6 Tips Staycation di Hotel Saat Masa Pandemi

tips staycation

Tips Staycation di Hotel Saat Masa Pandemi – Di masa pandemi yang mengharuskan masyarakat tetap tinggal di rumah pastinya sangat menjenuhkan bukan? Yang menarik dari masa pandemi ini adalah banyak hotel yang menyediakan flash sale besar-besaran untuk membuat pengunjung tetap datang kesana. Meskipun adanya rasa bosan saat work from home dan banyaknya diskon hotel, kamu dan keluarga harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jika kamu ingin melakukan staycation di salah satu hotel terdekat ataupun di luar kota, biasanya hotel-hotel di sana sudah menyediakan beberapa peraturan mengenai protokol kesehatan. Tentunya hal ini menjadi salah satu cara agar penyebaran virus Covid-19 tidak semakin tinggi dan liburan tetap bisa berjalan dengan lancar.

Selain peraturan hotel yang harus kamu patuhi, kamu juga harus mengetahui apa saja tips saat melakukan staycation di hotel saat masa pandemi. Penasaran apa saja informasinya? Yuk simak berikut ini.

Apa Itu Staycation?

Sebelum langsung membahas tentang apa saja tips saat melakukan staycation di hotel saat masa pandemi, alangkah lebih baiknya jika kamu mengetahui apa itu staycation.Kata staycation menjadi sangat populer di Indonesia, apalagi masa pandemi seperti sekarang ini. Namun, masih banyak masyarakat yang salah mengartikan arti kata staycation ini.

Staycation berasal dari kata ‘stay’ yang artinya tinggal dan ‘vacation’ yang berarti liburan. Menurut arti lebih luas, staycation adalah liburan yang dilakukan di wilayah dekat dengan rumah. Jadi jika kamu ingin liburan namun memiliki bujet dan waktu yang sedikit, kamu bisa melakukan staycation.

Secara tidak langsung staycation menjadi alternatif liburan pendek untuk menghilangkan rasa bosan karena terlalu lama di rumah. Apalagi jika ada hotel terdekat yang menyediakan flash sale, staycation menjadi jalan terbaik untuk liburan.

6 Tips Berlibur Singkat Di Hotel Saat Masa Pandemi

Yuk simak apa saja tips saat berlibur di hotel saat masa pandemi berikut ini. Tips di bawah ini harus kamu perhatikan dengan baik agar keselamatan saat staycation bisa terjaga.

1. Patuhi Semua Protokol Kesehatan yang Berlaku

Tips yang pertama adalah kamu harus mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maupun lingkungan sekitar. Beberapa protokol kesehatan tersebut seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan secara rutin, hingga menutup mulut saat bersin atau batuk. Semua protokol kesehatan Covid-19 tersebut harus kamu patuhi agar bisa staycation dengan nyaman dan tidak menyebabkan penyebaran virus.

2. Pastikan Hotel Menetapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

Selain adanya flash sale yang menggiurkan, kamu juga harus memastikan bahwa hotel tersebut telah menerapkan protokol kesehatan yang aman dan ketat. Jika kamu ingin staycation dengan nyaman dan tidak terhindar dari paparan Covid-19, maka hal ini harus kamu ketahui dengan baik.

3. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi alat pelindung diri dari virus Covid-19. Hand sanitizer berfungsi untuk menghilangkan semua kuman dan virus yang menempel di tangan, dengan hand sanitizer ini juga kamu bisa ikut menghindari penyebaran virus. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu membawa benda ini kemanapun agar bisa digunakan kapanpun saat dibutuhkan.

4. Hindari Kerumunan

Syarat menginap di hotel dengan pacar dan keluarga yang selanjutnya adalah dengan menghindari kerumunan. Menurut protokol kesehatan sendiri  kamu harus menjaga jarak sekitar satu meter. Dengan demikian, untuk menjaga diri dan keluarga dari virus Covid-19 saat berlibur, kamu harus menghindari kerumunan. Meskipun sudah mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku, tetapi tidak ada salahnya untuk menghindari kerumunan ini.

5. Pastikan Sudah Tes Kesehatan

Sebelum berlibur di hotel, pastikan kamu sudah melakukan tes kesehatan agar mengetahui bagaimana kondisi tubuh kamu. Berdasarkan informasi dari CDC, kamu harus tetap melakukan tes kesehatan 3 sampai 5 hari sebelum melakukan staycation. Dengan melakukan tes ini kamu bisa lebih berhati-hati dan bisa mengetahui apakah virus ada dalam tubuh kamu atau tidak.

6. Makan di Kamar Hotel

Untuk menghindari kerumunan saat makan, kamu disarankan untuk makan di kamar hotel. Namun biasanya saat masa pandemi, hotel akan memfasilitasi restoran dengan sistem take away, jadi kamu bisa lebih aman dan nyaman saat makan bersama keluarga di hotel.

Nah itulah beberapa informasi mengenai apa itu staycation dan apa saja tips saat berlibur di hotel yang memiliki flash sale besar. Bagaimana menurutmu?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.