Berani Memulai Usaha dari Nol? Kamu Harus Tau Dulu 5 Tips Ini

Berani Memulai Usaha dari Nol

Memulai usaha dari nol memang bukanlah sesuatu yang mudah, diperlukan keberanian, tekad yang kuat dan usaha yang besar. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis kamu harus memiliki pondasi yang kuat agar nantinya usaha yang kamu jalankan tidak berjalan begitu saja, tapi dapat bertahan dan terus berkembang.

Untuk memulai usaha, yang dibutuhkan bukan hanya niat atau tekad saja. Sebelum memulainya, kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dan yang paling penting yaitu wawasan tentang bagaimana cara memulai kemudian menjalankan bisnis kamu itu. Tak jarang banyak orang yang sudah memulai bahkan ngejalanin bisnisnya, namun mirisnya mereka berhenti di tengah jalan.

Apakah itu takdir mereka? Bukan! Semuanya terjadi bukan tanpa alasan, mungkin saja mereka beranggapan modal dan niat saja sudah cukup untuk memulai usaha. Wawasan atau strategi memulai usaha adalah sesuatu hal yang harus kamu miliki untuk meraih kesuksesan itu.

Tips Memulai Usaha dari Nol

Di bawah ini bukan hanya sebagai tips atau cara memulai usaha baru bagi pemula tapi juga buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis yang sudah kamu jalankan saat ini.

1. Sesuai dengan Passion Kamu

Hal apapun itu, jika dilakukan sesuai dengan passion kita tentu akan berjalan dengan baik. Begitu pun sebaliknya, sebesar apapun peluang bisnis kamu diterima oleh orang banyak kalau yang kamu jalankan itu bukan passion kamu, maka kamu akan menjalankannya dengan berat hati. Maka dari itu lakukanlah semuanya berdasarkan kecintaan dan passion kamu.

Artikel Terkait:  Modif Mobil Bikin Gaya Makin Cihuy Berkat digibank KTA

2. Lakukan Riset

Hampir semua orang melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai bisnisnya. Lakukan riset kecil-kecilan seperti produk atau jasa yang akan kamu tawarkan itu dibutuhkan oleh banyak orang dan siapa saja yang membutuhkannya. Selain itu kamu juga harus tau apa ada perusahaan atau orang lain yang telah menawarkan produk atau jasa serupa? Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapakan strategi untuk bersaing dengan para kompetitormu.

3. Buatlah Busniss Plan

Pada tahap ini kamu harus menyusun secara matang rencana bisnis kamu ke depannya berjalan seperti apa. Apa tujuan yang ingin kamu raih serta bagaimana cara kamu meraihnya, semuanya harus kamu susun terlebih dahulu.

Tahap ini sangat penting untuk menilai apakah bisnis ini layak untuk kamu mulai dan juga agar kamu mudah untuk mendapatkan pinjaman modal atau mendapatkan investor. Karena syarat untuk mendapatkan dukungan pendanaan dari lembaga keuangan, business plan adalah sebuah keharusan. Sebab dari situlah mereka dapat melihat prospek usaha yang kamu akan jalankan.

4. Rencanakan Keuangan

Baik itu bisnis kecil maupun besar tentu membutuhkan modal. Sebelumnya kamu harus crosscheck dulu antara modal yang kamu miliki dengan bisnis yang kamu jalankan ini. Tujuannya agar kamu dapat mempersiapkan modal serta mengadakan uang fisik untuk melakukan berbagai transaksi.

Berani Memulai Usaha dari Nol-aplikasi Tunaiku

Jika modal yang kamu miliki tidak cukup untuk memulai usaha yang kamu rencanakan, maka tidak ada salahnya kamu melakukan pinjaman modal di lembaga keuangan. Apalagi saat ini untuk meminjam uang secara online dapat dilakukan dengan mudah loh, seperti pada aplikasi Tunaiku. Hanya dengan KTP, kamu bisa dapatkan kredit tanpa agunan hingga 20 juta rupiah.

Artikel Terkait:  Daftar Jualan Snack Dan Coklat Delfi Terlaris Selama Ramadhan @yoursweetchoco

Tunaiku adalah salah satu situs pinjol terbaik di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014. Selain berada di bawah naungan Bank resmi yaitu Amar Bank, Tunaiku juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional Tolaram Group sehingga Tunaiku aman dan terpercaya. Selain karena Tunaiku terdaftar di OJK, Tunaiku dikatakan sebagai aplikasi pinjaman terbaik karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan situs fintech lainnya.

Salah satu Kelebihan aplikasi Tunaiku yang tidak dimiliki situs lain yaitu menyediakan fasilitas tenor maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Tidak seperti KTA tradisional yang membutuhkan agunan serta persyaratan dokumen yang banyak, Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan atau kartu kredit.

Karena hanya bermodalkan KTP dan waktu 10 menit saja setelah mengisi formulir, jadi sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan dana cepat, untuk berbagai kebutuhan seperti pinjaman modal usaha, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

5. Memulai Bisnis

Setelah kamu melakukan semua langkah-langkah di atas, sekarang sudah waktunya untuk memulai bisnis kamu. Satu hal yang perlu kamu ingat, ketika kamu mendapatkan hambatan janganlah berhenti, teruslah mencoba hingga kesuksesan dapat kamu raih. Memang cobaan akan datang silih berganti, tapi dari situlah kamu bisa belajar dan nyesuain diri dalam dunia usaha. Jangan lupa untuk selalu melahirkan inovasi-inovasi baru serta manfaatkan sosmed untuk memperkenalkan bisnismu ke banyak orang.

Artikel Terkait:  10 Media Promosi Online Paling Efektif untuk Bisnis UKM

Memulai usaha kemudian menjalankannya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada saatnya kita meraih puncak, dan ada saatnya juga kita akan terjatuh. Namun satu hal yang pasti bahwa usaha tidak pernah menghianati hasil. Semoga bermanfaat

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.