Loading

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan setelah Operasi Katarak

Sudah tahu apa saja makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi katarak? Biasanya petugas medis akan menjelaskan soal pantangan makanan, makanan yang baik serta berapa lama operasi katarak sembuh. Pastikan Anda mengingat dan mematuhinya supaya pasca operasi luka cepat sembuh.

Sayangnya penyembuhan pasca operasi yang membutuhkan waktu ini membuat Anda sering lupa akan pantangan-pantangan yang diberikan. Mengingat kembali apa yang dilarang, cek ulang apa saja makanan yang sebaiknya dihindari.

5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan setelah Operasi Katarak

Katarak adalah kondisi di mana lensa mata mulai keruh, faktor pemicunya yang paling sering adalah penuaan. Tujuan operasi katarak adalah mengangkat lensa mata yang keruh tersebut kemudian menggantinya dengan lensa buatan.

Dokter akan membuat sayatan kecil pada kornea dalam prosesnya. Lama pemulihan berbeda-beda setiap orang, ada yang membutuhkan 2 minggu namun ada juga yang sampai 8 minggu. Cepat tidaknya pemulihan dipengaruhi oleh patuh tidaknya Anda terhadap pantangan setelah operasi katarak.

Makanan menjadi salah satu pemicu terbesar apakah pemulihan berjalan dengan baik. Demi proses pemulihan lancar, Anda bisa cek dulu apa saja makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi katarak berikut ini:

1.     Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Anda dilarang untuk makan makanan dengan kadar garam atau natrium yang tinggi. Kandungannya ini dapat membuat proses penyembuhan luka melambat. Garam akan membuat tubuh menyimpan air secara berlebih. Tekanan darah pun akan meningkat yang memberikan efek penyembuhan luka melambat.

Ada baiknya jika setiap kali memasak Anda membatasi penggunaan garam. Selain itu selalu perhatikan keterangan kadar natrium dalam setiap kemasan makanan yang akan Anda konsumsi.

2.     Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi katarak selanjutnya adalah yang kadar karbohidratnya tinggi. Kadar yang berlebihan bisa membuat kadar glukosa dalam tubuh meningkat. Padahal jika berlebihan dapat mempengaruhi pembuluh darah di area mata. Pemulihan pasca operasi pun akan berjalan lebih lama.

Jenis makanan berkarbohidrat tinggi yang perlu dihindari atau dibatasi antara lain nasi, kentang, gandum, singkong, jagung. Lebih baik Anda memilih makanan yang bagus setelah operasi katarak yaitu sayur-sayuran dan buah yang tinggi serat.

3.     Makanan dengan Rasa Pedas

Anda suka dengan makanan pedas? Usai operasi katarak sebaiknya berikan batasan untuk mengonsumsinya. Makanan pedas tidak hanya merusak pencernaan dengan memicu asam lambung, namun juga membuat produksi keringat berlebihan di bagian wajah.

Sangat berbahaya jika keringat di wajah yang mengandung asam mengenai mata yang baru saja selesai operasi katarak. Luka akan menjadi lebih lama pulih hanya karena Anda makan makanan pedas.

4.     Makanan Cepat Saji

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi katarak  yang satu ini biasanya paling sulit untuk dihindari. Apalagi jika Anda tidak sempat untuk memasak. Makanan cepat saji seperti kentang goreng, nugget, sosis, ayam goreng, donat dan lainnya ini memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi.

Semua jenis makanan ini juga minim akan gizi seperti mineral, vitamin yang membantu proses penyembuhan. Lebih berbahaya lagi makanan cepat saji juga bisa memicu gula darah sampai dengan kolesterol.

5.     Makanan Berlemak

Terakhir, jenis makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi katarak yang sebaiknya dihindari adalah memiliki kandungan lemak berlebih. Makanan jenis ini mampu menimbulkan rasa mual dan ingin muntah, padahal pasca operasi Anda tidak boleh sampai muntah.

Selain itu, penyakit katarak bisa meningkat risikonya karena kadar lemak jenuh yang tinggi dalam tubuh. Hal ini bisa membuat waktu penyembuhan menurun. Ada baiknya jika Anda menghindari makanan tersebut dan menunggu sampai luka operasi benar-benar sembuh.

Jenis makanan tinggi lemak ada berbagai macam seperti gorengan, keju, daging berlemak sampai dengan jeroan. Makanan tinggi lemak juga menjadi pemicu sembelit yang sangat berbahaya bagi penyembuhan.

Demi menjaga kesehatan dalam tahapan pemulihan Anda harus memperhatikan seluruh pantangan makanan ini. Selain itu ada juga pantangan untuk tidak menyetir, mengangkat beban berat sampai dengan membungkuk khususnya di hari pertama.

Anda juga harus melindungi mata agar tidak terkena debu dan menimbulkan iritasi. Keberhasilan operasi juga dipengaruhi dari segi keterampilan dokter mata dan tempat Anda menjalani operasinya.

Kini untuk menjalani operasi mata katarak Anda tidak perlu khawatir lagi karena KMN EyeCare bisa menjadi solusinya. KMN Eyecare menyediakan layanan operasi katarak yang berstandar internasional dan dilakukan setiap harinya di semua cabang.

Metode operasi Fakoemulsifikasi akan dilakukan dengan cara memecah katarak menjadi partikel kecil sehingga mudah untuk disedot keluar. Hanya dibutuhkan sayatan kecil yakni berukuran 2,2 mm yang nantinya akan cepat sembuh dengan sendirinya tanpa jahitan.

Jangan lupa juga untuk tetap perhatikan makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi katarak supaya luka cepat sembuh. Jika ingin operasi katarak, Anda bisa mencoba melakukannya di KMN EyeCare.

 

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan setelah Operasi Katarak