Belajar Investasi Aset Crypto dari Nol Bersama Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto untuk Capai Goals Keluarga

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Masa depan memanglah misteri. Namun, pasangan suami istri yang kerap berdiskusi tentang perencanaan keuangan bisa menentukan masa depan mulai dari hari ini.

Apa hubungannya tujuan rumah tangga dengan aplikasi crypto terbaik? Mungkin sebagian dari kamu bakal bertanya-tanya melihat tajuk yang aku tuliskan di atas. 

Tapi, bisa jadi saat kamu baca artikel ini sampai selesai, kamu tergerak untuk mulai memikirkan jauh ke masa depan (semoga ya, hehe)

***

FYI, 18 Desember ini tepat satu tahun usia aku dan suami menikah. Perbedaan yang sangat kentara saat masih membujang dengan kini yang udah jadi ibu rumah adalah pandangan akan masa depan.

Kalau dulu saat masih “sendiri” lebih banyak selfish, apa apa mikir untuk kesenangan sendiri dan kesenangan saat ini, tapi saat berumah tangga, angan-angan akan kebahagiaan untuk masa depan lebih ditonjolkan.

Sadar bahwa perjuangan hidup bukan hanya untuk hari ini, melainkan untuk masa depan yang masih panjang, membuatku dan suami sebagai pasangan muda harus memutar otak. 

Masa kecilku dulu sering melihat orang tua sendiri bertengkar karena masalah keuangan. Hidup sebagai keluarga yang finansialnya terbatas memang kerap dijumpai hal seperti itu. 

Sama seperti hasil studi dari University Of Wisconsin-Madison yang menyatakan bahwa konflik dapat terjadi karena pengeluaran dana berlebih yang menyebabkan permusuhan atau saling menyalahkan antar anggota keluarga. 

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Hal ini juga terjadi di keluargaku dulu. Pernah hidup susah bersama orang tua yang memang dulu tak punya persiapan finansial untuk jangka panjang membuatku banyak belajar. Bukan mengeluh kok, tapi memang kesadaran akan pentingnya membuat perencanaan keuangan apalagi untuk kami yang sudah berumah tangga dan berencana memiliki anak memang tak bisa diabaikan. 

Diskusi dengan Suami Tentang Perencanaan Keuangan Keluarga agar Bisa Menghindari Konflik

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto-3

Sebelum menikah, masing-masing dari kami punya cita-cita atau impian yang berbeda. Namun, semenjak menikah, kami samakan tujuan kita berumah tangga dan hal apa aja yang bisa kita upayakan untuk dicapai bersama.

Jujur, aku sendiri adalah pribadi yang banyak melihat jauh ke masa depan, sedikit berbeda dengan suami yang lebih banyak fokus untuk masa kini. Ternyata pemikiran yang berbeda ini jika ditelusuri disebabkan oleh background keluarga kita yang berbeda. 

Tak masalah sih, untungnya kami bisa mendiskusikan ini baik-baik dan malah sepakat untuk berkolaborasi. Suami bisa memikirkan banyak hal yang sedang dijalani atau sedang terjadi, sedangkan aku bisa mengelola strategi untuk kehidupan dan persiapan di masa depan nanti. 

Alih-alih menghindari topik keuangan agar tak mau memicu pertengkaran dan masalah lain, justru aku dan suami lebih suka terbuka kalau masalah uang. Kami sadar kami bukan pasangan “sultan” yang hidupnya bisa serba mewah dan bisa beli apa aja semaunya. 

Meski kami sama-sama bekerja dan memperoleh penghasilan tetap, tapi kami sadar kebutuhan keluarga kami juga banyak. Tujuan keuangan yang ingin kami capai juga banyak, mulai dari mempunyai rumah sendiri, menyiapkan dana darurat, memiliki asuransi untuk keluarga, menyiapkan dana pendidikan anak, membuka bisnis bersama, menyiapkan dana pensiun dan lain sebagainya. 

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Tentu saja untuk mencapai semua tujuan kami tadi tuh nggak murah, setiap bulannya kami harus menyisihkan uang untuk dimasukkan ke pos-pos tujuan keuangan tadi. Sedangkan pengeluaran juga tak sedikit dan makin bertambah setelah menikah. Karena itu, kami sepakat mencari jalan keluar bersama salah satunya dengan Aplikasi Crypto Terbaik yang kami jadikan tempat mengembangkan uang kami.

