Pengertian Asuransi Motor Hilang, Jenis dan Perhitungannya

Asuransi Motor Hilang

Pengertian Asuransi Motor Hilang, Jenis dan Perhitungannya – Saat ini, hampir semua orang mempunyai motor sebagai kendaraan pribadi. Motor digunakan untuk mobilitas sehari-hari yang mendukung berbagai aktivitas. Karena itulah, motor dianggap sebagai benda penting.

Sebagai benda yang sangat berguna, motor harus dirawat dengan baik. Tidak hanya menjaga kebersihannya bahkan luarnya, motor harus diservis secara rutin. Termasuk untuk perlindungannya, tidak ada salahnya memiliki asuransi motor hilang.

Pengertian Asuransi Motor

Asuransi motor merupakan perlindungan terhadap motor atas apa saja jenis risiko yang terjadi di masa depan. Risiko yang dimaksud bisa berupa kerusakan akibat kecelakaan, kebakaran, atau kejadian lainnya.

Sementara asuransi motor hilang berarti perlindungan untuk jenis risiko berupa kehilangan. Risiko kehilangan yang termasuk dalam asuransi bisa dikarenakan pencurian atau sebab lainnya.

Pada kejadian kehilangan motor, asuransi bisa menjamin risiko hingga mencapai 75%. Asuransi jenis ini disebut TLO atau total loss only. Jadi jika Anda ingin mendapatkan perlindungan maksimal, pilih jenis asuransi tersebut untuk motor Anda.

Jenis-jenis Asuransi Motor

Kerugian akibat kehilangan motor pasti bernilai cukup besar. Itulah alasan mengapa Anda sangat perlu memiliki asuransi untuk motor. Namun sebelumnya, ketahui jenis-jenis Asuransi motor berikut ini yang dibedakan dari cara pembeliannya:

  • Motor yang Dibeli secara Tunai

Motor yang dibeli secara tunai artinya Anda langsung melunasi harga motor saat pembelian. Pada sistem pembelian motor secara tunai, umumnya belum disertai dengan asuransi kehilangan maupun kerusakan.

Meski begitu, pihak leasing biasanya akan tetap menawarkan asuransi untuk motor yang Anda beli secara tunai. Anda bisa mengurus asuransi motor hilang secara terpisah dari proses pembelian dan pelunasan motor.

  • Motor yang Dibeli secara Kredit

Pada motor yang dibeli secara kredit, biasanya a sudah sekaligus disertakan dalam seluruh pembayaran yang harus Anda lunasi. Inilah salah satu kelebihan pembelian motor secara kredit dibanding beli motor secara tunai.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu memikirkan premi setiap bulannya. Pembayaran premi sudah termasuk dalam cicilan motor. Anda tinggal mendapatkan manfaat dari asuransi motor hilang.

Faktor Penting yang Berpengaruh pada Perhitungan Asuransi Motor

Setelah memahami pengertian dan jenis asuransi motor, Anda juga mempelajari cara perhitungannya. Terdapat beberapa poin penting berkaitan dengan perhitungan asuransi motor, seperti berikut ini:

  • Faktor yang Mempengaruhi

Perhitungan asuransi motor hilang tergantung pada jarak pembelian dengan jarak kehilangan. Jika kehilangan terjadi tidak lama setelah pembelian, maka uang asuransi yang diterima bernilai cukup besar.

Kehilangan sebelum 6 bulan dari waktu pembelian akan mendapatkan ganti sebesar harga motor tersebut. Semakin jauh jarak waktunya, maka pertanggungjawaban yang diterima akan semakin sedikit.

  • Diperlukan Kelengkapan Dokumen

Ketika mengajukan klaim atas hilangnya motor, Anda harus menyertakan sejumlah dokumen pendukung. Dokumen yang diperlukan antara lain KTP, SIM, berita acara kehilangan dari kepolisian, STNK, form laporan, polis asuransi dan kunci motor.

Kelengkapan dokumen menjadi syarat utama keberhasilan klaim asuransi. Jika ada satu saja yang terlewat, pengajuan klaim asuransi akan tertolak. Semua data yang disertakan juga harus sesuai.

  • Penyebab Klaim Ditolak

Dokumen yang kurang lengkap bukan satu-satunya penyebab klaim asuransi motor ditolak. Faktor lain juga bisa jadi penyebab tertolaknya klaim, seperti wilayah kejadian tidak sesuai polis, hilang akibat kelalaian pemilik, pengendara mabuk sampai pelanggaran lalu lintas.

Faktor lain yang berkaitan dengan ketentuan asuransi juga bisa jadi penyebab klaim ditolak. Termasuk keterlambatan pembayaran premi asuransi, klaim yang sudah melewati batas waktu hingga masa perlindungan yang sudah berakhir.

  • Lamanya Waktu Klaim

Waktu klaim asuransi motor hilang tidak akan terlalu lama asal pemohon sudah melengkapi persyaratan. Oleh karena itu, pastikan semua dokumen sudah disertakan saat klaim dan semua data sudah benar.

Ketentuan juga menjadi syarat klaim cepat cair. Termasuk tidak adanya rekayasa dalam kejadian kehilangan. Selain itu, pastikan juga tidak ada aturan yang dilanggar saat kejadian kehilangan.

Asuransi motor hilang bisa menjadi upaya untuk mengantisipasi risiko kerugian yang bisa terjadi kapan saja. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, pilihlah penyedia asuransi motor terbaik dan terpercaya. Pertimbangkan berbagai kriteria penyedia asuransi yang memiliki reputasi baik serta menyediakan pelayanan maksimal.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like