13 Usaha di Daerah Sepi yang Bisa Kamu Coba

usaha di daerah sepi

Usaha di Daerah Sepi yang Dengan Keuntungan Besar – Sebagian orang terlalu fokus mencari peluang usaha atau bisnis di daerah yang ramai karena menurutnya akan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, di daerah ramai justru persaingan pun semakin ketat. Padahal, banyak peluang usaha di daerah sepi yang untungnya tak kalah besar.

Banyak peluang usaha dari kebutuhan konsumen yang sulit terpenuhi di daerah sepi karena tidak ada penjualnya. Selain itu, hadirnya teknologi yang semakin canggih, meskipun usaha di daerah sepi, kamu bisa memasarkannya ke mana saja melalui situs online. Dengan begitu, lokasi yang sepi bukan lagi halangan untuk membuka usaha.

Jenis Usaha di Daerah Sepi yang Patut Dicoba

Jika kamu tinggal di daerah pedesaan atau daerah yang sepi dan sulit untuk membuka usaha di perkotaan, tidak usah risau. Beberapa jenis usaha ini bisa kamu lakukan di daerah sepi dan tetap menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram menjadi makanan yang banyak disukai orang dan memiliki banyak nutrisi. Banyaknya peminat jamur tiram menjadi peluang usaha untuk membudidayakannya. Budidaya ini tidak harus dilakukan di perkotaan, kamu bisa budidaya jamur tiram di daerah sepi.

Terlebih lagi jika ingin membudidayakannya dengan skala yang cukup besar, usaha di kampung yang sepi lebih cocok karena biasanya ketersediaan lahan lebih banyak. Meskipun di daerah sepi, pemasarannya bisa dijual ke pasar, restoran, warteg, atau pun dijual online melalui markeplace.

2. Bertani Tanaman Organik

usaha di daerah sepi

Tanaman organik saat ini semakin banyak diminati oleh orang-orang karena dinilai lebih sehat. Hal ini tentunya karena tanaman organik tidak memakai pupuk zat kimia seperti pestisida pada saat proses pertumbuhannya. Bertani tanaman organik cocok untuk jenis usaha di daerah pegunungan.

Sama halnya dengan jamur tiram, untuk pemasaran tanaman organik bisa menargetkan pasar tradisional, rumah makan, penduduk setempat, atau memasarkannya di berbagai sosial media dan marketplace.

3. Budidaya Ikan Lele

Salah satu usaha yang digandrungi banyak orang yaitu budidaya ikan lele. Hal ini tentunya karena banyaknya peminat ikan lele.

Kamu yang ingin membudidayakan ikan lele sangat cocok melakukannya di daerah sepia tau pedesaan. Budidaya ikan lele memerlukan lahan yang luas.

Butuh sekitar 1 meter untuk ukuran satu kolam lele. Dan tidak cukup hanya membuat satu kolam saja karena semakin besar ukuran lele maka harus dipindahkan ke kolam yang berukuran lebih besar agar ikan lele tumbuh dengan baik. Kamu bisa menjual hasil panen ke warung makan, pasar, atau dijual online.

4. Ternak Ayam

Usaha di daerah sepi lainnya yang bisa dilakukan yaitu menjadi peternak ayam. Baik itu ayam kampung atau ayam petelur. Untuk beternak ayam membutuhkan lahan yang luas, sehingga daerah pedesaan merupakan tempat yang cocok untuk usaha satu ini. Lahan untuk beternak juga harus jauh dari pemukiman.

Beternak ayam memiliki keuntungan yang besar karena pasarnya tidak pernah mati jika kamu sudah menemukan target untuk menjual hasil panen yang tepat. Kamu dapat membuat kerja sama dengan restoran, rumah makan, pedagang ayam di pasar untuk menjadikan kamu sebagai supplier mereka.

5. Membuka Toko Sembako

usaha di daerah sepi

Toko sembako sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Di daerah sepi biasanya jauh dari pusat perbelanjaan, sehingga toko sembako menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Toko sembako akan memiliki pelanggan setiap harinya, apalagi jika toko sembako kamu besar dan cukup jauh dari pesaing.

