7 Langkah Optimasi SEO On Page yang Efektif Untuk Pemula

Optimasi SEO On Page

Temen-temen yang baru masuk ke dunia blogger perlu belajar tentang cara optimasi SEO On Page kalau ingin blognya makin berkembang, mendapat banyak traffic bahkan berpengasilan dari blog.

Pengoptimalan SEO atau Seach Engine Optimization ini adalah langkah awal yang harus ditempuh dalam proses optimalisasi sebuah website atau blog.

Salah satu tujuan optimalisasi SEO ini ialah mendapatkan traffic kunjungan yang tinggi dan organik. Semakin baik posisi website kamu di halaman pencarian google, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan traffic yang tinggi.

Tak hanya mendapatkan traffic yang tinggi, masih banyak manfaat SEO yang bisa kamu dapatkan jika kamu bisa menerapkan SEO dengan baik.

Pengoptimalan SEO pada website atau blog sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Namun, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai SEO On Page dan cara optimasi yang efektif.

Apa itu SEO On Page ?

SEO On Page merupakan langkah optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas konten yang diterbitkan oleh suatu website atau blog. Optimasi SEO on page ini adalah usaha mengoptimasi blog atau website dari dalam blog itu sendiri. Jika dari luar, itulah yang dinamakan SEO off page, biasanya terkait masalah backlink dan sebagainya. Nanti kita bahas di artikel terpisah ya.

Hal ini bertujuan agar konten kamu lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh pengunjung website atau blog.

Tidak hanya itu, optimasi SEO On Page yang baik juga akan memudahkan mesin pencari (dalam hal ini Google) untuk mengenali website atau blog kamu sesuai dengan kata kunci yang dicari. Lalu, bagaimana cara optimasi SEO on page yang efektif?

7 Langkah Optimasi SEO On Page yang Efektif Untuk Pemula

Optimasi SEO On Page

Sebagian besar orang khususnya blogger pemula mungkin masih bingung terkait cara optimasi SEO on page. Setidaknya ada 7 cara optimasi yang harus kamu lakukan. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Riset kata kunci atau keyword

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan meriset kata kunci atau keyword. Perlu diingat, penggunaan kata kunci sangat memegang peranan penting dalam optimasi sebuah website atau blog.

Karena pemilihan kata kunci yang sesuai dengan isi artikel atau blog yang kamu kelola, akan memudahkan mesin pencari menemukan konten kamu. Dengan demikian, orang-orang akan mudah menemukan artikel kamu karena relevan dengan kata kunci yang mereka ketikkan.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Konten adalah produk utama dari sebuah website atau blog. Untuk menarik perhatian pengunjung, kamu harus membuat konten yang informatif dan bermanfaat.

Karena meskipun konten artikel kamu memiliki jumlah kata yang banyak, jika tidak berkualitas dan tidak bermanfaat maka akan sulit untuk bersaing di halaman pencarian google.

3. Tambahkan Gambar atau Video

Konten yang hanya berisi teks saja tentu akan sangat membosankan bagi yang membacanya. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung website atau blog kamu, setidaknya sisipkan satu atau dua gambar pada setiap kontenmu.

Akan lebih baik lagi jika kamu menambahkan video sebagai pelengkap. Dilansir dari Vidyard.com, konten yang melampirkan video memiliki peluang 53 kali lebih besar untuk bisa muncul pada peringkat teratas di halaman pencarian google dibandingkan dengan konten tanpa video.

Internal link adalah tautan yang mengarah ke konten lain di website atau blog mu. Tautan ini bertujuan untuk memudahkan para pengunjung untuk berpindah dari satu konten ke konten lainnya yang saling berhubungan.

Tentu hal ini bisa meningkatkan SEO on page blog kamu, karena google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan.

5. Gunakan Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan salah satu indikator penting dalam melakukan optimasi SEO on page ini. Karena dengan adanya Meta Deskripsi ini akan membantu para pembaca untuk memilih konten kamu di halaman pencarian google.

Bagaimana cara memaksimalkan nya? Tentu kamu harus membuat meta deskripsi yang berkaitan dengan topik pembahasan yang menarik perhatian calon pengunjung. Jangan sampai apa yang kamu sampaikan berbeda dengan isi kontenmu.

Penggunaan permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari (google) untuk mengenali konten yang kamu buat. Jadi buatlah permalink yang mengandung keyword utama yang sudah kamu targetkan.

Sebagai contoh, kamu menargetkan kata kunci utama Tips Blogger Sukses. Maka contoh permalink yang ideal untuk konten seperti ini ialah www.namawebsite.com/tips-blogger-sukses.

7. Tingkatkan Kecepatan Website

Loading website yang lambat tentu akan membuat pengunjung merasa bosan dan kemungkinan besar akan segera meninggalkan website kamu.

Oleh sebab itu, kamu wajib meningkatkan kecepatan website atau blog mu, karena kecepatan loading yang baik akan lebih disukai oleh para pengunjung bahkan disukai oleh mesin pencari.

Lalu bagaimana cara untuk mempercepat kecepatan loading website?

Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminimalkan penggunaan widget, meminimalkan iklan dan meminimalkan redirect.

Dengan cara sederhana ini kamu bisa mempercepat kecepatan website kamu yang tentunya akan berpengaruh pada optimasi SEO.

Nah, itu dia uraian singkat terkait langkah optimasi SEO on page untuk website atau blog dengan mudah.

Informasi ini sangat penting untuk diketahui, khususnya bagi kamu yang bergelut di dunia blogging atau menjalankan sebuah bisnis online. Sebab, optimasi SEO ini akan memberikan pengaruh besar yang positif terhadap website atau bisnis online kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.