Macam-macam Asuransi Mobil yang Harus Anda Ketahui

Asuransi Mobil

Ada banyak macam asuransi mobil yang harus Anda ketahui agar makin terasa nyaman saat berkendara dengan mobil kesayangan. Bisa dikatakan memiliki mobil adalah impian setiap orang, karena berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Mengingat pentingnya dan berharganya kendaraan tersebut, maka banyak orang merawat mobil dengan sebaik mungkin dan mendaftarkannya ke macam-macam asuransi mobil. Dengan mendaftarkan asuransi kendaraan, maka akan mengcover hal-hal atau bencana yang tidak diinginkan.

Jadi, Anda bukan hanya mendaftarkan asuransi kesehatan terbaik 2021 saja, tetapi juga mendaftarkan asuransi kendaraan.

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang belum mengetahui manfaat asuransi mobil baru, padahal saat membeli mobil ada asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan perusahaan mobil tersebut.

Kalaupun tidak tertarik, Anda bisa memilih perusahaan asuransi kendaraan sendiri yang berkualitas dan terpercaya.

Macam-macam Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Asuransi kendaraan adalah langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap pengguna pengendara sebagai persiapan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada macam-macam asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Macam-macam asuransi mobil yang pertama yaitu asuransi Total Loss Only atau TLO. Secara harfiah, asuransi ini dapat digunakan apabila terjadi kehilangan total. Kehilangan total yang dimaksud yaitu kerusakan yang terjadi pada mobil di atas 75% yang artinya mobil tersebut sudah tidak dapat diperbaiki atau harus diperbarui.

Asuransi ini juga dapat digunakan jika kendaraan hilang karena perampasan dan pencurian yang dibuktikan dengan bukti insiden valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jika Anda tidak memenuhi kedua syarat atau kriteria di atas maka kelainan asuransi tidak bisa diajukan, alias Anda tidak dapat mengambil jaminan pada asuransi yang TLO berikan.

2. Asuransi All-Risk

Macam-macam asuransi mobil selanjutnya yaitu asuransi all risk atau komprehensif. Ini merupakan jenis asuransi yang dapat mengcover atau menjamin segala risiko buruk yang terjadi pada mobil anda, asuransi ini direkomendasikan untuk kendaraan baru khususnya.

Jika jenis asuransi kendaraan sebelumnya hanya bisa diklaim jika terjadi kerusakan parah dan hilang, maka asuransi all risk ini bisa digunakan untuk kerusakan ringan pada kendaraan seperti lecet kecil pada body mobil, kerusakan berat serta kehilangan kendaraan, jadi lebih lengkap.

Berdasarkan hitungan premi, Jika ingin mendaftarkan asuransi all risk untuk kendaraan Anda, maka akan dikenakan harga sekitar 4 juta rupiah. Hitungan tersebut juga didapatkan berdasarkan perkalian harga mobil serta besaran biaya asuransi untuk wilayah yang sudah ditentukan.

Meski terkesan mahal, namun harga tersebut terbilang wajar, mengingat kendaraan Anda mendapatkan jaminan perlindungan yang lengkap dibandingkan dengan asuransi TLO.

3. Collision Coverage

Selanjutnya Anda bisa memilih asuransi mobil Collision Coverage. Sesuai dengan namanya, produk Asuransi ini hanya dapat mengcover biaya kecelakaan mobil yang disebabkan oleh pengemudi itu sendiri.

Manfaat asuransi kendaraan yang satu ini yaitu Akan mengcover biaya kerusakan mobil, bahkan bisa memberikan ganti rugi sesuai dengan harga mobil yang Anda miliki.

Sehingga ketika Anda mengalami kecelakaan yang disebabkan karena kelalaian Anda sendiri, Anda dapat mengklaim asuransi ini kepada perusahaan asuransi dan mereka akan memberikan jaminan kendaraan sesuai dengan harga jual mobil.

4. Liability Insurance

Macam-macam asuransi mobil selanjutnya yaitu liability insurance. Secara umum, produk asuransi ini tak jauh berbeda dengan asuransi Collision Coverage, yaitu mengcover biaya kecelakaan yang disebabkan sendiri.

Bedanya, asuransi ini memberikan jaminan tambahan seperti tagihan medis yang dialami atas cidera si pengemudi.

Itulah beberapa hal mengenai macam-macam asuransi mobil yang bisa Anda ketahui. Jadi sangat penting bukan untuk memiliki asuransi mobil yang tepat? Yuk berikan kendaraan Anda asuransi atau jaminan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.