Inilah Berbagai Peran Asuransi yang Harus Diketahui

peran asuransi

Asuransi memiliki banyak jenis, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi umum dan sebagainya. Terlepas dari jenisnya yang cukup banyak ternyata asuransi memiliki peran dalam berbagai skala. Mulai peran dalam skala kecil yaitu diri sendiri, peran kepada negara dan perekonomian termasuk perusahaan. Nah, dibawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai peran asuransi. 

Berbagai Peran Asuransi yang harus Diketahui

Berbagai Peran Asuransi yang harus Diketahui

Mulai dari skala kecil hingga skala besar, asuransi ternyata sangat berperan. Dimana keberadaan asuransi tersebut bisa membuat negara menjadi tertata dikarenakan mau menyisihkan sebagian besar pendapatannya untuk membayar asuransi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1. Peran Asuransi bagi Individu atau Masyarakat

Bisa dibilang peranan asuransi bagi individu sudah sangat familiar dan tidak asing lagi. Bahkan peranan tersebut sangat terasa manfaatnya dalam kehidupan individu maupun masyarakat. Berikut beberapa peranan tersebut:

  1. Memiliki peran dalam mengalihkan risiko finansial yang diakibatkan oleh beberapa tujuan tertentu sebagai proteksi diri sendiri maupun keluarga
  2. Terbiasa mengelola uang dikarenakan individu harus menyisihkan dana tertentu untuk persiapan masa depan
  3. Di dalam masyarakat, asuransi memiliki peran sebagai subsidi silang antara satu individu dengan individu lainnya. Hal  ini dikarenakan uang premi yang disetorkan dapat digunakan untuk perawatan individu lainnya.

2. Bagi Perusahaan atau Dunia Usaha

Asuransi juga memiliki heran yang sangat banyak dalam perusahaan atau dunia usaha. Manfaat yang diberikan asuransi kepada perusahaan atau dunia usaha yaitu karyawan atau pekerja diasuransikan serta bermanfaat bagi jalannya perusahaan. Inilah beberapa peran asuransi bagi perusahaan maupun dunia usaha.

  1. Asuransi memiliki peran dalam meningkatkan produktivitas dan juga loyalitas karyawan atau pekerja. Hal ini dikarenakan karyawan atau pekerja merasa diperhatikan oleh perusahaan. Selanjutnya karyawan atau pekerja bisa kembali produktif karena memperoleh perawatan kesehatan dengan maksimal
  2. Perusahaan dikatakan jauh lebih hemat dan efisien. Ini dikarenakan perusahaan tidak perlu memegang tanggung jawab pengelolaan dana untuk kesehatan karyawannya sendiri. Tidak hanya itu saja, premi yang disetorkan bisa dikelola secara silang dengan perusahaan lainnya oleh pihak perusahaan asuransi.

3. Bagi Negara dan Perekonomian

Dalam skala besar, asuransi juga berperan bagi negara dan juga perekonomian. Namun, peran dari asuransi bagi negara memang tidak bisa dirasakan secara langsung. Namun, masyarakat suatu negara yang aktif berasuransi bisa membuat tatanan negara menjadi lebih baik lagi. Inilah beberapa peranan asuransi bagi negara dan juga perekonomian.

  1. Asuransi bisa menjadi sumber penghasilan negara dan juga pajak negara. Dana tersebut kemudian dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan negara
  2. Asuransi bisa dijadikan sumber modal bagi pembangunan negara. Hal ini dikarenakan dana yang disetorkan kepada perusahaan asuransi atau pemerintah akan dikelola dalam instrumen tertentu
  3. Asuransi bagi negara ternyata bisa menekan jumlah pengangguran serta menghindari keterbelakangan bangsa. Alasannya karena masyarakat sudah terbiasa mengelola uang miliknya untuk menghindari risiko finansial tertentu yang mungkin saja bisa terjadi.

Meskipun asuransi memiliki peran dalam skala kecil hingga besar, namun kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki asuransi masih sangat rendah. Hal ini disebabkan kurang pengetahuan atau literasi mengenai asuransi. Informasi yang beredar diketahui jika penetrasi di Indonesia hanya enam hingga tujuh persen saja. Cukup rendah bukan?

Nah itulah informasi tentang berbagai peran asuransi yang harus diketahui. Diharapkan dengan informasi tersebut maka kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi menjadi meningkat. Perlu diketahui jika jenis asuransi yang banyak dimiliki oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Ini disebabkan karena asuransi jiwa memberikan banyak manfaat bagi peserta atau ahli warisnya. 

Peminatnya yang cukup banyak, tidak mengherankan jika kemudian banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi jiwa. AXA Mandiri punya produk asuransi jiwa dengan layanan dan fasilitas terbaik yang bisa Anda pilih.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.