Cara Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Bersama Pasangan

Cara Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Bersama Pasangan-Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

1. Memahami Prioritas Keuangan Bulanan Keluarga

Dalam keluarga, ada banyak banget pengeluaran rutin setiap bulannya. Mulai dari bayar air, bayar tagihan listrik dan internet, biaya untuk dapur, belanja bulanan dan lain sebagainya. Belum lagi jika punya hutang seperti kami yang sedang KPR rumah. 

Banyaknya pengeluaran ini bisa membingungkan dan mengacaukan keuangan keluarga kalau kita nggak tau mana yang harus didahulukan untuk dikeluarkan setiap kali kami dapat pemasukan dari gaji.

Karena itu, kami buat daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Daftar yang kami buat ini amazingly efektif banget bikin keuangan rumah tangga kami lebih aman dan mudah diatur. 

Selain membantu mengatur keuangan rumah tangga, daftar prioritas yang kami punya ini juga kami jadikan sebagai pengingat kalau ada biaya atau kebutuhan prioritas yang harus terpenuhi lebih dulu jika kami ingin memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier lainnya nanti. Jadi ngerem banget buat berperilaku boros dan nggak terkontrol!

2. Terbuka Masalah Finansial

Entah dengan pasangan lain ya, tapi kalau kami sih sepakat untuk terbuka masalah keuangan. Sama-sama mengetahui penghasilan masing-masing dan sepakat terbuka tentang kepemilikan aset, hutang, dan sebagainya.

Bahkan dengan tegas aku melarang suami memakai kartu kredit atau paylater. Bukan karena apa, aku tahu karakter suami yang susah mengendalikan keuangannya sendiri. Dan dia pun untuknya sadar akan itu. Takut malah keblinger dan uangnya nggak terkontrol, mending cari aman aja. Kalau mau pakai kartu kredit pun, pakai kartu yang aku bawa aja, jadi intinya sama-sama tahu.

3. Sepakat tentang Tanggung Jawab Masing-masing

Awal pernikahan kami, kami banyak diskusi masalah keuangan keluarga kami nantinya. Suami memang kurang cermat mengatur uangnya sendiri, berbeda denganku yang sejak pertama kali kerja (12 tahun lalu) udah banget bikin laporan keuangan pribadi.

Untungnya, suami sadar banget akan hal ini. Nggak mau keuangan keluarga kacau, akhirnya suami (tanpa paksaan) memintaku untuk mengatur semua keuangan keluarga. Yah jadi manajer keuangan gitu deh aku di rumah 😀

Karena ditunjuk sebagai manajer keuangan, aku rajin banget bikin laporan keuangan keluarga. Setiap gajian, aku juga langsung pisahkan uang kami ke pos biaya masing-masing di aplikasi khusus. Aku juga yang bertugas membayarkan semua tagihan biar tepat waktu dan mengatur uang kami biar serba cukup.

Tugas suami? Tentu aja kerja lebih keras biar pemasukan makin bertambah dan kami bisa lebih “bernafas” setiap bulannya.

4. Hitung Seluruh Pendapatan 

Selain menghitung semua pengeluaran pokok atau prioritas, kami juga menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama satu bulan. Pendapatan ini bukan dari gaji aja sih memang, tapi juga dari bonus, pekerjaan sampinganku sebagai blogger dan suami sebagai contributor microstock.

Menghitung pemasukan ini penting banget loh. Kami jadi tahu alokasi uang yang bisa kami pakai bulan depan berapa, uang yang bisa kami sisihkan untuk menabung dan investasi berapa, juga kami bisa tahu apakah ada sisa uang yang bisa kami pakai untuk entertain, liburan dan sebagainya. 

5. Siapkan Dana Darurat

Sebelum mencapai tujuan keuangan kami seperti memiliki rumah, punya dana pendidikan anak yang cukup, bisa punya bisnis sendiri, dan lain sebagainya, tentu kami harus memikirkan dana darurat terlebih dulu.

Kenapa harus siapkan dana darurat?

