11 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Paling Ampuh – Kucing adalah binatang lucu yang banyak dipelihara oleh orang-orang, tetapi siapa sangka bahwa hewan imut yang satu ini sering terserang jamur.

Karena mudahnya kucing terkena jamur, maka kamu sebagai pemilik kucing harus mengetahui apa saja cara menghilangkan jamur pada kucing. Jamur yang terdapat pada kucing tersebut tentunya akan membahayakan mereka sebagai binatang yang biasa dipelihara.

Meskipun ada beberapa kasus kucing yang terkena berbagai penyakit lainnya, tetapi jamur yang menyerang kucing harus tetap diperhatikan dengan baik agar kesehatan kucing bisa tetap terjaga. Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara menghilangkan jamur pada kucing yang paling ampuh dan bisa kamu praktekkan di rumah.

11 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Cara menghilangkan jamur pada kucing secara alami berikut ini adalah sebuah langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan kucing-kucing yang ada di sekitar. Lalu, apa sajakah cara menghilangkan jamur pada kucing? Berikut ini informasinya.

1. Lakukan Karantina

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat mendapati kucingmu memiliki jamur adalah dengan mengkarantina kucing tersebut. Apalagi jika kamu memiliki banyak kucing, maka pastikan kucing yang terinfeksi jamur dipisahkan karena bisa menyebar.

Selain menularkan jamur ke kucing lainnya, ternyata jamur tersebut juga bisa menular ke manusia. Oleh karena itu, ketika kucing terinfeksi jamur, kamu harus segera mengkarantinanya.

2. Gunakan Sampo Anti Jamur

Selain mengkarantina, kamu juga harus memandikan kucing yang terinfeksi dengan sampo Ketoconazole yang memiliki kandungan untuk menghilangkan jamur dengan cepat.

Kamu harus memandikan kucing minimal dua kali dalam seminggu dengan menggunakan sampo ini. Jenis sampo lainnya adalah Enilconazole, Chlorhexidine, maupun Malaseb.

3. Gunakan Bedak Anti Jamur

Kamu juga bisa membeli obat jamur kucing di apotik berupa bedak anti jamur. Kamu bisa menemukan berbagai mereka bedak anti jamur untuk kucing di toko hewan dan di apotik.

Setelah itu, taburkan bedak di area kulit kucing yang terkena jamur. Bedak ini bisa mencegah penularan dan menyebarnya jamur ke seluruh tubuh kucing. Pastikan juga untuk memakaikan kucing tabung penutup kepala khawatir bedak akan dijilat.

4. Belerang

Cara menghilangkan jamur pada kucing yang selanjutnya adalah dengan menggunakan belerang. Cara ini menjadi salah satu cara alami yang paling ampuh untuk membuat jamur kucing hilang.

Kamu bisa menggunakan belerang dengan kadar konsentrasi 0,5% hingga 5% sebagai sampo dan mandikan kucing minimal  minggu sekali dengan menggunakan belerang.

5. Antibiotik

Meskipun dengan antibiotik kucing tidak akan meredakan infeksi jamur, tetapi obat ini bisa menjadi pelindung bagi kucing untuk menghentikan tumbuhnya jamur.

Dan lagi, kucing yang sudah diberi antibiotik akan memiliki ketahanan  yang lebih dibandingkan dengan kucing lainnya.

6. Obat Cair Anti Jamur

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Selain menggunakan antibiotik, cara menghilangkan jamur pada kucing yang selanjutnya juga bisa menggunakan obat air bernama VWG. Obat cair ini bisa dengan mudah ditemukan di apotik. Cara memakainya adalah dengan menyemprotkan obat langsung ke area badan kucing yang berjamur. Obat cair ini dinilai lebih aman daripada obat tabur atau obat oles.

7. Jaga Suhu Ruangan Tempat Kucing

Menjaga suhu ruangan tempat kucing adalah salah satu cara untuk menghentikan pertumbuhan jamur. Pastikan tempat kucing tersebut tidak terlalu lembab dan idealnya sekitar 40% hingga 50%.

Pada kondisi ruangan dengan tingkat kelembaban seperti ini akan membuat jamur mati dan tidak berkembang dengan sendirinya.

8. Cukur Bulu Kucing

Langkah mudah untuk mengobati jamur kucing adalah dengan mencukur bulu kucing di area kulit yang terkena jamur.

Cara ini harus dilakukan untuk memudahkan proses pengobatan pada kulit kucing. Biasanya bulu yang tumbuh di sekitar jamur yang tumbuh akan mudah rontok sehingga akan cukup mudah untuk dicukur.

9. Gunakan Obat Dalam

Selain cara menghilangkan jamur pada kucing di atas jika jamur yang tumbuh tersebut tidak hilang dengan cepat, maka kamu bisa menggunakan obat dalam. Obat tersebut seperti Fluffy Cat yang bisa ditemukan di apotik.

Harga dari obat ini sekitar Rp. 129.000 dan akan membuat jamur hilang dengan mudah.

10. Gunakan Salep

Kamu juga bisa menggunakan salep 88 untuk jamur kucing. Namun. Pastikan salep tersebut cocok dengan kucing karena jika kamu mengoleskan salep yang tidak cocok dengan kucing, jamur tersebut akan semakin parah dan bisa jadi akan mendatangkan penyakit lainnya.

11. Sulfur

Sulfur ternyata bisa menjadi cara menghilangkan jamur pada kucing. Sulfur tersebut bisa kamu temukan di berbagai merek obat untuk kucing. Selain sulfur, betadine juga dianggap ampuh untuk mengobati jamur yang bersarang di kucing.

Nah itulah 11 cara menghilangkan jamur pada kucing yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk kita rawat kucing kita agar terhindar dari rasa sakit dan nggak nyaman salah satunya karena jamur. Selamat mencoba!

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.