Ini Dia 6 Rahasia Sukses Bisnis Franchise Kedai Kopi

Ini Dia 6 Rahasia Sukses Bisnis Franchise Kedai Kopi

Bagi pelaku usaha, memiliki rekening terpisah menjadi hal wajib. Ini sangat penting dilakukan agar pengelolaan dana tidak tercampur antara dana pribadi dengan dana usaha. Apalagi saat ini zaman sudah dimudahkan dengan kemajuan teknologi. Buka rekening online bisa melalui ponsel tanpa harus datang ke bank. Seluruh layanan perbankan sudah ada dalam genggaman.

Franchise kedai kopi merupakan bisnis yang sedang tren saat ini. Para pelaku usaha berlomba-lomba memanfaatkan momen untuk meraih keuntungan dari permintaan pasar yang sangat besar. Kedai-kedai kopi semakin menjamur, mencakup semua level kelas sosial, berikut variasi harganya.

Daftar Harga Usaha Franchise Kedai Kopi

Di bawah ini merupakan beberapa contoh harga franchise kedai kopi yang bisa Anda jadikan acuan sebelum memulai terjun ke bisnis franchise.

  • Cetroo Coffee

Menargetkan pasar dengan range usia remaja hingga 30 tahunan, kedai ini menyediakan menu kopi susu, kopi boba, dan kopi brown sugar. Anda bisa mendapatkan franchise-nya dengan menyiapkan modal sebesar Rp. 60 juta.

  • Kopi Kulo

Kedai ini menawarkan 3 jenis franchise, yaitu konsep restoran, kafe, dan kios. Modal minimal yang dibutuhkan untuk mendapatkan franchise Kopi Kulo minimal Rp. 140 juta.

  • Kopi Yor

Kedai ini terbilang unik karena menawarkan menu kopi kelapa kopyor. Anda bisa mendapatkan franchise-nya dengan modal Rp. 90 juta.

  • Haus!

Kedai ini sudah cukup terkenal dan tersebar di banyak tempat. Menunya beragam mulai dari kopi kekinian, thai tea, cheese tea, dan minuman prebiotik dengan berbagai rasa. Harga jual per menu Rp. 5.000 – Rp. 15.000 dengan modal franchise minimal Rp. 120 juta.

  • Coffee Toffee

Mengusung konsep kedai kopi modern, Coffee Toffee menawarkan kopi Indonesia yang disajikan bersama makanan dan toast. Modal minimal yang perlu Anda siapkan adalah Rp. 150 juta.

Tips Sukses Bisnis Franchise Kedai Kopi

Ini Dia 6 Rahasia Sukses Bisnis Franchise Kedai Kopi

Bisa dibilang bisnis franchise kedai kopi merupakan bisnis kekinian. Meski begitu, kedai kopi bukanlah bisnis yang akan cepat habis dan tergantikan dengan tren yang baru. Hal itu karena kopi merupakan minuman sepanjang masa. Jadi zaman kakek-nenek pun sudah menjadi penikmat kopi dan Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis franchise kedai kopi, simak tips sukses bisnis franchise kedai kopi berikut ini!

  • Lakukan riset pasar

Melakukan bisnis apapun itu, tidak terkecuali franchise kedai kopi, harus melakukan riset pasar terlebih dulu. Anda haru memutuskan, pasar mana yang akan dijadikan target bisnis Anda. Apa kesukaan pasar, bagaimana perilaku pasar terhadap produk yang akan Anda tawarkan, bagaimana minat mereka terhadap kedai kopi, hingga ke selera dan harga yang sesuai dengan pasar Anda. Perlu diingat, tidak ada harga produk yang terlalu mahal atau terlalu murah, kecuali Anda telah benar-benar memahami target pasar dan karakteristiknya.

  • Tentukan konsep bisnis

Setelah melakukan riset, Anda kini dapat menentukan konsep bisnis yang Anda inginkan. Franchise kedai pinggir jalan tentu berbeda konsep dengan kedai yang ada di dalam mall atau gedung perkantoran. Konsep dengan menggunakan ruang sewa usaha beserta interior kekinian atau cukup kios dengan desain booth yang eye catching. Sesuaikan dengan target pasar yang telah Anda putuskan ketika melakukan riset.

  • Memilih lokasi strategis

Lokasi menjadi poin penting dalam bisnis, termasuk franchise kedai kopi. Dengan usaha yang sama atau lebih tepatnya Anda membeli satu franchise untuk ditempatkan di dua atau lebih lokasi yang berbeda, pasti akan memberi penghasilan yang berbeda pula. Bahkan ada rahasia umum pelaku bisnis yang mengatakan; berbeda jarak satu meter juga akan mendatangkan penghasilan yang berbeda pula. Untuk itu, pertimbangkan lokasi dengan matang dan saksama.