Karena kami sadar banget kalau kita sebagai manusia hanya bisa berencana, sedangkan Allah yang bisa berkehendak atas semuanya.

Bisa jadi, diperjalanan kami menyiapkan semua masa depan kami, ternyata terjadi hal-hal yang tak diinginkan misalnya saja PHK atau pemutusan kerja dan lain sebagainya. Dengan memiliki dana darurat kami jadi merasa lebih aman dan nyaman untuk melanjutkan mimpi kami berdua.

6. Hindari Berhutang atau Menjaga Rasio Hutang

Kami bukan manusia yang tanpa hutang ya. Kami juga punya cicilan KPR untuk rumah kecil yang kami tempati setelah menikah.

Namun ya, itu saja. Kami hanya berhutang untuk kebutuhan pokok yang tak bisa kami penuhi dalam waktu dekat. Itupun masih dalam rasio aman karena masih di bawah 30% dari total penghasilan kami berdua. 

Selebihnya, untuk kebutuhan lain kami hindari untuk berhutang karena bisa menambah beban dan bisa mengganggu pengaturan keuangan kami setiap bulannya.

7. Cari Penghasilan Tambahan

Kami dan suami berprinsip tidak ingin mendapat penghasilan dari 1 sumber aja untuk berjaga-jaga karena kami hanya pegawai swasta yang kerja ikut orang. Selain itu, kami juga ingin lebih mempunyai dana lebih agar keuangan kami lebih leluasa. Lebih bisa banyak uang yang tersisa setelah dikurangi kebutuhan pokok dan kebutuhan prioritas sehingga kami bisa nabung dan investasi untuk mewujudkan mimpi kami lebih banyak lagi setiap bulannya.

Aku sendiri mendapat penghasilan tambahan dari menulis di blog, kerjasama dengan beberapa brand dan buka jasa digital, sedangkan suami sedang bergelut jualan foto di Shutterstock dan situs microstok lainnya.

8. Alokasikan Dana untuk Tabungan, Asuransi, dan Investasi

Selain membuat alokasi untuk dana darurat, kami juga mengalokasikan penghasilan kami berdua untuk ditempatkan di tabungan konvensional, asuransi dan juga investasi.

Kenapa penting?

  • Menempatkan uang di tabungan konvensional kami gunakan untuk kebutuhan jangka pendek atau untuk kebutuhan uang belanja dalam waktu dekat.
  • Asuransi, kami pakai sebagai proteksi agar kami lebih terasa aman dan nyaman berkegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan kami selanjutnya.
  • Investasi, kami pakai cara ini untuk mengembangkan aset atau uang kami.

Investasi Kripto sebagai Diversifikasi Portofolio Investasi Kami

Investasi Kripto sebagai Diversifikasi Portofolio Investasi Kami-Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Dari alokasi uang ke tabungan, asuransi, dan investasi, kira-kira kemana uang kami paling banyak pergi?

Yap, ke investasi. 

Kenapa aku dan suami lagi giat-giatnya investasi?

Seperti yang temen-temen mungkin tahu, investasi bisa kita gunakan untuk mengembangkan aset dan menjaga uang kita dari inflasi. Beda dengan jika uang kita simpan lama di rekening tabungan konvensional, besarnya bunga bank tak akan sepadan jika terjadi inflasi, belum lagi potongan adanya biaya bulanan.

Nah, buatku dan suami yang emang tujuan keuangan nya banyak untuk jangka menengah dan jangka panjang, lebih cocok untuk menempatkan uang ke investasi, apalagi ke jenis instrumen investasi yang bisa memberikan potensi keuntungan lebih besar dan bikin uang tabungan kami makin bertambah.

Kami investasi di instrumen apa aja?

Jujur kami nggak mau hanya puas investasi di satu instrumen aja. Namanya investasi bisa naik dan turun, dan untuk meminimalisir risiko investasi, kami melakukan diversifikasi portofolio investasi di beberapa instrumen mulai dari emas, Reksadana, Saham, hingga kini investasi di mata uang kripto.

Awalnya kami belajar investasi mulai dari instrumen Reksadana, hal ini kami lakukan karena risikonya yang terbilang kecil dibanding jenis investasi lainnya. Meski keuntungan yang didapat juga lebih minim, tapi semenjak investasi Reksadana, mental investasiku dan suami makin berkembang. Kami juga jadi terlatih dan terbiasa menyisihkan uang untuk investasi.

