Begini Khasiat Minum Jeruk Hangat Untuk Kesehatan, Bisa Buat Diet Juga Loh!

Buahnya kecil tapi mengandung khasiat yang tinggi, yah jeruk namanya. Buah kaya akan vitamin ini telah dikenal sejak dulu sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi kamu yang sedang diet, minum jeruk hangat juga solusinya.

Buah yang kaya dengan antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang dimana kita tau dapat merusak sel tubuh. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit saja, jeruk juga dikenal mampu menjaga berat badan agar tetap ideal. Apalagi jika kamu menyajikannya dengan air hangat, manfaat yang kamu dapatkan akan jauh lebih besar dibanding menyajikannya dengan air dingin. Tidak percaya? Begini analoginya.

Ibarat sekumpulan lemak yang menempel di sebuah piring, lemak tersebut akan lebih cepat hilang jika kamu membilasnya dengan air hangat dibandingkan membilasnya dengan air dingin. Sangat banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan dengan jeruk hangat ini, penasaran? Yuk intip manfaatnya di bawah ini

Khasiat Minum Jeruk Hangat Untuk Kesehatan

Bagi kamu nih yang ingin hidup sehat dan cantik, rutinlah minum jeruk hangat dan rasakan manfaatnya.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Bagi kamu yang mau tampil cantik tanpa harus merogoh gocek yang banyak, kamu bisa memanfaatkan buah jeruk sebagai penunjang vitamin untuk kulit kamu. Dengan rutin mengonsumsi air jeruk, kamu akan terbebas dari masalah kulit seperti penuaan dini, jerawat bahkan dapat mempercepat peremajaan kulit kamu loh.

2. Mampu Melawan Infeksi

Jeruk adalah buah yang paling dicari di saat musim flu, mengapa? Karena dengan perasan jeruk dicampur dengan air hangat bisa menurunkan risiko infeksi dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalamnya membuat sistem imun tubuh kita menjadi kuat sehingga membantu tubuh kamu melawan infeksi penyebab flu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, campurkan perasan jeruk dengan segelas susu tanpa gula. Niscaya, pilek kamu akan sembuh lebih cepat.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang diakibatkan karena kadar gula darah yang tidak terkontrol. Penyakit yang diakibatkan pun berbagai macam seperti kerusakan saraf, stroke, kerusakan ginjal dan sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan segelas jeruk hangat di pagi hari dengan rutin. Karena kandungan glycemic index yang rendah mampu meregulasi tubuh kamu serta mengurangi kadar gula darah yang berlebihan.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal? Semua orang pasti mau, terutama wanita. Namun untuk menurunkan berat badan memang tidak mudah, bahkan ada banyak orang yang menghalalkan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan seperti mengonsumsi obat bahkan sampai operasi. Kalau ada cara yang mudah nan murah kenapa harus dengan cara extreme seperti itu?

Cukup dengan air jeruk hangat kamu sudah bisa menurunkan berat badan kamu dengan mudah dan cepat. Kandungan citric acid yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menaikkan metabolisme dan membakar kalori dalam jumlah banyak.

5. Membantu Detoksifikasi Racun dari Dalam Tubuh

Dalam tubuh manusia terdapat racun yang bisa membahayakan kesehatan. Salah satu cara untuk mengeluarkannya yaitu dengan cara detoksifikasi.
Nah, dengan mengonsumsi segelas jeruk hangat sebelum olahraga dapat membantu tubuh kamu untuk mendetoks racun yang keluar bersama dengan keringat.

6. Melancarkan Saluran Pencernaan

Zat asam dalam jeruk berguna untuk untuk memudahkan pencernaan dalam mulut. Selain itu zat flavonoid membantu menstimulasi zat pencernaan yang ada di dalam tubuh kamu. Orang yang sering mengalami konstipasi (sembelit) sangat baik mengonsumsi air perasan jeruk karena zat asam yang terkandung melancarkan sistem ekskresi dan aktivitas usus. Tidak hanya itu, minum jeruk hangat 30 menit sebelum makan mampu menjaga tubuh kamu agar terhindar dari asam lambung.

Bagaimana, sangat banyak kan manfaat yang kamu bisa dapatkan hanya dengan mengonsumsi air jeruk hangat setiap hari? Tapi ingat jangan mencampurkan jeruk dengan gula agar vitamin dan kandungan yang ada di dalamnya tidak berkurang. Kesehatan itu murah dan gampang kok kalau kamu mau berusaha. Salam sehat!

