Faktor Kolestrol Jadi Tinggi Ternyata Bukan Cuma dari Makanan Saja

Faktor Kolestrol Jadi Tinggi

Faktor Kolestrol Jadi Tinggi – Semua orang tentunya tidak ingin mengalami kolestrol tinggi, hanya saja secara tidak langsung banyak orang yang tidak sengaja malah mendekatinya. Yah pola hidup tidak sehat adalah faktor kolestrol jadi tinggi. Banyak yang beranggapan pemicu kolestrol tinggi hanya karena makanan saja, tapi ada penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang harus kamu hindari seperti sebagai berikut.

Kolestrol adalah zat yang diproduksi oleh organ hati, tapi biasa juga ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan seperti susu dan daging. Kolestrol memang penting bagi tubuh, tapi tentunya dalam batas yang wajar. Tingkat kolestrol yang tidak terkontrol akan memicu beberapa penyakit seperti kardiovaskular ataupun penyakit kronis lainnya.

Memang benar bahwa makanan yang tidak sehat adalah faktor kolestrol jadi tinggi yang paling utama. Tapi ada penyebab kolesterol gampang naik selain mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Jadi sebelum kolestrol tinggi menyerang kamu, sebaiknya lakukan pencegahan kolesterol dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Faktor Kolestrol Jadi Tinggi Selain Makanan

Makanan penyebab kolesterol tinggi adalah makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi seperti jeroan, seafood, lemak, santan, keju, susu dan telur. Selain makanan tersebut ternyata ada beberapa faktor kolestrol jadi tinggi yang belum diketahui banyak orang.

Artikel Terkait:  Tahukah Kamu? Berikut 4 Jadwal Terbaik untuk Minum Air Putih

1. Konsumsi Alkohol

Alkohol memang tidak pernah baik bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Ternyata mengonsumsi alkohol hanya akan memicu meningkatnya kolestrol total dan trigliserida. Itulah kenapa pecandu alkohol cenderung memiliki berat badan berlebih dan mudah mengalami tekanan darah tinggi.

2. Stres

Tanpa disadari bahwa pikiran penyebab kolesterol yang paling berisiko. Ketika beban pikiran terlalu berat, maka bukan kolestrol saja yang menjadi tinggi, tapi juga tekanan darah pun ikut meningkat. Itulah kenapa orang yang mengalami kondisi seperti ini lebih rentan terkena stroke.

3. Minum Kopi Berlebihan

Kopi yang diminum secara berlebihan akan menjadikan darah lebih pekat sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Bila kamu sulit untuk lepas dari kopi, setidaknya jangan mengonsumsi kopi lebih dari 6 gelas per hari.

4. Kurang Olahraga

Bukan hanya bisa menyebabkan penyakit jantung, tapi olahraga yang kurang juga menjadi salah satu faktor kolestrol jadi tinggi. Begitupun sebaliknya, orang yang melakukan olahraga secara teratur akan meningkatkan kolesterol high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Di samping itu, olahraga yang teratur dapat menekan kolestrol jahat, membakar trigliserida dan dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Usia dan Jenis Kelamin

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kolestrol lebih cenderung meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Sedangkan faktor jenis kelamin, wanita lebih berisiko terkena kolestrol tinggi dibandingkan pria. Karena kadar kolestrol LDL dan trigliserida lebih cenderung naik pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Kucing Sakit Agar Cepat Sembuh

6. Pemakaian Pil Kontrasepsi

Wanita yang tengah menggunakan pil kotrasepsi akan lebih berisiko terkena kolestrol total, kolestrol jahat dan trigliserida.

7. Merokok

Di dalam sepuntung rokok terdapat zat kimia yang disebut akrolein yang dimana zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL sehingga dapat menunda pengangkutan timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Dalam hal ini, kebiasaan merokok akan mengakibatkan penyempitan arteri atau aterosklerosis.

8. Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih akan lebih berisiko meningkatkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh. Itulah sebabnya sangat disarankan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih untuk menurunkan berat badannya. Hal ini disebabkan karena berkurangnya berat badan maka juga dapat menurunkan LDL dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL).

Itulah beberapa faktor kolestrol jadi tinggi selain makanan yang harus kamu hindari. Untuk hidup lebih sehat memang tidak mudah, tapi menjalani hidup dengan tubuh yang sakit akan lebih sulit.

Ada banyak cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan, entah itu mengonsumsi obat ataupun memanfaatkan tanaman herbal untuk menurunkan kolestrol. Dan yang terpenting berusahalah hindari hal-hal yang menjadi penyebab kolestrol jahat meningkat. Ayo jalani gaya hidup yang baik untuk hidup lebih sehat demi kebaikan kita semua. Stay healthy ya gaes!!

0 Shares:
2 comments
  1. Takut banget deh aku nih mbak Rin sama kolesterol secara bisa nyerang kemana2 makanya aku batesin makan yang lemak2 , seafood ya gitu deh.. soale klo udah kena kolesterol ngobatinnya repot hehe..makasih artikelnya udah ngingetin aku ttg kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.