Dengan konsistensi kami ini, kami pun beranjak mulai investasi ke instrumen lain yaitu Saham dan setelah itu berlanjut ke investasi kripto.

“Aduh kok berani sih investasi Kripto?”, kata mereka yang terlalu termakan hoax bahwa Kripto sama dengan investasi abal-abal.

Kenapa nggak berani? Selama kita mau belajar tentang cara kerja investasi dan cara meminimalisir risikonya.

Sama seperti investasi Saham, dulu sebelum paham aku juga ngerasa ngeri dan nggak berani terjun menaruh uang ke pasar modal. Tapi setelah aku belajar dan jalani investasi saham dan melihat bagaimana return yang aku dapat, aku rasa cukup menjanjikan kok. 

Sama seperti investasi Kripto. Kita nggak akan berani masuk ke kripto dan akan menganggap kripto selamanya buruk jika kita nggak mau cari tahu dulu apa itu kripto, bagaimana cara kerja kripto, apa saja produk kripto, dan bagaimana masa depan kripto itu sendiri.

Belajar Investasi Kripto dari Nol

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Emang Kripto itu apa?

Dikutip dari keuangan.kontan.co.id, cryptocurrency atau uang kripto merupakan aset digital yang memang telah dirancang untuk digunakan atau bekerja sebagai media pertukaran menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan berbagai transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan juga memverifikasi transfer aset.

Sedangkan menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, istilah cryptocurrency ini berasal dari cryptography yang sebenarnya memiliki arti kode rahasia dan currency yang memiliki arti mata uang.

kelebihan investasi kripto - ajaib kripto aplikasi crypto terbaik

Berbeda dengan uang rupiah atau dolar yang memiliki bentuk fisik seperti uang kertas yang bisa kita pegang, tetapi uang kripto ini letaknya ada di internet. Mata uang kripto sendiri disimpan dalam jaringan blockchain. 

Ajaib Kripto, Aplikasi Crypto Terbaik untuk Bantu Capai Tujuan Keuangan Keluarga Kami

Sekarang pertanyaannya adalah apalah aplikasi crypto terbaik yang bisa membuat kami merasa aman investasi kripto di tengah banyaknya rumor negatif tentang investasi di instrumen satu ini?

Yap, AJAIB KRIPTO.

Ajaib bukan aplikasi asing buatku dan suami. Aku sendiri udah pakai aplikasi Ajaib setahun lebih untuk investasi saham dan memiliki portofolio saham blue chip di Aplikasi Ajaib.

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Merasa selama ini investasi saham di Ajaib sangat aman dan minim kendala terjadi, membuatku dan suami nggak mikir panjang untuk memulai belajar investasi kripto dari nol di aplikasi Ajaib Kripto dibanding dengan aplikasi lainnya.

Kenapa Memilih Investasi di Ajaib Kripto?

Alasan Memilih Investasi Kripto di Ajaib Kripto

Bukan tanpa alasan aku dan suami memilih memulai perjalanan investasi kripto di Ajaib Kripto untuk memaksimalkan potensi keuangan kami. Berikut di antaranya:

1. Aset kripto yang aman dan terjamin

Ajaib Kripto jadi aplikasi crypto terbaik yang aman untuk melindungi aset kripto kita karena adanya asuransi kelas dunia dari Fireblocks dan juga CoinCover. Selain itu, Ajaib Kripto juga telah berizin dan diawasi oleh Bappebti loh.

PT Kagum Teknologi Indonesia

2. Aplikasi yang Nyaman dan Mudah Digunakan

Serius deh nggak bohong, sejak hari pertama download Ajaib Kripto, aku ngerasa aplikasi crypto terbaik ini gampang banget dipakai. Mulai dari saat registrasi, verifikasi, hingga saat pembelian produk kripto. Meski masih pemula dalam hal investasi kripto sepertiku dan suami, kita nggak akan dibuat bingung dengan alur investasi yang ada. Kita jadi bisa investasi kapan aja dimana aja semau kita loh!