Rini Novita Sari
[email protected]

0 Shares:
21 comments
  1. Mpo kalau di jalan suka banget beli es jeruk hangar. Walaupun harga goceng tapi enak dan segar untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya

  2. Banyak manfaatnya ya minum jeruk hangat ini buat kesehatan. Beberapa waktu lalu juga nyobain minum jeruk hangat (jeruk nipis) setelah bangun tidur, badan rasanya lebih segar. Sayangnya sudah lama bapak penjual sayur langganan nggak bawa jeruk, jadi harus beli langsung di pasar.
    Ini kalau hawanya dingin2, tambah nikmat rasanya minum jeruk hangat.

  3. Pernah nyobain mengkonsumsi jeruk hangat seger seger gimana gitu mbak. Tapi emang bagus banget buat kesehatan.

  4. Saya jadi ngiler nih bacanya, gara-gara kebayang asemnya, entah mengapa yang asem-asem malah enak.
    Saya bahkan sering makan belimbing wuluh pakai garam hahaha.

    Sebenarnya pernah nih rutin minum jeruk hangat, tapi dasar mamak-mamak kebanyakan acara, sekarang udah nggak pernah lagi.
    Padahal enak loh badan kalau rutin minum jeruk hangat 🙂

  5. Ini salah satu minuman kesukaan saya nih mba.
    Jauh lebih terasa segar di badan.
    Saya suka jeruk hangat tanpa tambahan gula 🙂

  6. Kalau bicara ngurangi berat badan, gak boleh dilewatin ini! Aku suka jeruk, tapi milih yang dingin sih. Cuma kalau lagi hujan2, jeruk hangat emang paling enak

  7. Saya lebih suka es jeruk, sih. Kayaknya harus coba juga membiasakan minum jeruk hangat kalau memang banyak manfaatnya

  8. Ini sembarang jerukkah atau ada jenis jeruk tertentu? Kalau dimakan langsung, aku suka jeruk tapi yg shantam dari China itu karena rasanya manis & nggak ada bijinya. Kalau diminum suka jeruk nipis.

  9. Aku setiap pagi bangun tidur langsung bikin air lemon anget mba. Rutin minum ini beberapa bulan, langsung enak di badan. Sejak itu hampir gak permah absen lagi

  10. Banyak.jg manfaatnya ga saya sdh beberapa waktu ini mulai juga sih tapi blm rutin kalau ada persediaan aja hehe..

  11. Kudu wajib fardhu lah nyetok jeruk peras di rumah kalo minum jeruk anget bisa ngurangin berat badan, apalagi enak pula minum jeruk anget di musim hujan gini. Tapi kalo untuk diperas, aku paling suka jeruk lemon atau jeruk nipis yang asemnya semriwing mba Rini

  12. Kalau air hangat dan perasan lemon memang minumankuntiap pagi mba.. jeruk panas juga selalu enak untuk diminum ya

  13. Alhamdulillah, di sekitar kita sudah disediakan banyak tumbuhan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehata. Ada jeruk yang punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Enak loh diminum hangat, dikasih madu enggak apa-apa kalik ya biar engga terlalu asam rasanya.

  14. Dulu aku rajin minum jeniper ini. Dan iya, enak banget kerasa di badan. Sekarang sering males. Huhuhu… makanya badanku sering gak fit. Kudu ngebiasain diri lagi nih.

  15. Jeruk nipis dicampur madu juga efektif untuk meluruhkan lemak. Biasanya kalau ada kalap makan (misal di hajatan atau di restoran all you can eat) inget tips ini sambil jalan kaki. Pokoknya jangan langsung tidur hehe…

  16. Memang banyak manfaatnya jeruk ini. Oh ya, kutambahin ya satu lagi nih, jadi bangun tidur, langsung bikin jeruk nipis yang dicampur air mendidih. Dinginkan sebentar sampai air jeruk ini menjadi hangat dan minum langsung. Perut harus dalam keadaan kosong dan baru boleh sarapan setelah 30 menit. Ini bagus lho untuk mengobati sakit maag dan meningkatkan daya tahan tubuh. Aku dan Punto punya maag kronis dulunya, tapi sejak rajin minum jeruk nipis yang begini hampir tak pernah lagi maag kami kambuh

  17. Andalanku sekarang air madu hangat tambahi seiris lemon. Diminum anget pas musim hujan kayak sekarang. Duuh nikmatnya

  18. Aku sering kali kalo makan di luar pesennya jeruk anget, kadang jeruk dingin. Nikmat banget minuman ini ya Mba. Kaya banget manfaatnya pula dan bahannya dari alam asli. Nggak perlu beli yang buatan pabirkan. Enakan gini bikin sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.