Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memulai Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Memulai Investasi Bitcoin – Di era modern ini, investasi merupakan hal yang sangat menggiurkan terutama bagi kalangan muda. Ada banyak jenis investasi yang dikenal, salah satunya adalah investasi Bitcoin. Meskipun demikian, tentunya ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika melakukan investasi Bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Pada dasarnya Bitcoin merupakan alternatif dari aset digital yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Namun saat ini jenis kripto tersebut terus berkembang dan menjadi sesuatu yang lebih bernilai dibandingkan hanya sekedar sebagai sistem pembayaran.

Pasalnya, kripto ini pun acap kali digunakan sebagai penyimpanan aset sehingga tergolong menjadi salah satu instrumen investasi.

Namun demikian, sisi keunikan dari aset crypto ini tidak hanya ada di fungsinya saja sebagai alternatif emas. Lebih dari itu, aset crypto ini tidak dikendalikan oleh pihak mana pun baik seseorang, kelompok, maupun organisasi. Hal inilah yang membuat aset crypto ini disebut aset terdesentralisasi.

Dimana Bisa Membeli Bitcoin?

Investasi Bitcoin

Pertanyaan yang sering muncul di kalangan para investor crypto pemula yaitu mengenai di mana tempat beli crypto ini dan bagaimana caranya? Saat ini kamu bisa membeli aset kripto tersebut dengan sangat mudah. Pasalnya, yang kamu butuhkan saat ini yaitu e-wallet yang dapat digunakan untuk menjual, membeli, menyimpan, dan mengirim aset kripto.

Anda bisa mendapatkan e-wallet khusus jenis crypto ini di Luno. Adapun berapa langkah mudah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Melakukan registrasi
  • Melakukan verifikasi identitas menggunakan foto selfie dan foto KTP
  • Mengisi e-walletLuno kamu
  • Kamu pun dapat membeli crypto pertama

Mengenal Luno Lebih Jauh

Pastinya banyak dari para investor crypto yang sudah mengenal apa itu Luno. Luno, yang awalnya bernama BitX, pada dasarnya merupakan sebuah perusahaan kripto jenis bitcoin yang berpusat di Singapura dan ada sejak tahun 2013. Namun saat ini Luno telah beroperasi di berbagai negara lainnya seperti Indonesia, Afrika Selatan, Malaysia, Nigeria, dan Kenya.

Di Indonesia sendiri Luno beroperasi mulai tahun 2015 dan menjadi salah satu platform terpercaya untuk layanan pertukaran aset crypto. Ada berbagai layanan Luno di Indonesia seperti halnya sebagai tempat penyimpanan, pembelian, dan penjualan aset kripto dengan rupiah. Para penggunanya dapat menggunakan layanan ini tanpa harus membayar biaya apapun.

Mengapa Pemula Menggunakan Luno?

Bagi para pemula yang ingin memulai investasi crypto maka dapat membelinya di Luno. Di sini terdapat beberapa instrumen investasi paling populer yang banyak digunakan oleh para investor.

Selain itu, deposit serta penarikan pun dilakukan dengan cepat. Dengan memilih Luno maka artinya telah memilih partner pembayaran yang beragam sehingga bisa mendapatkan crypto secepat mungkin. Di sini juga terdapat fitur Repeat Buy yang dapat digunakan untuk membeli crypto sesuai jadwal. Jadi ketika fitur ini diaktifkan maka dapat mengotomatisasi investasi crypto kamu sesuai keinginan.

Mengapa Harga Bitcoin Naik Turun?

Sebagai salah satu jenis crypto, tentunya Bitcoin memiliki sifat fluktuatif atau volatil sehingga harga crypto ini dapat naik turun dan berubah, bahkan dalam hitungan menit. Sebelumnya perlu diketahui bahwa cara kerja dari pergerakan harga crypto ini seperti halnya dengan objek lainnya yang memiliki nilai, contohnya emas.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi naik turunnya harga crypto ini, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Permintaan (demand)
  • Penawaran (supply)
  • Publikasi atau berita seputar nilai crypto

Bagaimana Strategi Investasi Menggunakan Instrumen Bitcoin?

Sebenarnya tidak terdapat strategi atau tips khusus untuk dapat sukses dalam melakukan investasi. Namun kamu bisa mencoba tips investasi yang paling banyak digunakan oleh para investor, yakni dengan memilih berbagai instrumen investasi yang ada salah satunya adalah Bitcoin.

Strategi yang biasanya dilakukan yaitu Dollar Cost Averaging (DCA), yang artinya dapat dicicil secara berkala. Selain itu juga bisa menggunakan strategi Lump Sum, artinya dapat dibeli sekaligus.

Bagaimana Cara Kerja dari Investasi Bitcoin?

Tidak ada yang memegang kendali terhadap aset crypto ini, baik pemerintah maupun bank. Demikian, aset kripto ini cenderung stabil karena dikendalikan dan diatur menggunakan jaringan komputer global untuk menerima dan mengesahkan berbagai transaksi di dalamnya.

Siapapun dapat menggunakan komputer tersebut. Segala jenis transaksi yang terjadi kemudian direkam secara publik. Selanjutnya, daftar permanen tersebut disimpan pada teknologi khusus untuk aset kripto ini, yang disebut dengan blockchain.

Teknologi blockchain ini serupa seperti buku besar pada bank tradisional yang berfungsi sebagai tempat mencatat berbagai transaksi. Bahkan transaksi ini juga merupakan catatan permanen untuk setiap terjadi perpindahan kepemilikan aset crypto ini dari satu orang ke orang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai investasi bitcoin yang perlu diketahui. Usahakan untuk memahami apa itu dunia crypto terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk investasi. Download Luno untuk investasi crypto pemula.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like