3. Bisa Investasi dari Nominal Kecil 

Jangan khawatir, buat kamu yang ngira investasi kripto harus modal jutaan rupiah, kalian SALAH!

Mulai dari nominal kecil misal puluhan ribu aja kamu bisa mulai belajar investasi Kripto di aplikasi crypto terbaik Ajaib Kripto ini loh. Aku aja untuk memulai investasi kripto pertama kali di Ajaib Kripto cuma pakai uang Rp20.000 loh, haha. Awalnya mau tahu dulu cara kerja aplikasinya gitu, dan untuk lihat-lihat produknya juga.

4. Banyak Pilihan Aset Kripto yang Bisa Dipilih

Banyak Pilihan Aset Kripto di Ajaib Kripto

Ada banyak aset kripto trending yang bisa kita pilih di Ajaib Kripto sebagai aplikasi crypto terbaik ini, mulai dari MANA, YGG, CRO, SPELL, BTC, ETH, ETC dan masih banyak yang lainnya.

Di aplikasi Ajaib Kripto kita juga disajikan klasifikasi aset kripto yang dipisahkan dari Top Gainers, Top Looser dan juga Top Volume.

5. Cara Pembelian yang Mudah

Mudahnya Beli Kripto di Ajaib Kripto-aplikasi crypto terbaik

Untuk beli kripto di Ajaib Kripto gampang banget loh.

  • Buka aplikasi Ajaib Kripto
  • Deposit dana kripto 
  • Pilih aset kripto yang ingin dibeli
  • Klik “beli”
  • Masukan nominal yang ingin dibeli
  • Klik “beli” di pojok kanan bawah
  • Pembelian berhasil, cek portofolio kita.

6. Banyak Pilihan Deposit Dana

Cara Deposit Dana untuk Beli Kripto di Ajaib Kripto- aplikasi crypto terbaik

Gimana cara bayar kalau mau beli Kripto?

Gampang!

Aplikasi crypto terbaik ini menawarkan banyak pilihan bagi kita untuk deposit dana. Ada cara instan dan juga cara normal.

Untuk cara instan akan bisa digunakan oleh kita yang udah memiliki RDN (Rekening Dana Nasabah) di Ajaib untuk saham.

Sedangkan untuk kamu yang belum punya RDN di Ajaib saham, kamu bisa pilih metode lainnya yaitu dengan transfer via virtual account (Bank Permata, Bank Mandiri, Bank BRI), transfer antar bank (Bank BCA, Bank Neo Commerce, SeaBank dan lainnya) juga transfer via e-wallet Dana, Ovo dan juga Gopay. 

Gampang kan?

Cara Memulai Investasi Kripto di Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Untuk memulai investasi Kripto di Ajaib Kripto juga nggak susah loh. Kalau belum pernah punya akun di Aplikasi Ajaib untuk saham, kamu bisa Download Aplikasi Ajaib Kripto di play store atau app store lalu registrasi dan ikuti step-step yang ada hingga verifikasi.

Namun jika kamu udah pernah investasi saham sebelumnya dan punya akun di aplikasi Ajaib untuk Saham, kamu akan lebih dipermudah karena proses verifikasi lebih cepat dan dalam hitungan singkat akun Ajaib Kripto kita udah siap. 

DOWNLOAD AJAIB KRIPTO DI PLAY STORE

DOWNLOAD AJAIB KRIPTO DI APP STORE

Aplikasi Crypto Terbaik, Ajaib Kripto

Itu dia sekilas perjalanan ku dan suami berjuang untuk membuat masa depan keluarga kami lebih cerah dengan mengatur keuangan keluarga dan menempatkan dana kami di investasi kripto bersama Aplikasi Crypto Terbaik dari Ajaib Kripto. 

Aku dan suami memang masih baru mengenal investasi kripto ini, tapi sama seperti investasi lain yang sedang kami dalami, kami pun berencana akan konsisten menyisihkan uang kami di mata uang Kripto. 

Semoga kami terus konsisten, uang kami bisa berkembang dan tujuan-tujuan keuangan keluarga kecil kami bisa lebih cepat tercapai dengan investasi kripto di aplikasi crypto terbaik ini. 

