Mengenal Crowdfunding dan Dire Untuk Investasi Properti

Crowdfunding dan Dire

Crowdfunding dan dire adalah metode dan wadah yang bisa Anda gunakan untuk bisa melakukan investasi. Kalau Anda masih enggan untuk terjun pada bidang properti karena kendala biaya, ada solusi untuk bisa mengatasinya.

Apa Itu Crowdfunding?

Crowdfunding adalah metode yang dipakai untuk mendapatkan dana atau modal secara kolektif.  Anda bisa berbagi ide dengan investor dan memperoleh dana yang diperlukan untuk memulai investasi, salah satunya adalah dalam bidang properti.

Platform untuk melakukan crowdfunding adalah situs, media sosial, dan platform digital lainnya. Ada beberapa jenis-jenis crowdfunding yang bisa Anda gunakan sesuai tujuannya.

1. Dana Ekuitas

Menawarkan keuntungan untuk investasi produk saham yang laba dibagi rata antara penggagas program dan investor.

2. Hadiah Crowdfunding

Pengajuan crowdfunding dengan penawaran berupa hadiah dari keberhasilan proyek.

3. Dana Utang

Crowdfunding ini menerapkan sistem peer to peer lending atau sistem Hutang. Jadi, dana yang diberikan dinilai sebagai pinjaman yang akan dikembalikan beserta bunganya.

4. Donasi Crowdfunding

Sistem crowdfunding ini dipakai untuk kegiatan sosial yang berarti dana diberikan tanpa ada ketentuan untuk balasan.

5. Properti Crowdfunding

Crowdfunding properti adalah tren investasi baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan memberikan kesempatan investasi lebih terjangkau karena dana investasi yang dibutuhkan relatif sedikit.

Mekanisme property crowdfunding mirip dengan investasi reksadana, DIRE, dan EBA di pasar modal karena sama-sama menerapkan Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

Cara Melakukan Crowdfunding

1.Membuat Proposal : Proposal bisnis dibuat secara informatif dan atraktif.

  1. Mendaftarkan Proposal ke Platform Crowdfunding : Gunakan platform terpercaya untuk mendaftarkan proposal agar proses transaksi dana aman.
  2. Proposal Memantau Perkembangan : Padukan proses pendanaan.
  3. Terima Dana Investor : Investor dapat mengalokasikan dana sesuai dengan bentuk investasi yang diinginkan.
  4. Pelaporan : Semua pemakaian dana, pengembalian modal, serta imbal hasil atau dividen. Semua dilakukan sesuai dengan proposal yang diajukan. Selain itu pengembalian modal dilakukan berdasarkan akad yang telah disepakati.

Melakukan Crowdfunding dan Dire Untuk Investasi Dengan Modal Minim

Crowdfunding dan Dire

Anda bisa mengajukan proposal dengan pendanaan secara crowdfunding. Wadah yang dipakai, khususnya untuk bidang properti bisa memakai DIRE atau dana investasi real estate. Dengan demikian, investor terbantu untuk memiliki properti dengan memakai wadah dan sistem ini.

Apa Itu DIRE?

Dana Investasi Real Estate (DIRE) adalah wadah yang dipakai untuk mengumpulkan dana untuk diinvestasikan untuk real estate. Cara kerja DIRE termasuk sederhana, dana dikumpulkan kemudian ditempatkan pada investasi properti,seperti rumah, ruko, gedung hingga apartemen.

Crowdfunding dan DIRE bisa digabungkan khususnya untuk investasi real estate. Crowdfunding adalah cara untuk mengumpulkan dana dan DIRE adalah  medianya. Investor bisa memiliki properti atau sebagian dalam bentuk surat berharga.

Cara Investasi Dengan Dire

Anda yang ingin berinvestasi dengan DIRE, caranya sangat mudah. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

1. Buka Rekening

Untuk bisa melakukan investasi properti, Anda harus bergabung dengan perusahaan sekuritas.

2. Pembelian

Setelah bergabung dengan sekuritas, Anda bisa membeli produk yang ditawarkan oleh DIRE. Investor bisa memiliki properti atau sebagian aset real estate sesuai dengan program yang diambil.

3. Bagi Hasil

Investor dapat profit berlipat ganda dengan pembagian dividen dari proyek yang disertai. Dire adalah tempat untuk mengumpulkan investor untuk memperoleh sebuah properti.

Keuntungan investasi dengan DIRE:

  • Tidak perlu mengelola aset properti secara langsung.
  • Diversifikasi investasi, sehingga mengurangi resiko kerugian
  • Membantu investor lain untuk berinvestasi
  • Dapat investasi properti dengan biaya minim
  • Memiliki properti dan mendapat penghasilan basis dividen.

Di indonesia, belum banyak perusahaan yang menyediakan layanan DIRE. DIRE berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang diatur oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).  Saat ini ada 3 produk investasi DIRE terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yakni:

  1. XCID PT Ciptadana Asset Management melalui Solo Grand Mall
  2. XCIS PT Ciptadana Asset Management melalui Hotel Padjadjaran Suites
  3. XSPI PT Sinarmas Asset Management melalui aset Plaza Indonesia

Crowdfunding adalah metode untuk mengumpulkan dana investasi, salah satunya adalah bidang properti. Sedangkan tempat melakukannya adalah DIRE. Semua orang bisa memulai investasi properti dengan memanfaatkan Crowdfunding dan DIRE. Anda hanya perlu bergabung dengan DIRE yang tepat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like