Toko sembako juga termasuk usaha yang tidak pernah sepi. Jika di wilayah kamu sudah banyak warung tetapi belum ada grosir, kamu bisa mencoba untuk membuka sebuah grosir.

6. Pertamini

Kini, hampir setiap rumah memiliki kendaraan bermotor. Meskipun bukan daerah ramai seperti perkotaan, selama banyak penduduk yang memiliki kendaraan, pertamini menjadi peluang yang bagus sebagai usaha.

Apalagi di tempat sepi jauh dari pom bensin, sehingga pertamini akan dibutuhkan banyak orang yang membuat Pertamini termasuk usaha yang jarang rugi.

7. Salon atau Barbershop

Jika di daerah kamu hanya ada satu atau dua barbershop atau letaknya cukup jauh sedangkan penduduk kampung cukup padat, membuka salon atau barbershop akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Meskipun daerahnya sepi, orang-orang akan terus memotong rambut mereka. Terlebih lagi jika kamu memiliki keterampilan yang sangat baik dalam memangkas rambut dan bisa memuaskan para pelanggan. Usaha barbershop kamu kemungkinan besar terus berjalan.

8. Jasa Cuci Mobil

Orang-orang akan mencuci kendaraannya ketika sudah kotor. Banyak orang yang malas atau tidak punya waktu untuk mencuci kendaraan sendiri dan lebih memilih memakai jasa cuci kendaraan.

Jika di tempat kamu belum ada usaha ini, kamu dapat mengambil peluang usaha jasa cuci kendaraan, baik itu mobil atau motor. Namun, lokasi cukup penting untuk usaha satu ini. Meskipun tempatnya sepi, setidaknya pilih tempat yang berada di rute strategis yang sering dilewati kendaraan.

9. Event Organizer

Usaha di daerah sepi lainnya yaitu event organizer. Meskipun daerah sepi seperti perkampungan, orang-orang ingin merayakan peristiwa penting mereka. Peristiwa yang sering memakai jasa event organizer yaitu pernikahan, tunangan, sunat, ulang tahun, dan masih banyak lagi.

10. Usaha Katering

Kamu yang memiliki kemampuan dalam dunia kuliner, membuka usaha katering bisa menjadi pilihan. Tidak seperti rumah makan, usaha katering tidak harus di tempat yang ramai. Namun, siapkan tempat yang luas untuk kebutuhan memasak dan pengemasan.

Langkah selanjutnya yang harus digencarkan yaitu strategi promosi agar banyak orang tahu tentang usaha katering kamu dan memilih kamu untuk katering acara mereka.

11. Membuat Kerajinan Khas

Jika kamu memiliki keterampilan dalam membuat barang-barang kerajinan khas, kamu bisa mencoba peluang usaha satu ini. Meskipun tempat tinggal kamu tidak berada di daerah pusat wisata, produk hasil kerajinan tetap bisa dipasarkan dengan menjalin relasi dengan para pedagang.

12. Service Alat Elektronik

Penduduk di perkampungan sekalipun untuk saat ini sudah memiliki berbagai macam alat elektronik. Ketika barang elektronik rusak, mereka akan mencari jasa service elektronik.

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang elektronik, ini menjadi kesempatan karena jasa service elektronik menjadi usaha yang jarang tapi dibutuhkan di perkampungan.

13. Usaha Laundry

Tidak hanya di wilayah perumahan, kini banyak orang yang membuka usaha laundry di perkampungan atau pedesaan. Terlalu sibuk bekerja atau kegiatan lainnya membuat banyak orang membutuhkan jasa ini.

Beberapa barang seperti selimut, sprei, atau pakaian tebal biasanya sering memakai jasa laundry karena orang-orang terlalu malas untuk mencucinya. Dan salah satu trik yang bisa menarik pelanggan yaitu menyediakan layanan pesan antar.

Membuka usaha tidak harus selalu di tempat ramai. Masih banyak peluang usaha di daerah sepi yang bisa dijalankan. Meskipun mempunyai tantangannya tersendiri, bukan menjadi halangan kamu untuk tidak berbisnis.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.