8 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Gratis Terbaik untuk UKM

Aplikasi akuntansi gratis

Aplikasi Akuntansi Gratis Terbaik untuk UKM – Menjadi pelaku usaha pastinya disibukkan dengan berbagai hal, mulai dari pengiriman, pembelian produk sampai pencatatan laporan keuangan. Pada umumnya setiap pemilik usaha dulunya mengandalkan pembukuan gratis melalui Microsoft excel atau Google Sheets. tapi dengan hadirnya software akuntansi gratis, aktivitas pembukuan usaha atau laporan keuangan menjadi lebih mudah.

Mencatat laporan keuangan menggunakan software akuntansi gratis excel dinilai kurang efektif. Hal itu dikarenakan aplikasi tersebut tidak dapat menghitung arus kas sehingga akan membuat kamu jadi lebih bingung.

Banyak juga pemilik usaha yang hanya mencatat keuangannya secara manual di buku. Tapi cara tersebut juga tidak direkomendasikan karena peluang risikonya sangat besar, seperti mudah hilang, terkena banjir atau kebakaran.

Kita tau bahwa tidak semua pelaku usaha mengerti akuntansi. Tapi sebagai pemilik usaha sudah seharusnya kamu mengurus pembukuan secara terorganisir.

Sayangnya tak jarang banyak pemilik usaha yang mengabaikan hal ini dan akhirnya arus kas menjadi tidak terkontrol.

Nah buat kamu yang mungkin tidak mengerti akuntansi dan sadar akan pentingnya pembuatan laporan keuangan, sebaiknya mengandalkan aplikasi akuntansi gratis.

Selain gratis, aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam fitur yang akan membantu kamu menjalankan bisnismu.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Gratis

Memang ada banyak software akuntansi online gratis yang bisa kamu pakai, tapi tidak semuanya dilengkapi dengan fitur yang mumpuni. Bahkan ada juga pebisnis yang menggunakan aplikasi akuntansi bajakan karena budget yang tidak mencukupi untuk membeli aplikasi yang original.

Tapi dengan bantuan aplikasi akuntansi gratis berikut, kamu bisa mengawasi pendapatan dan pengeluaran, mencatat transaksi keuangan, membuat neraca, akun laba rugi dan masih banyak lagi secara gratis. Jadi pilihlah software laporan keuangan gratis full version yang menurutmu sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

1. Wave

aplikasi akuntansi gratis - wave

Wave adalah aplikasi laporan keuangan PC gratis yang bisa kamu akses selama terkoneksi dengan internet. Jadi kamu hanya perlu mendaftar akun baru menggunakan Email saja, tanpa menggunakan kartu kredit dan sejenisnya karena aplikasi ini gratis tanpa syarat apapun.

Wave menyediakan berbagai fitur keren yang dapat mendukung aktivitas usaha kamu seperti pembayaran tagihan, penerimaan pembayaran, laporan pemasukan.

Bahkan kamu bisa menghubungkan akun perbankan dan dompet digital yang ada. Kelebihannya lagi kamu bisa menggunakannya untuk beberapa bisnis hanya dengan satu akun saja.

2. Manager

aplikasi akuntansi gratis - manager

Buat yang membutuhkan software akuntansi gratis offline, manager adalah aplikasi tepat yang bisa kamu unduh. Manajer ini merupakan perangkat lunak open source yang bisa kamu instal secara gratis. Terdapat berbagai fitur di dalamnya, hanya saja UI-nya sangat dasar sehingga lebih cocok untuk orang yang mengerti dan familiar dengan HTML.

3. Akuntansi UKM – Money Manager

Aplikasi Akuntansi Gratis - Akuntansi UKM – Money Manager

Mencatat laporan keuangan memang tidak selalu harus menggunakan laptop, ada beberapa orang yang lebih nyaman menggunakan smartphone karena lebih fleksibel dibawa kemanapun.

Nah Money Manager ini merupakan aplikasi akuntansi gratis android tanpa iklan dan periode batasan. Semua transaksi bisnis kamu bisa dicatat tanpa batasan periode laporan keuangan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk keperluan pribadi maupun bisnis, dan kelebihannya lagi kamu tetap bisa mengaksesnya tanpa koneksi internet alias offline!

