Mencari Hari Baik Menggunakan Kalender Jawa

Mencari hari baik dengan Kalender Jawa

www.enkosa.com – Kalender Jawa banyak digunakan oleh orang Indonesia khususnya dari masyarakat keturunan Jawa. Dikarenakan masyarakat Jawa masih menjunjung tinggi tradisi nenek moyang mereka, yang mana tanggalan Jawa digunakan sebagai rumusan untuk mencari hari baik.

Mencari Hari Baik dengan Kalender Jawa

Mencari hari baik bukanlah urusan mudah, tidak semua orang Jawa mampu mencari hari baik. Hanya segelintir orang-orang yang mampu menentukan hari apakah hari tersebut baik atau buruk.

Dalam menentukan hari baik, orang yang ahli dalam mencari hari baik selalu menggunakan Weton, Wuku dan Pasaran sebagai patokannya. Sebab ketiga hal tersebut selalu bersanding menjadi satu kesatuan Penanggalan Jawa.

Kebanyakan dari kita mencari hari baik untuk berbagai keperluan hajatan, dengan harapan hajatan yang akan diselenggarakan dapat berjalan lancar sampai acara selesai dengan tanpa ada halangan suatu apapun.

Berbagai hajat yang biasanya memerlukan hari baik ialah seperti mencari hari baik untuk lamaran, pernikahan, khitanan, mencari kerja, membuka toko dan banyak sekali kegiatan-kegiatan lainnya. Sebab tradisi Jawa merupakan tradisi yang dibawa oleh nenek moyang terhadap Agama yang di anutnya terlebih dahulu yakni Agama Hindu, yang kemudian masuk Agama Islam yang masih mempertahankan tradisi kejawen.

Kendala saat ini adalah semakin berkurangnya orang-orang yang mampu mencari hari baik. Terlebih jika tinggal di kota besar, semakin sulit untuk menemukan orang yang dapat mengerti dan paham tentang Penanggalan Jawa. Apalagi saat ini Kalender  modern dan digital yang beredar kebanyakan hanya menyuguhkan Kalender Masehi.

Oleh sebab itu dalam artikel kali ini akan membahas mengenai cara mencari hari baik berdasarkan Penanggalan Jawa. Sistem Penanggalan Jawa merupakan gabungan dari Penanggalan Julian, Masehi, dan Hijriyah, kemudian di dalamnya berisi Pasaran, Wuku, Weton dan Sadwara.

Mencari hari baik merupakan kegiatan yang rumit, maka dari itu kami merekomendasikan satu website yang khusus membahas mengenai Kalender Jawa. Di dalamnya membahas Kalender Jawa lengkap dengan Pasaran, Weton, hari baik dan buruk.

Website yang kami maksud adalah www.enkosa.com, merupakan website yang membahas mengenai Penanggalan berbagai Kalender seperti Kalender Masehi, Kalender bali, Kalender liturgi dan berbagai macam Kalender lainnya.

Jika kamu ingin mencari hari baik untuk kegiatan atau acara, maka dalam website tersebut sudah dijabarkan dengan lengkap mengenai hari-hari baik dan buruknya. Sehingga kamu tidak perlu pusing mencari orang yang mampu mencari hari baik maupun hari buruk.

Cukup sekian informasi mengenai cara mencari hari baik dengan Kalender Jawa, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terimakasih

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.