6 Manfaat Positif dari Begadang, Ternyata Gak Selamanya Buruk Lho!

Manfaat Positif Begadang-1

Siapa disini yang suka begadang? Begadang adalah salah satu kebiasaan atau kegiatan yang dianggap buruk karena gak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begadang, kita bakal mudah mengantuk saat siang hari dan dampak buruk lainnya yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Walau gak disarankan, namun bagi sebagian orang begadang tetap gak bisa dihindari karena berbagai alasan tersendiri. Entah harus menyelesaikan pekerjaan atau tugas deadline dan berbagai alasan lainnya.

Manfaat Positif Begadang

Manfaat Positif Begadang

Tapi tahukah kamu, begadang ternyata gak selamanya buruk, lho. Ada manfaat baik dari begadang atau tidur larut malam yang bisa didapatkan. Apa sajakah itu? Simak langsung ulasannya berikut ini, yuk.

1. Punya Energi Lebih Banyak

Sering begadang bikin tubuh punya banyak energi? Yup! Sebuah penelitian di University of Alberta menunjukkan bahwa orang yang gak suka begadang biasanya memang punya energi tubuh yang stabil seharian. Namun, orang yang sering begadang cenderung punya energi yang jauh lebih banyak di malam hari, jadi bisa merakit PC dari enterkomputer dan melakukan segala kegiatan dengan lebih produktif.

2. Lebih Pintar dan Cerdas

Menurut studi yang ada dalam jurnal “Personality and Individual Difference”, menemukan bahwa kebanyakan anak yang pintar terbiasa tidur terlalu malam serta bangun terlambat. Sebetulnya, begadang gak bakal bikin orang jadi lebih pintar.

Namun, kalau seseorang begadang karena melakukan kegiatan yang bermanfaat hingga larut malam, akan membuat mereka jadi lebih cerdas ketimbang mereka yang tidak. Misalnya kegiatan bermanfaat seperti belajar, membaca, menulis di laptop Asus Vivobook ataupun buku.

3. Jadi Lebih Kreatif dan Menemukan Ide-Ide Berlian

Ada banyak orang yang lebih suka belajar atau bekerja di malam hari sebab dianggap diwaktu-waktu tersebut mereka akan menemukan ide-ide berlian dan kreatif dengan lebih mudah. Ini juga didukung oleh studi yang dipublikasikan melalui jurnal “Personality and Individual Difference”, mereka mengungkapkan bahwa orang yang sering begadang cenderung lebih bisa menemukan solusi yang kreatif buat setiap masalah yang ada.

4. Tingkat Kewaspadaan Lebih Tinggi

Jika memang kondisi mengharuskan kamu begadang, namun yang terpenting setiap harinya kamu perlu memiliki waktu tidur yang cukup. Begadang ternyata bisa meningkatkan kewaspadaan seseorang lho.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal “Science”, mendapati hasil bahwa orang yang tidur larut malam punya tingkat kewaspadaan yang jauh lebih lama ketimbang mereka yang tidur di awal pada malam hari.

5. Lebih Rileks

Begadang malam biasanya dilakukan seorang diri, tidak dilakukan bersama-sama. Maka dari itu, begadang malam bisa menjadi kegiatan me-time untuk membantu menurunkan tingkat stres dan bikin orang merasa jauh lebih rileks.

6. Mengontrol Stres dengan Lebih Baik

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang suka begadang cenderung memiliki hormon kortisol yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak suka begadang. Lantas, apa kegunaan hormon kortisol? Hormon ini bakal dilepaskan tubuh saat kita merasa stres. Yang tandanya, tubuh bisa menyeimbangkan diri, jadi gak gampang sakit.

Itu dia sejumlah manfaat dari begadang yang ternyata gak selalu buruk yang sudah kita simak bersama. Wah, begadang ternyata gak selamanya buruk ya, geng? Meski begadang punya manfaat baik, namun jangan terlalu sering begadang dan tidur larut malam, apalagi buat hal yang gak bermanfaat. Karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuhmu di kemudian hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.