5 Tips Investasi Reksadana Saham yang Perlu Diketahui

Tips Investasi Reksadana Saham

Tips Investasi Reksadana Saham yang Perlu Diketahui – Kalangan milenial sebaiknya melek akan pentingnya investasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa dilakukan salah satunya adalah Reksadana saham. Akan tetapi sebelum memutuskan melakukan investasi saham, kamu sebaiknya mengetahui tentang tips investasi reksadana saham.

Tips Investasi Reksadana Saham yang Mudah

Tips Investasi Reksadana Saham

Banyak orang yang merasa khawatir melakukan investasi karena takut mengalami kerugian. Pasar saham memang dikenal memiliki kondisi yang tidak stabil atau fluktuatif. Kamu yang belum pernah mempelajari tentang reksadana tidak perlu merasa terlalu khawatir karena sebenarnya investasi saham sangatlah menguntungkan. Berikut ini beberapa  tips investasi reksadana saham yang bisa dilakukan agar investasi tetap tenang dan memberi keuntungan besar:

1. Kenali Resikonya

Tips investasi reksadana saham pertama yang wajib dilakukan oleh setiap investor adalah mengenali resiko investasi reksadana saham. Perlu diingat bahwa investasi reksadana yang resikonya paling besar adalah reksadana saham. Jika kamu terlalu takut dengan resiko yang besar, maka sebaiknya pindah ke instrumen lain yang memiliki resiko lebih rendah.

Reksadana saham yang memiliki risiko paling besar dibandingkan instrumen lainnya. Akan tetapi apabila kamu mendapatkan keuntungan dari investasi Reksadana ini, keuntungan yang didapatkan juga sebanding dengan resiko yang dimiliki.

2. Menentukan Tujuan

Ketika memutuskan untuk melakukan investasi, kamu harus benar-benar memahami target dan tujuan investasi tersebut. Jika kamu tidak memiliki target, nantinya justru investasi berakhir pada hal-hal yang membuat kamu merasa kecewa seperti mengalami kerugian.

Jika kamu memilih Reksadana saham, maka pastikan benar-benar mengetahui potensi keuntungan serta selalu melihat pada kondisi pasar. Misalnya saja setelah kamu melihat pasar saham ternyata Indeks Harga Saham Gabungan naik hingga 50%, setelah melakukan investasi maka kamu bisa mencairkan dana tersebut. Jika harga saham naik, secara otomatis kamu akan mendapatkan keuntungan. Akan tetapi saat harga sedang turun, lebih baik jika kamu menunggu hingga harga mulai stabil kembali.

3. Lakukan Investasi Jangka Panjang

Investasi saham sebaiknya memiliki tujuan dengan jangka panjang. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan dari investasi semakin besar. Paling tidak, kamu memilih investasi untuk 5 tahun agar tidak mengalami kerugian. Misalnya saja, harga saham sedang turun, kemungkinan kamu untuk mendapatkan modal utuh kembali akan tetap besar.

Kondisi ekonomi negara sangat berpengaruh terhadap pasar saham. Sehingga memang sangat cocok bagi para investor untuk melakukan investasi saham jangka panjang.

4. Investasi Rutin

Bagi kamu yang masih memiliki modal kecil, maka bisa melakukan investasi rutin atau menggunakan strategi DCA. Strategi ini yaitu merupakan Strategi Dollar Cost Averaging yang artinya kamu melakukan investasi bertahap.

Menurut para ahli, investasi model seperti ini sangat menarik. Kamu bisa membeli saham ketika harga sedang turun dan kemudian menjualnya saat kamu sedang naik. investor sangat dibutuhkan dalam hal ini.

5. Hindari Cek Portofolio Terlalu Sering

Jika kamu memutuskan untuk melakukan investasi jangka panjang, sebaiknya jangan terlalu sering-sering melihat portofolio karena ini bisa membuat kamu merasa khawatir. Harga saham sangatlah tidak menentu sehingga jika terlalu sering mengecek portofolio maka pikiran semakin tidak tenang.

Sekarang kamu tidak perlu merasa takut untuk melakukan investasi reksadana saham.  Tips di atas bisa membantu kamu yang masih belum terlalu berpengalaman dalam hal investasi. Investasi reksadana memang memiliki banyak pilihan, namun investasi saham adalah yang paling menguntungkan akan tetapi juga memiliki resiko yang besar.

Melakukan investasi di reksadana saham lebih menguntungkan dibandingkan kamu hanya menyimpan uang di bank. Uang tabungan bisa saja menyusut akibat inflasi serta bunga yang rendah. Namun jika kamu menginvestasikan uang ke Reksadana saham, uang kamu akan bertambah dan semakin banyak keuntungan.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kemudahan serta keuntungan melakukan investasi reksadana, kamu bisa langsung membaca referensi tentang  tips investasi reksadana saham dan keuntungan investasi ini. semoga informasi ini semakin meyakinkan ada untuk melakukan investasi mulai dari sekarang.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.