Penting! Cara agar Ginjal Tetap Sehat: Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

ginjal tetap sehat

Cara agar Ginjal Tetap Sehat – Ginjal adalah organ penting di dalam tubuh yang memiliki peran menyaring zat beracun dalam tubuh, ginjal harus dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam nyawa. Anda bisa menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal secara alami dan mudah dijadikan sebagai kebiasaan.

Sayangnya, sebagian orang melalaikan peran ginjal karena rutinitas yang padat sehingga mengabaikan kesehatannya. Alhasil, banyak penyakit bermunculan dan tak bisa disembuhkan karena ginjalnya sudah rusak.

Cara Efektif Menjaga Kesehatan Ginjal

Sejatinya, menjaga kesehatan ginjal harus diterapkan sejak dini. Anda bisa menerapkannya untuk anggota keluarga agar ginjal keluarga tetap sehat, berikut ada cara yang bisa dilakukan:

  • Menjaga Pola Makan

Cara menjaga kesehatan ginjal pertama adalah menjaga pola makan sehat, apalagi penyakit ginjal diawali dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Tak heran dua penyakit itu menjadi momok menakutkan karena proses penyembuhannya pun sulit. Untuk menghindari penyakit tersebut dan ginjal tetap sehat, pastikan mengatur pola makan dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Pilihlah buah-buahan yang bagus untuk kesehatan ginjal, Anda bisa memilih sesuatu selera. Misalnya buah ceri yang rendah kalium dan bisa mengendalikan tingkat keasaman tubuh, apel yang kaya antioksidan dan rendah kalium sehingga tidak memberatkan kinerja ginjal.

Sementara sayurannya, bisa memilih sayuran yang rendah kalium. Diantaranya kol, terong dan lobak yang mampu menyeimbangkan  mineral dan kalium di dalam tubuh. Jika tak menyukai makanan tersebut, bisa memilih makanan yang menyehatkan ginjal yang direkomendasikan dokter.

Selain itu, Anda harus membatasi asupan garam karena makanan tinggi garam dan sodium bisa membuat tekanan darah naik. Saat tekanan darah naik drastis , bisa merusak pembuluh darah dan kinerja ginjal semakin berat. Jika dibiarkan, Anda akan terserang hipertensi yang menjadi penyebab utama gagal ginjal.

Agar kadar garam tetap stabil, pilihlah makanan lain sebagai pengganti sodium. Anda bisa memilih bawang karena mengandung quercetin yang bisa menjaga kesehatan ginjal dan mengoptimalkan fungsi ginjal saat menyaring darah.

  • Memenuhi Asupan Cairan

Minum air putih kerap diabaikan banyak orang karena tak memiliki rasa, padahal banyak minum air putih menunjang kesehatan ginjal. Faktanya, kebutuhan mineral yang terpenuhi membantu melancarkan proses penyaringan darah tatkala membuang limbah beracun. Menurut penelitian, ginjal yang sehat mampu menyaring sekitar 150 liter darah setiap hati. Untuk itulah kesehatan wajib dijaga agar ginjal senantiasa sehat dan kinerjanya tidak terhambat.

  • Rutin Olahraga

Rutin olahraga atau rajin bergerak menjadi cara menjaga kesehatan ginjal yang diabaikan banyak orang, walaupun zaman modern ini semua serba instan harus aktif bergerak agar ginjal tetap sehat. Aktif bergerak membuat aliran darah tetap lancar dan membantu membakar kalori, dengan begitu terhindar dari berat badan berlebih yang memicu obesitas.

Jika kegiatan Anda padat dan sulit olahraga, pilihlah olahraga ringan dan lakukan beberapa menit secara rutin. Anda bisa yogya, bersepeda, jalan kaki dan olahraga ringan lainnya.

  • Menghindari Rokok dan Alkohol

Agar fungsi ginjal tetap stabil, Anda harus membiasakan diri menjauhi rokok dan alkohol. Kandungan berbahaya pada rokok dan alkohol bisa merusak ginjal dan meningkatkan risiko gagal ginjal kronik, lebih baik memilih makanan atau cemilan yang sehat dan banyak vitaminnya.

  • Menerapkan Diet Sehat

Jangan salah loh, diet sehat dan seimbang bisa menyehatkan ginjal. Anda bisa menerapkan komposisi tepat pada asupan tubuh, diantaranya karbohidrat kompleks sekitar 50-60 ℅, lemak sekitar 25-35 %, protein 5-20 %, serat sekitar 15-25 % dan memenuhi mikro nutrien yang terdiri dari mineral dan vitamin.

Jika Anda rutin melakukan diet sehat dan seimbang, tubuh akan terhindar dari penyakit ginjal dan penyakit lainnya karena asupannya dibutuhkan tubuh.

Walaupun obat alami untuk ginjal sehat sudah tersebar di pasaran, tetapi tak semua orang cocok mengkonsumsinya. Anda harus konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan, lebih baik menerapkan kebiasaan hidup sehat agar ginjal tetap sehat. Salah satunya memperbanyak minum air putih, Anda bisa menjadikan Cleo sebagai pilihan air mineral karena sudah terbukti berkualitas dan aman dikonsumsi jangka panjang. Air mineral Cleo juga sudah tersebar luas sehingga mudah ditemukan di warung maupun pusat perbelanjaan di berbagai wilayah.

Cara menjaga kesehatan ginjal wajib dilakukan semua orang, tak terpaut anak-anak maupun orang dewasa. Anda bisa menerapkan cara diatas karena mudah dilakukan dan bisa dijadikan kebiasaan yang menyehatkan.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like