Internet, Lebih Banyak Mendatangkan Masalah atau Manfaat Sih?

Internet, Lebih Banyak Mendatangkan Masalah atau Manfaat Sih

Berapa jam sehari kamu menggunakan internet melalui smartphone atau komputer? Kegiatan berinternet apa saja yang kamu lakukan? Pertanyaan ini penting dijawab demi mengetahui dampak positif atau justru negatif yang diperoleh selama berinternet. 

“Dapatkah internet menyatukan Indonesia?”, mungkin menjadi pertanyaan besar. Pasalnya kehadiran internet ada yang membuat seseorang kecanduan dan melupakan aktivitas bekerja dan belajar. Namun, di samping itu, internet yang digunakan secara baik dan bijak justru bisa membawa banyak manfaat bahkan bisa jadi media untuk memperoleh uang, loh!. Seenggaknya ini yang aku alami sendiri. 

Lalu, gimana sebenarnya peran internet di masyarakat dengan adanya pro kontra ini? Lebih banyak mana manfaat atau masalah yang diciptakan oleh internet? Kita bahas dulu yuk memangnya apa aja sih efek negatif dari penggunaan internet yang kurang bijak.

Kesalahan Penggunaan Internet yang Berdampak Negatif 

Pengaruh buruk internet sebenarnya datang karena cara penggunaan yang salah. Coba perhatikan kembali bagaimana cara kamu berinternet selama ini. Apakah kamu kerap insomnia karena terus-menerus menonton konten dari Instagram, Facebook atau Youtube? 

Jika iya, artinya kamu sudah kecanduan internet yang mengarah ke dampak negatif. Sampai sekarang masih ada beberapa permasalahan dalam cara menggunakan internet yang salah sehingga memperburuk aktivitas harian. Apa saja itu, berikut ini daftarnya. 

  • Aktivitas Cyber Bullying 

Kasus cyber bullying terus meningkat setiap tahunnya. Mengapa cyber bullying ini meningkat? Karena internet dianggap aman dan mudah secara konteks fisik. Seseorang bisa dengan mudahnya memberikan komentar bersifat hinaan sehingga korban pun merasa malu dan stress. 

  • Bermain Game atau Nonton Berjam-Jam 

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di internet, mulai dari menonton film, bermain game dan berselancar. Sayangnya kegiatan yang terus menerus ini bisa membuang-buang waktu yang. Padahal bisa digunakan untuk belajar atau bermain dengan teman secara langsung. 

  • Berkurangnya Aktivitas Fisik 

Mager karena sedang asyik menonton konten di Instagram? Banyak anak muda yang kecanduan internet sehingga malas beraktivitas fisik. Contoh, untuk berbicara dengan anggota keluarga satu rumah, kamu bahkan tidak mau turun dari tempat tidur. 

Melihat dampak negatif ini, mungkinkan internet menyatukan Indonesia dapat terjadi? Tenang saja, kamu juga harus tahu apa saja manfaat yang diberikan oleh internet. 

Efek Positif Internet Bagi Penulis dan Content Writer, Bisa Jadi Ladang Cuan

Internet, Lebih Banyak Mendatangkan Masalah atau Manfaat Sih

Sekilas melihat dampak negatif dari internet tentu cukup mengkhawatirkan. Namun tidak semua masyarakat Indonesia hanya menggunakan internet dan akhirnya kecanduan ke ranah negatif. 

Cukup banyak yang sadar akan fungsi internet sebagai media untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi. Internet juga memberikan manfaat untuk mencari hiburan murah tanpa harus keluar rumah. 

Bagiku yang setiap hari buka hape dan laptop untuk menulis, aku merasakan banget besarnya manfaat internet baik bagi skill ku, pengetahuanku hingga bisa jadi satu sumber pemasukan yang cukup signifikan. 

Sebagai blogger dan content writer, dengan bangga tentu aku lebih condong menyatakan kalau internet lebih banyak dampak positifnya, mungkin karena aku salah satu yang bisa memanfaatkannya dengan baik. 

Tapi pasti di antara kamu masih ada yang awam kan, “gimana sih kok bisa menghasilkan uang dari internet, kok bisa sih dapat duit dari menulis?

Seperti apakah keterampilan menulis yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan melalui internet? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • SEO Content Writer 

Hadirnya pemasaran digital membutuhkan SEO content writer yang mahir dalam mengolah kata dan memadukannya dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization). Kamu yang tertarik bisa belajar bagaimana cara membuat artikel yang sesuai dengan keyword paling dicari. 

Gunanya adalah agar artikel bisa masuk ke peringkat atas mesin pencari dan kesempatan meningkatkan trafik website pun lebih tinggi. Saat ini sudah banyak SEO content writer yang bahkan direkrut oleh perusahaan-perusahaan besar. 

Kini membaca buku tidak harus dalam bentuk fisik kertas melainkan eBook yang merupakan salah satu produk digital. Disinilah kemampuan menulis dibutuhkan sehingga untuk menciptakan produk digital seperti eBook, cerpen, materi kursus online dan masih banyak lagi. 

Kamu bahkan bisa menjualnya berkali-kali padahal hanya dibuat satu kali tanpa ribet urusan cetak mencetak. Untungnya tentu jauh lebih banyak dibandingkan memanfaatkan percetakan konvensional. 

  • Content Kontributor 

Istilah ini sebenarnya ditujukan kepada para jurnalis yang ingin menjadi kontributor pada sebuah portal media. Bedanya dengan kontributor dulu adalah sekarang untuk menulis berita lebih mudah karena tema semakin luas dan bisa menjadi pekerjaan sampingan. 

Banyaknya portal media yang bermunculan membuat kesempatan untuk menjadi content kontributor di beberapa tempat pun terbuka lebar. Jika kamu tertarik terhadap jurnalistik bisa langsung mendaftar sebagai kontributor. 

Dulu jika ingin tulisan dimuat di media massa harus menunggu waktu yang lama. Jika ingin membuat majalah sendiri butuh biaya banyak. Beda dengan sekarang, kamu bisa membuat blog sendiri yang bisa mendatangkan uang dengan lebih cepat. 

Rutin menulis dan mengembangkan blog bisa membuka kesempatan kamu bekerja sama dengan brand-brand tertentu. Pekerjaan sebagai blogger pun kini juga semakin diminati, tidak kalah dengan Youtuber lho. 

  • Menjadi Copywriter 

Satu lagi yang keterampilan menulisnya cukup banyak dicari yaitu sebagai copywriter. Khusus untuk copywriter kamu harus pandai dalam menghasilkan tulisan untuk mengajak pembaca menggunakan atau membeli produk atau sesuai kampanye yang dilakukan. 

Kamu yang memiliki bakat dalam menulis copy tentu akan banyak dicari dan bisa bekerja secara lepas atau justru terikat kontrak dengan salah satu perusahaan. Jika kamu memanfaatkan internet sebagai copywriter sudah pasti dampak positif yang didapatkan lebih besar. 

Internet, Lebih Banyak Mendatangkan Masalah atau Manfaat Sih

Internet menyatukan Indonesia bukan hanya bualan, tapi bisa terjadi jika kamu menggunakannya dengan benar. Apalagi jika kamu menggunakan IndiHome yang menghadirkan Internet Stabil sepanjang hari. Sangat besar kontribusi IndiHome yang telah memberikan internet bahkan sampai ke daerah pelosok di Indonesia. 

Semua itu demi masyarakat Indonesia tidak tertinggal dalam hal informasi, bahkan bisa memberikan penghasilan tambahan. Buktinya pada dunia tulis menulis yang kerap dianggap sepele pun bisa menjadi lahan untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like