Serba Serbi Tips Memilih Gamis Syar’i Terlengkap

Tips Memilih Gamis Syar’i Terlengkap

Bentar lagi memasuki bulan Ramadhan nih, kalian termasuk yang sering cari info tips memilih gamis syar’i nggak sih? Buat wanita kayak aku, memilih gamis syar’i itu susah susah gampang ya. Bagi umat muslim, busana adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan dengan baik agar sesuai dengan syariat islam yang telah diajarkan.

Agar bisa memilih baju yang baik, maka kamu harus mengetahui tips memilih gamis syar’i. Gamis adalah busana yang digunakan oleh umat muslim di kehidupan sehari-hari ataupun saat ada acara keagamaan.

Baju syar’i juga akan membuat kesan seorang muslim yang baik. Dengan memakai pakaian syar’i seperti gamis ternyata memiliki manfaat yang tidak akan kamu dapatkan saat menggunakan baju bisa. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat, tantangan dan tips memilih gamis syar’i, di bawah ini akan aku berikan beberapa informasinya.

6 Manfaat Menggunakan Baju Syar’i atau Gamis

Tips Memilih Gamis Syar’i Terlengkap
dok pribadi : @rinie_noe

Terkenal sebagai baju yang tertutup, ternyata gamis juga memiliki manfaat yang banyak. Manfaat ini tentunya akan mendatangkan hal baik kepada yang menggunakannya. Lalu apa sajakah manfaat memakai hijab syar’i? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Menutup Aurat

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan saat memakai jilbab dan pakaian syar’i adalah menutup aurat. Sudah kita ketahui bahwa seorang muslim, terutama perempuan haruslah menutup aurat.

Aurat tersebut harus dilindungi oleh setiap muslimah agar tidak terjadi fitnah yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi seorang muslimah untuk menjaga auratnya dengan mengenakan pakaian syar’i.

2. Terhindar dari Sinar Matahari

Selain menutup aurat, manfaat dari berpakaian syar’i yang selanjutnya adalah kamu akan terhindar dari paparan matahari.

Sinar matahari jika langsung terkena kulit maka bisa menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker kulit yang sangat membahayakan. Dengan demikian, pakaian syar’i akan menutupi badan kamu dari paparan sinar matahari secara langsung.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa dengan mengenakan pakaian syar’i, tubuh akan terhindar dari paparan matahari secara langsung yang akan membahayakan kulit.

Selain kulit, ternyata pakaian tertutup juga bisa melindungi rambut agar tidak mudah rusak. Meskipun demikian, ketika mengenakan jilbab kamu harus tetap mengutamakan kesehatan rambut dan kulit kamu serta mengetahui apa saja tips memilih gamis syar’i yang baik.

4. Mencegah Godaan Laki-Laki Usil

Sudah bukan hal aneh lagi jika banyak laki-laki usil yang akan menggoda perempuan dengan pakaian mini. Beda halnya jika seorang perempuan tersebut memakai baju yang tertutup, maka laki-laki tidak akan mendekat dan usil.

Secara tidak langsung tujuan berpakaian syar’i adalah untuk mencegah kejahatan yang banyak dialami oleh perempuan yang disebabkan karena pakaian.

5. Menjadi Perempuan yang Disegani

Dengan berpakain yang syar’i, seorang perempuan akan lebih disegani karena dianggap memiliki aura yang elegan dan cerdas. Namun, kamu tetap harus mengetahui apa saja tips memilih gamis syar’i.

Perempuan dengan jilbab yang menutupi badan dianggap mampu menjaga diri, karena inilah yang membuat orang sekitar akan menganggap kamu sebagai orang yang harus disegani dan tidak diperlakukan seenaknya.

6. Mendidik Diri Sendiri untuk Berperilaku Baik

Dalam islam, dengan berpakaian yang baik itu sudah menjadi salah satu akhlak yang bagus. Selain itu dengan menggunakan pakaian gamis, seorang perempuan akan secara naluriah berperilaku baik.

Selain beberapa manfaat sebelumnya, fungsi dari berpakaian syar’I adalah untuk menumbuhkan akhlak yang baik dalam diri seseorang.

3 Tantangan Mengenakan Pakaian Syar’i

Selain memiliki manfaat yang sudah aku bahas sebelumnya, ternyata gamis yang biasa dikenakan oleh perempuan muslim memiliki beberapa tantangan saat mengenakannya.

Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, seorang muslimah akan dihadapkan dengan beberapa tantangan seperti berikut ini.

