Cara Mengelola Keuangan Bagi Generasi Sandwich

Cara Mengelola Keuangan Bagi Generasi Sandwich

Financially Independent Retire Early (FIRE) akhir-akhir ini cukup banyak dibahas oleh kalangan milenial. Istilah ini menggambarkan bagaimana orang-orang agar bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan dan memiliki pendapatan pasif untuk hari tuanya.

Sayangnya, gerakan ini cukup sulit bagi mereka yang masuk ke dalam kategori generasi sandwich, yaitu sekelompok orang yang harus bertanggung jawab, tidak hanya untuk keluarganya, tetapi juga untuk orang tuanya. Bisa dikatakan jika generasi sandwich memiliki tanggung jawab double.

Di artikel ini akan dibahas mengenai generasi sandwich, dan yang paling penting adalah cara mengelola keuangan serta emosi.

Jenis-jenis Generasi Sandwich

Generasi sandwich sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan orang yang ditanggung. Ada lima kategori generasi sandwich, yaitu:

Traditional Sandwich

Mereka yang masuk ke dalam kategori ini adalah orang-orang dalam rentang usia 40-50 tahun yang punya anak sudah dewasa tapi belum mandiri secara finansial. Selain menanggung anak mereka, golongan orang tradisional sandwich juga harus membiayai orang tua yang sudah lanjut usia.

Extended Traditional Sandwich

Generasi extended traditional sandwich adalah mereka yang sudah menikah dan punya anak, sementara itu juga harus membiayai orang tua serta saudaranya.

Open Faced Sandwich

Orang-orang yang sudah menikah meskipun belum punya anak, namun harus membiayai orang tua atau saudaranya masuk ke dalam golongan open faced sandwich.

Extended Open Faced Sandwich

Berbeda dengan open faced sandwich, generasi extended open faced sandwich adalah mereka yang sudah menikah meskipun belum punya anak, namun harus membiayai orang tua serta saudaranya. Beban golongan ini bukan salah satu saja, tetapi kedua-duanya.

Club Sandwich

Golongan terakhir adalah club sandwich dengan beban dan kebutuhan hidup terbanyak. Dalam club sandwich ada dua tipe, yaitu mereka di usia 50-60 tahun, sudah menikah dan punya anak dewasa yang sudah punya anak (yaitu cucu mereka), namun juga harus membiayai orang tua mereka yang sudah lanjut.

Kemudian, club sandwich untuk orang-orang berusia 30-40 tahun, yang sudah menikah dan punya anak, namun harus mengurus orang tua serta kakek nenek mereka.

Tantangan Sebagai Generasi Sandwich

Tentu saja karena tanggung jawab yang sangat besar itu, generasi sandwich memiliki banyak tantangan dari berbagai arah. Selain permasalahan keuangan, ada permasalahan-permasalahan lain yang bisa jadi cukup besar.

Tantangan Keuangan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika generasi sandwich tidak hanya merawat keluarganya, melainkan memiliki tanggung jawab finansial yang cukup besar. Mereka harus memberikan waktu lebih banyak agar bisa memenuhi kebutuhan orang tua dan anak-anak, apalagi jika ada anggota keluarga lainnya yang harus ditanggung.

Sementara itu, karena waktu yang mereka miliki untuk merawat habis digunakan untuk bekerja, beberapa memilih menyewa pengasuh, tentu saja ini akan menambah tanggung jawab dan memperburuk keuangan mereka.

Tantangan Psikologis

Selain keuangan, tantangan psikologis juga harus dihadapi para generasi sandwich. Berada dalam tekanan terus menerus untuk mengatur rumah dan pekerjaan serta mengelola keuangan membuat mereka lupa untuk mengelola stres dengan baik.

Tips Mengelola Keuangan dan Emosi Bagi Generasi Sandwich

Nah, bagi kamu generasi sandwich, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar keuangan dan emosimu bisa terkontrol dengan baik.

Buat Rincian Keuangan dengan Baik

Jangan pernah kamu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Perencanaan keuangan juga harus matang agar penghasilanmu cukup untuk menanggung seluruh anggota keluarga.

Kamu bisa buat rincian keuangan dan buat daftar kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan orang tua berapa dana yang diberikan, tidak perlu banyak tapi tetap pastikan uang tersebut cukup.

Daftar Asuransi

Asuransi cukup penting untuk menopangmu jika hal tidak diinginkan terjadi, seperti jika tiba-tiba ada anggota keluarga sakit dan membutuhkan biaya pengobatan cukup besar.

Berbagi Beban

Jika kamu memiliki saudara lain yang sudah dewasa, kamu bisa berbagi dengan mereka. Atau jika anak-anakmu sudah cukup besar, maka minta tolong pada mereka untuk ikut merawat orang tuamu.

Jangan Lupa Pada Diri Sendiri

Karena kamu sudah disibukkan dengan berbagai tanggung jawab, jangan sampai lupa pada diri sendiri. Sempatkan dirimu untuk olahraga atau sekadar keluar bersama teman-teman.

Tentunya, sebagai generasi sandwich, kamu merasa kesulitan untuk mengelola keuangan, terutama jika mengharapkan adanya dana pensiun. Kamu bisa belajar menjadi financially independent dengan cara daftar menjadi membership Ternak Uang.

Lewat platform ini, kamu bisa belajar langsung dari para ahli serta berbagai modul ekslusif demi mencapai merdeka finansial. Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGER11. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member nanti. Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang juga!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like