wordpres.s

  1. Squaretypes (yang aku pakai)
  2. Mediumish
  3. Mundana
  4. Generate press

itu dia beberapa cara memilih template yang .aku share ke temen-temen.

Semoga dari pengalamanku ini nantinya temen -temen udah nggak bingung lagi waktu mau nentuin tampilan blog.

1 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.