Sistemnya yang memiliki interface sederhana bisa digunakan oleh kamu yang punya usaha kecil dan menengah bahkan untuk manajemen keuangan sehari-hari.

4. GnuCash

aplikasi akuntansi gratis - gnucash

Walaupun terlihat old school dari segi tampilan, tapi aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur gratis yang cukup komplit, seperti fitur arus kas, laporan keuangan dan lain sebagainya. GnuCash tidak hanya sebagai aplikasi akuntansi gratis untuk pc windows tapi juga bisa diunduh oleh pengguna Apple. Pada dasarnya GnuCash memang lebih berfokus terhadap bisnis UMKM atau bisnis kecil, jadi sangat cocok bagi kamu yang baru saja merintis usaha kecil-kecilan.

5. SlickPie

aplikasi akuntansi gratis - SlickPie

Meskipun keberadaan aplikasi akuntansi gratis memudahkan kita untuk menjalankan bisnis, tapi tidak semua orang dapat mengoperasikan beberapa fitur yang mungkin masih asing bagi pemula. Berbeda dengan SlickPie ini karena memiliki tampilan yang mudah dimengerti sekalipun bagi kamu yang masih pemula.

Tidak seperti beberapa aplikasi lainnya yang memberikan fitur berbayar, SlickPie ini juga memberikan semua fiturnya secara gratis. Hanya saja aplikasi ini sedikit sulit digunakan bagi pemilik usaha yang tidak mengerti bahasa Inggris karena aplikasi ini belum menyediakan bahasa Indonesia.

Dengan tampilannya yang cantik, proses pembukuan bisnis menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya cantik, tampilannya juga lebih mudah dimengerti oleh pemula.

Buat kamu yang belum mengerti banyak tentang software akuntansi bisa memilih Slickpie sebagai aplikasi akuntansi terbaik. Aplikasi ini juga bisa diakses secara gratis, tapi sayangnya Slickpie belum terdapat pilihan bahasa Indonesia.

6. Akaunting

aplikasi akuntansi gratis - Akaunting

Ada banyak kelebihan yang diberikan oleh aplikasi Akaunting ini, mulai dari bisa melakukan invoice, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran, menyiapkan tagihan berulang, pengelolaan vendor dan pengelolaan pelanggan.

Untuk menikmati fitur tersebut kamu tidak perlu membayarnya, hanya saja untuk mengakses fitur yang lebih canggih seperti fitur pembayaran online kamu perlu mengunduh aplikasi berbayar per tahunnya.

7. Cloudbooks

Cloudbooks terdapat dua jenis, yaitu berbayar dan gratis. Dengan Cloudbooks gratis, kamu bisa menggunakan software akuntansi ini dengan beberapa fiturnya seperti membuat faktur, membuat proyek, pelacakan waktu terintegrasi, melacak pengeluaran dan memberikan perkiraan.

Untuk versi berbayarnya kamu akan mendapatkan fasilitas invoice lebih dari 5 setiap bulannya dan juga dapat melakukan pembayaran online. Tapi versi gratisnya saja sudah cukup buat kamu yang punya usaha kecil hingga menengah.

8. Kledo

Software-akutansi-Kledo

Merupakan aplikasi akuntansi buatan tanah air, Kledo menyediakan beberapa fitur yang menarik versi basic secara gratis.

Dengan versi gratisnya kamu bisa membuat laporan keuangan serta dapat memantau masuk keluarnya uang dalam jalur yang jelas. Meskipun versi gratisnya terbatas, tidak ada salahnya kamu mencobanya dulu.

Jika nantinya kamu tertarik kamu bisa mengupgrade ke akun pro hanya dengan biaya Rp. 100 ribu per bulan. Versi berbayarnya ini kamu bisa mendapatkan beberapa fitur seperti pembayaran online, dokumen inventory atau stock, cloud, dan layanan bantuan 24 jam dari pihak pengembang jika masalah teknis terjadi.

Menjadi pemilik usaha sudah seharusnya kamu melakukan pencatatan keuanan agar arus kas bisnismu jadi lebih terarah. Dengan bantuan beberapa aplikasi akuntansi gratis di atas, kamu bisa membuat laporan keuangan dengan mudah dan gratis. Kalau ada yang gratis kenapa harus berbayar, ya kan?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.