Untuk informasi dan edukasi lebih lengkap seputar investasi kripto, kamu juga bisa ikuti semua sosial media AJAIB yaitu:

Semangat investasi ya temen-temen semua!!

 

Referensi:

  • Pengalaman pribadi
  • Infografis dibuat sendiri menggunakan aplikasi Canva
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/apa-itu-uang-kripto-begini-cara-kerja-dan-jenisnya
  • https://kripto.ajaib.co.id/blog/
  • https://kripto.ajaib.co.id/
  • aplikasi Ajaib Kripto
  • https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220720154718-37-357147/ternyata-ini-alasan-kripto-jadi-investasi-favorit
  • https://www.daftarcpns.com/alasan-investasi-cryptocurrency/
0 Shares:
23 comments
  1. wah baru tahu nih kalau ajaib skrg ada ajaib kripto, ternyata aplikasi yang terpisah sama yg biasanya buat saham itu ya mbak rin. nice info ini, pasti terpercaya kalau ajaib mah

  2. kurang percaya sama aplikasi investasi kripto yang lain yang biasanya muncul iklannya di sosmed, kayak takut ternyata nggak aman gitu.

    pas denger skrg bisa invest kripto di ajaib mah, langsung gasss bikin akun, mana gampang registnya kalau udah pernah invest di ajaib yang saham itu ya mbak

  3. wah salut mba rini sama suami udah jauh mikirin buat masa depan, mulai invest sedari muda
    aku perlu diskusi sama suami juga nih biar mau investasi dianya,,

  4. aku juga baru baru ini aja nih ekspansi investasi ke kripto, nampaknya cukup menjanjikan tapi belum berani lgsg investasi banyak sih aku, masih perlu banyak belajar dulu nih, kalau dah mateng biar bisa lebih nyemplung,

    semangat investasinya mba rini dan suami 🙂

  5. wah keren mba rini dan mas eriec bisa kompakan sepakat mau investasi bareng-bareng. gitu siapa yang duluan ngide mbak?
    aku sama suami masih maju mundur nih buat investasi, huhu 🙁

  6. Wah serius mba rini bisa mulai dari puluhan ribu?

    Kirain selama ini kripto itu investasi mahal yang kudu modal jutaan gitu loh

    Menarik banget ajaib ini, udah saham dan reksa, skrg ada buat kripto juga

  7. masyaalloh mba rini sama suami udah panjang bgt bikin rencana keuangannya, banyak tujuan

    semoga bisa terealisasi mbak

    emang harus mulai dri skrg buat investasi, jangan nabung di rekening biasa aja, godaan ngabisinnya gedeeee

    kripto bisa dicoba ya mbak rini

  8. setuju banget mbak klo masalah keuangan itu rawan banget buat pasangan

    bisa potensi bikin pertengkaran klo ga didiskusikan dari awal

    sebelum nikah harusnya udah diobrolin

    dan pas nikah, tujuan keuangannya disepakati bareng2 dlu kayak mba rini sama suami

    mantap sih klo suami istri kompakan dan sepakat buat invest kripto, semoga makin cuan ya mbak riniii

  9. aman kah mbak rini pakai ajaib kripto?

    aku agak was was nih buat investasi gara2 kmren rame yang affiliator2 nakal itu loh,

    kripto nggak begitu kan mbak rin?

  10. udah berapa lama mbak rini invest di kripto?

    aku masih tahap belajar ini belum sampai deposit beli. udah download ajaib kripto juga..

    1. saya belum paham crypto ini mbak, penasaran juga SIH, coba belajar ah, terima kasih informasinya mbak

  11. Ini pasti keluarga masa kini yang punya rencana investasi kekinian. Enggak banyak keluarga, khususnya keluarga baru memercayakan aset mereka dialokasikan untuk berinvestasi di instrumen kripto. Namun, ini bukannya tidak bagus sebab OJK sendiri sekarang sudah mengajukan RUU yang intinya memasukkan kripto sebagai salah satu instrumen investasi yang potensial dan diakui resmi.

