Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa Praktis di Bulan Ramadhan 2020

Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa Praktis di Bulan Ramadhan

Ada yang berbeda pada bulan Ramadhan tahun ini. Pandemi Corona membatasi ruang gerak, persediaan makanan bahkan menipis dan mobilitas orang-orang dibatasi dan dianjurkan untuk #dirumahaja. Tanggal berganti dan sudah mendekati bulam Ramadhan 2020. Lalu bagaimana cara untuk menyiapkan menu buka puasa praktis selama ramadhan di masa pandemik ini?

Selentingan berita untuk meniadakan sholat sunah taraweh di masjid mengindikasikan ramadhan tahun ini akan berbeda. Lantas, bagaimana dengan tradisi berbuka dan sahur dengan segala keterbatasan saat lockdown?

Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa Praktis di Bulan Ramadhan 2020

Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa Praktis di Bulan Ramadhan

Bagaimana kamu merencanakan menu berbuka di saat lockdown seperti sekarang? Coba beberapa tips menyiapkan menu berbuka puasa berikut ini.

1. Siapkan Bumbu Dasar

Pernahkah kamu pergi berbelanja dengan rencana memasak suatu resep dan harus merubah menu karena bahannya tidak ada? Siasati kondisi tak terduga tersebut dengan menyiapkan beberapa pilihan dengan fokus pada bumbu dasarnya.

Misalkan kamu berencana untuk membuat makanan dengan bumbu pedas. Kalau daging tidak ada bisa diganti telor, atau tempe atau bahkan ayam. Ingin membuat soto? Kalau ayam tidak ada, kamu bisa buat soto daging, soto babat atau mengganti sumber proteinnya.

Artikel Terkait:  Magelangan dan Bakmi Djawa Mbah Hadi yang Melegenda di Jogjakarta

2. Menu Gurih dan Manis

Karena sering gagal buat menu dan mengeksekusinya, tetapkan pembuatan menu yang bercita rasa gurih atau manis. Jadi apapun bahan makanan yang kamu temukan bisa disulap menjadi santapan lezat yang mengenyangkan. Selain itu ada sesuatu yang manis untuk mengembalikan energi dengan cepat atau sekedar penganjal perut sebelum makan besar.

Kenapa paduan ini penting? Karena kamu berpuasa selama 12 jam kurang lebih. Jadi tubuh butuh sesuatu yang manis untuk menyiapkan perut sebelum menerima makanan berat. Itulah yang menyebabkan adanya makanan pembuka, main course dan makanan penutup.

3. Berbuka dan Sahur

Apakah kamu termasuk orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak? Tentu bulan Ramadhan 2020 sekarang berbeda karena mungkin kita semua lebih sering di rumah. Bisa jadi kamu punya lebih banyak waktu untuk mencoba resep yang tidak pernah sukses dicoba.

Pilih menu makanan yang bisa disantap pada saat berbuka puasa dan sahur juga. Dengan demikian kamu tidak harus terus-menerus masak baik di sore hari atau tengah malam sebelum sahur. Soto, rendang, gulai, kari adalah beberapa manu masakan yang bisa disajikan saat berbuka dan tinggal dipanaskan saat sahur.

4. Makanan Tanpa di Masak

Bila berkesempatan berbelanja coba cari bahan yang segar untuk langsung dimasak dan beberapa bahan makanan yang bisa tahan lama di kulkas. Jadi, kamu tidak selalu menyantap makanan beku dan memvariasikan bahan makanan.

Artikel Terkait:  5+ Rekomendasi Jualan Makanan Online Pasti Laris Manis

Membuat salad buah, salad gurih, gado-gado, menggunakan magicom, adalah beberapa cara memasak dengan bahan segar tanpa perlu dimasak. Namun, jangan salah kesegarannya tetap bernutrisi dan bisa jadi selingan yang mengenyangkan.

5. Bahan Makanan Tahan Lama

Makanan siap saji atau membeli makanan adalah solusi praktis disaat bulan Ramadhan. Namun, bagaimana dengan kondisi social distancing seperti sekarang yang membuat orang enggan keluar rumah karena harus melalui berbagai pemeriksaan. Tentu menyiapkan bahan makanan untuk beberapa kali masak jadi lebih masuk akal.

Jadi, pilih bahan makanan yang tidak mudah busuk atau harus dimasak segera. Atau berbelanja untuk seminggu. Membersihkan bahan mahanan dan membumbuinya agar tetap segara selama disimpan dalam kulkas. Saat kamu ingin memasaknya, cukup menggoreng apa saja yang ada dirumah.

6. Resep Mendinginkan

Apa yang kamu cari pertama kali saat berpuasa? Es atau sesuatu yang manis, atau keduanya bukan? Suhu tubuh dan tenggorokan bisa terasa kering karena seharian menahan haus dan lapar. Seringkali masalahnya bukan menahan lapar namun menahan untuk tidak minum yang lebih terasa saat berpuasa.

Solusi praktis dan juga sehat untuk kesehatan adalah menu masakan yang bersifat mendinginkan. Puding, Yogurt, Agar, kelapa muda adalah beberapa pilihan yang bisa dicoba untuk mendinginkan tubuh terlebih dahulu sebelum mengisi perut dengan berbagai masakan untuk berbuka.

Artikel Terkait:  RESELLER MARI JOIN, Jajanan Coklat dan Snack Lebaran Tangan Pertama !

7. Bahan Makanan yang Mudah Divariasikan

Kala waktu berbelanja terbatas dan tidak bisa sering-sering. Kamu harus pintar memvariasikan menu makanan hanya dari satu bahan makanan. Misalkan kamu sudah stok telor beberapa peti dan sudah kehabisan bahan makanan yang lain.

Menu telor bisa divariasikan jadi telor pedas, semur telor campur tahu, oseng telor dan kangkung, soto telor toge dan beragam variasi resep. Namun tetap menggunakan jenis bahan makanan yang uda saja dikulkas.

Nah, bagaimana? Apakah kamu lebih terinspirasi dalam merencanakan bulan Ramadhan 2020 ini? Perhatikan asupan makanan dan tetap jaga kesehatan dan kebersihan. Siasasi masa lockdown dengan memasak untuk berbuka puasa dengan bahan mudah didapat dan tidak kehilangan akal kala bahan yang diinginkan tidak ada dimana-mana. Ini juga jadi saat bagi sekeluarga untuk lebih kreatif merencanakan makanan sehari-hari dibandingkan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

0 Shares:
1 comment
  1. suasana puasa kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan taraweh dirumah, karena wfh juga jadi bisa juga dimanfaatkan waktunya untuk bikin varian es buat berbuka,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.