  • Lakukan strategi dan promosi yang tepat

Setiap target pasar memiliki karakter yang berbeda. Dari sini Anda sudah bisa mengatur strategi menjalankan bisnis franchise kedai kopi yang Anda inginkan sekaligus memilih cara-cara promosi yang sesuai dan tepat sasaran.

Manfaatkan media sosial sebagai salah satu jalan promosi bisnis secara konsisten dan berkelanjutan. Anda juga bisa menggunakan website, iklan cetak, hingga menyewa jasa spesialis SEO guna memperkuat strategi dan promosi bisnis.

  • Inovasi

Jangan pernah merasa puas untuk bisnis yang masih dapat Anda kembangkan. Meskipun sistem franchise sudah memiliki aturan dan tata cara sesuai standar operasional yang ditetapkan perusahaan pemilik brand, namun biasanya pemegang franchise juga punya kewenangan masing-masing. Lakukan inovasi tanpa harus melanggar aturan dan SOP, misalnya saja sistem administrasi dan laporan transaksi, pilihan metode pembayaran berupa tunai atau pembayaran via online, dan sebagainya. Inovasi yang Anda lakukan tentu akan menjadi nilai tambah customer memilih kedai kopi Anda daripada yang lain.

  • Memiliki rekening khusus bisnis franchise

Persiapan yang tak kalah penting agar bisnis franchise kedai kopi berjalan lancar dan sukses adalah memiliki rekening keuangan terpisah. Supaya praktis dan tanpa membuang waktu, Anda dapat memilih layanan perbankan digital. Carilah cara buka rekening online yang bisa diakses setiap saat melalui ponsel. Selain memudahkan pencatatan keuangan, memiliki rekening online juga menghemat waktu dan Anda bisa lebih fokus menjalankan bisnis.

Digibank by DBS Mitra Sukses Bisnis Franchise Kedai Kopi

Kecepatan bisnis franchise kedai kopi harus diimbangi dengan kecepatan layanan perbankan. Anda membutuhkan bank digital untuk memudahkan operasional bisnis sehari-hari. Dengan buka rekening online, transaksi dengan perusahaan pemilik franchise, transaksi dengan customer, transaksi dengan vendor lain menjadi cepat selesai.

Pelajari cara buka rekening online yang benar dan tepat. Aplikasi digibank by DBS hadir memberi peluang kesuksesan bisnis dengan menggunakan layanan perbankan digital.  Anda mendapatkan berbagai keuntungan dengan tiga keunggulan utama hanya dengan cara buka rekening online seperti berikut ini:

  • Kemudahan bertransaksi

Dengan buka rekening online, Anda dapat melakukan pembayaran berbagai kebutuhan dengan free alias gratis biaya admin. Fitur top up dan layanan kartu debit juga bebas biaya.  Transaksi perbankan dengan mudah, praktis, efisien, aman, dan nyaman melalui satu aplikasi saja.

  • Pilihan Investasi dan Asuransi

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit. Buka rekening online dan dapatkan suntikan dana dari hasil investasi. Aplikasi digibank by DBS menyediakan fitur investasi yang memudahkan investor pemula yang belum berpengalaman. Instrumen investasi dan pilihan produk yang ditawarkan juga sangat beragam. Modal awal investasi mulai dari Rp100 ribu. Keuntungan yang didapat dari hasil bisnis franchise bisa diinvestasikan lagi, sehingga Anda mendapat keuntungan berlipat dan pendapatan tambahan, melalui Aplikasi digibank by DBS.

Selain Investasi, digibank juga bekerjasama dengan Manulife Indonesia terkait Asuransi Jiwa MiFirst Life Protector atau MiFLIP. Keuntungannya apabila Anda menggunakan produk ini adalah uang pertanggungan hingga Rp1 M, instan tanpa medical check up, bebas tentukan premi, dan jaminan premi 100% kembali.

  • Layanan KTA dan Kartu Kredit

Jika suatu saat Anda membutuhkan dana yang lebih besar untuk perkembangan bisnis, Anda dapat mengajukan KTA  dan kartu kredit melalui digibank by DBS. Proses pengajuannya cepat, begitu pula approval hanya butuh waktu 60 detik saja selama waktu 24 jam. Disediakan pula fasilitas cashline yang dapat dicairkan berkali-kali, yang dapat dimanfaatkan segera setelah buka rekening online.

Bisnis franchise kedai kopi yang sedang menjamur bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat untuk meraup keuntungan. Buka rekening online digibank by DBS dan nikmati fasilitas dan pelayanannya. Klik di sini untuk penjelasan lebih lanjut!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like