  12. Happy Anniversary yaah…Semoga langgeng, kompak, sakinah, mawaddah, wa rahmah.
    aku termasuk terlambat loh investasi, dulu pahamnya nabung di deposito doang. Jadi lama kekumpulnya… Mana suami pernah di phk pula. Bener tuh harus punya dana darurat.
    mau belajar ah investasi di ajaib kripto…

  13. Wah enak nih bisa Sama-sama tertarik untuk investasi. Apalagi sekarang sudah lebih mudah untuk investasi kripto lewat aplikasi Ajaib. Dengan begini, perencanaan keuangan bisa berjalan dengan sesuai ekspektasi bersama.

  14. wah ini, investasi awal bisa cukup kecil juga, cuma Rp20.000 udah bisa belajar investasi KRYPTO. Coba ah, udah lama pengen nyobain INVESTASI KRYPTO, tapi terkendala modal awal wkwk.. makasih infonya mba Rin

  15. Kripto masih sangat menjanjikan, bahkan di masa depan. Investasi yang aman juga. Sebenarnya ssih memang (kayaknya) mudah dipelajari. Tapi yang kayak gini kalau saya pasrahkan seluruhnya ke suami dan anak mbarep, deh, yang intuisi dan sensingnya ke uang. Hihihi
    Kebetulan mereka memang sudah mencobanya

  16. Perencanaan keuangan dalam keluarga memang sangat perlu, agar bisa hidup damai dan mengalami merdeka finansial. Setuju sekali, nih mba tentang konsep keuangan harus ada bagian untuk ditabung, investasi dan asuransi. Pas sekali jika kita bisa. Berinvest ke sesuatu yg menguntungkan. Perlu belajar tentang Ajaib crypto juga nih.

  17. Aku pikir investasi memang penting sih. Aku sudah mulai dari reksadana. Terus sekarang lagi belajar saham. Kalau crypto sih belum. Tapi minat sih mulai ada.

  18. setuju banget dengan mba Rini, rumah tangga tuh emang harus terbuka banget soal keuangan. terbuka gak hanya soal merencanakan masa depan finansial, juga terbuka soal penghasilan. hal – hal kayak gini terlihat sepele tapi kalo gak terbuka beneran jadi masalah loh terus masalah lain jadi ikut terdampak. suami yang gak jujur soal penghasilan akan membuat istri berfikirna negatif juga sebaliknya. bicara soal finansial, emang harus banget sih investasi, apapun jenisnya termasuk crypto. aku sih sama suami alhamdulillah open minded ya dengan berbagai pilihan investasi, termasuk sola resiko yang akan diterima di setiap pilihan investasi

  19. Mbak, baca cara mbak Rini dan suami membicarakan dan mengatur keuangan, saya kok kerasa ketampol berkali-kali. Saya sudah lama menikah, tapi jujur membaca tulisan ini saya jadi meninjau kembali bagaimana keluarga saya mengelola keuangan.

    Nama aplikasinya AJAIB, bisa kasih keajaiban pagi yang mau investasi kripto di situ kali ya. Jadi tertarik nih saya buat mengulik lebih jauh tentang aplikasi crypto Ajaib ini

  20. kELUARGA MUDA MASA KINI BANGET YA KALIAN
    kEREN IH PERECANAAN KEUANGANNYA, RAPI DAN DETAIL
    BAHKAN UDAH INVESTASI MACAM-MACAM JUGA
    kAMI SEBENARNYA JUGA PENGEN SIH, TAPI MASIH BELUM BERANI , BACA INI KOK JADI KAYAK DAPAT LECUTAN SEMANGAT YA. kELUARGA BARU AJA UDAH BERANI INVESTASI, ANGKATAN KOLONIAL KAYAK KAMI KOK GAK BERANI
    aKU DOWNLOAD DULU AH APLIKASINYA. bELAJAR PELAN-PELAN
    kALAU BINGUNG NANTI KU TANYA-TANYA YAAAA

  21. Insightfull banget baca artikel ginian, apalagi untuk yang baru berumah tangga. Banyak banget pertimbangan terutama soal keuangan.

  22. Selalu suka dengan pembahasan finance-nya kak rini, goals banget sih. Aku juga pake ajaib, tapi emang jujur klau soal kripto jadi investasi masih maju-mundur padahal kalau kita udah tahu profit dan risk-nya, oke banget lho ya buat portofolio. Makasih insightnya kak rin, tinggal cari suami dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like