1. Sering Dikucilkan

Saat memakai pakaian syar’i wanita, orang-orang biasanya akan memandang kamu dengan tatapan yang aneh dan sinis. Hal ini karena pakaian syar’i terlalu mencolok bagi beberapa kalangan.

Karena inilah yang menyebabkan muslimah terkadang dikucilkan ketika memakai pakaian gamis.

2. Dianggap Tidak Fashionable

Dunia fashion yang semakin maju, membuat masyarakat berlomba-lomba untuk terlihat fashionable. Disaat orang-orang berpenampilan fashionable, mereka akan menganggap perempuan muslimah yang memakai gamis sebagai orang yang aneh dan tidak fashionable.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak pakaian syar’i yang mengikuti zaman. Terlebih lagi jika kamu mengetahui tips memilih gamis syar’i, kamu bisa mengatasi hal ini.

3. Disebut Teroris

Tantangan yang lebih parah saat menggunakan pakaian syar’i adalah disebut teroris. Meskipun tidak secara eksplisit disebutkan, tetapi akan ada beberapa buah bibir yang menyebut seperti itu. Apalagi jika kamu mengenakan pakaian syar’i serba hitam ditambah dengan cadar.

Meskipun memiliki tantangan yang harus kamu hadapi saat menggunakan pakaian syar’i, tetapi semangat berjihad kamu tidak boleh kendor karena beberapa tantangan tersebut bisa kamu hadapi. Tetap semangat!

6 Tips Memilih Gamis Syar’I Bagi Perempuan Agar Terlihat Fashionable

Jika kamu mantap untuk mengenakan gamis, maka kamu harus mengetahui apa saja tips memilih gamis syar’i seperti yang akan aku bahas berikut ini.

1. Pilih Warna yangkamu Sukai

Cara memilih gamis yang bagus pertama ini adalah dengan memilih gamis sesuai dengan warna yang kamu sukai.

Namun jika kamu masih bingung, kamu bisa memilih gamis dengan warna pastel yang sedang trend di zaman sekarang. Meskipun memakai gamis, pastinya kamu harus tetap fashionable.

2. Pilih Gamis dengan Bahan Nyaman

Tahukah kamu bahwa tidak semua bahan gamis akan membuat kamu kegerahan dan tidak nyaman.

Yang perlu kamu ketahui adalah tips memilih gamis syar’i dengan bahan yang nyaman. kamu bisa bertanya langsung ke penjual tentang gamis dengan bahan yang tidak menerawang, bisa menyerap keringat, dan tentunya akan membuat kamu tampil percaya diri di hadapan umum.

3. Pilih Gamis dengan Model Sederhana tetapi Elegan

Seorang muslimah harus tetap tampil percaya diri dan elegan, hal ini bisa didukung dengan pakaian gamis yang sederhana. Gamis yang sederhana akan membuat kamu lebih percaya diri dan terlihat elegan karena dianggap tidak terlalu berlebihan dalam berpakaian.

4. Pilih Gamis dengan Potongan yang Sesuai

Jika kamu mempunyai badan yang kurus, maka kamu bisa menggunakan gamis yang lebih lebar dari badan kamu. Namun beda halnya jika kamu memiliki badan yang berisi, maka disarankan untuk tidak menggunakan gamis yang lebar.

Pastikan kamu memakai gamis dengan ukuran yang sesuai dengan badan. Tips memilih gamis syar’i yang satu ini harus kamu perhatikan dengan baik agar mendapatkan gamis yang pas.

5. Pastikan Gamis Bisa Dipakai Di Segala Suasana

Siapa bilang gamis hanya bisa digunakan untuk acara keagamaan? Gamis bisa kamu gunakan kapan saja asalkan kamu memilih gamis yang bisa digunakan di segala suasana. Pastikan kamu memilih warna, ukuran, dan model yang bisa dipakai kapan saja.

6. Harga Sesuai Kualitas

Bisa dikatakan bahwa gamis yang bagus akan memiliki harga yang mahal juga. Namun, kamu harus memastikan bahwa gamis yang akan kamu beli tersebut memiliki kualitas dan harga yang sesuai.

Jangan sampai kamu kerugian karena membeli baju gamis dengan harga mahal tetapi memiliki kualitas yang rendah.

Nah itulah beberapa informasi mengenai pakaian syar’i. Mulai dari manfaat, tantangan, hingga tips memilih gamis syar’i di atas semoga bisa membantu kamu agar terus berjihad. Bagaimana menurut kamu?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.