9 Tips SEO Paling Penting yang Blogger Wajib Tahu

Tips SEO Paling Penting yang Blogger Wajib Tahu

9 Tips SEO Paling Penting yang Blogger Wajib Tahu – Bagi blogger membuat tulisan yang memberikan manfaat bagi banyak pembacanya seperti sebuah kepuasan tersendiri. Namun, untuk mencapainya, hal pertama yang harus dilakukan oleh blogger adalah membuat tulisan mereka dapat ditemukan oleh pembaca di antara ‘lautan tulisan’ di internet.

Di sinilah pentingnya optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang bertujuan agar tulisan atau artikel yang dibuat blogger dapat menempati rangking teratas hasil pencarian Google. Dengan begitu, maka artikel yang dibuat berpeluang besar untuk dapat diklik dan dibaca oleh banyak pengguna internet.

Bagi beberapa blogger, mungkin menerapkan teknik optimasi SEO dirasa terlalu sulit, karena ada dua jenis optimasi SEO yang harus dilakukan, yaitu optimasi SEO On Page dan Off Page. Namun ingatlah prinsip ini:

“Tidak ada yang tiba-tiba datang ke situsmu.”

Manfaat SEO Bagi Website dan Blog

Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari optimasi SEO, yaitu:

  • Meningkatkan traffic blog
  • Blog atau situs menjadi lebih terkenal
  • Meningkatkan pendapatan dari produk atau jasa yang ditawarkan di blog, atau dari layanan iklan yang terpasang (Misal Google AdSense).

9 Tips SEO Paling Penting Untuk Blogger

Tips SEO Paling Penting yang Blogger Wajib Tahu

Photo by Stories on Freepik

Nah, pada tulisan ini, saya akan memberikan 9 Tips SEO yang perlu kamu, sebagai blogger, wajib tahu untuk meningkatkan rangking websitemu. Jika kamu fokus pada ke-9 tips ini, maka akan lebih banyak traffic organik menuju blogmu dan kamu akan mendapatkan banyak pembaca. Yuk, kita mulai!

1. Tingkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website adalah faktor penting dalam SEO. Pasalnya, Google telah menjadikan kecepatan website sebagai salah satu faktor ranking yang sangat penting. Tidak heran, website yang lambat tentu akan membuat pengunjung frustasi dan memilih untuk keluar dari halaman blogmu.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan websitemu adalah dengan menyingkirkan elemen yang dapat memperlambat loading. Misalnya dengan menonaktifkan plugin yang tidak perlu, merapikan sidebar halaman website, dan pastikan gambar atau foto yang kamu upload tidak lebih dari 100 kb.

Internal link adalah link yang mengarah ke halaman lain di websitemu. Sedangkan outbound link adalah sebaliknya, yaitu link yang mengarah ke website lain di luar websitemu.

Menyisipkan baik internal maupun outbound link ke dalam tulisan, sama-sama penting dalam optimasi SEO. Sebaiknya link yang kamu masukkan mengarah ke konten yang relevan. Khusus untuk outbound link, pastikan website yang kamu berikan link adalah website yang memiliki reputasi yang baik.

3. Buat Tulisan yang SEO dan Human Friendly

Membuat artikel yang mudah dilacak oleh mesin pencari dengan menerapkan kaidah SEO memang penting, namun jangan lupakan juga bahwa yang membaca tulisanmu adalah manusia.

Oleh karena itu, buatlah tulisan yang ramah mesin pencari (SEO friendly) sekaligus membuat manusia, sebagai pembacamu, juga merasa nyaman (human friendly). Cara yang bisa kamu terapkan misalnya dengan menggunakan kata kunci yang tepat pada tulisan, menyesuaikan jenis dan ukuran font, serta jarak antar baris yang nyaman di mata pembaca, memasuk gambar pendukung, dan lainnya.

4. Gunakan Website Analisis

Photo by Stories on Freepik

Kamu dapat menggunakan Google Analytics dan Google Search Console, atau software web analysis lainnya untuk melakukan analisa kinerja websitemu. Dengan bantuan website analysis, kamu akan mengetahui mengenai pengunjung blogmu.

Misalnya seperti di mana mereka, bagaimana mereka mengakses blogmu, usia mereka, dan lain lain. Kamu juga dapat mengetahui jumlah kunjungan ke blogmu, halaman mana yang paling banyak dikunjungi.

Data-data tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mengoptimasi SEO pada tulisanmu. Salah satu contohnya yaitu saat data dari website analysis menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjungmu menggunakan handphone dalam mengakses situsmu, maka kamu harus mengoptimalkan tampilan versi mobile situsmu.

5. Buat Meta Description yang Unik dan Relevan

Salah satu teknik optimasi SEO penting yang sering diabaikan adalah membuat meta description. Padahal meta description merupakan bagian pertama setelah judul yang dilihat users saat Google menampilkan hasil pencarian.

Optimalkan dengan cara membuat meta description yang unik dan relevan dengan isi artikelmu, yang dapat menarik pembaca. Unik dalam artian berbeda dari situs lain yang membahas topik serupa.

Bagi kamu pengguna WordPress, kamu bisa meng-install plugin Yoast, lalu scroll hingga ke bawah ke bagian kolom Meta Description.

6. Gunakan URL yang Sederhana dan Dapat Dibaca

Coba perhatikan contoh URL berikut:

www.belajarseo.com/artikel27014

Apakah kamu bisa menebak isi kontennya? Saya yakin tidak. Begitu pun dengan pembacamu. Nah, jika pembacamu tidak dapat membaca dan memahami URL-mu, kemungkinan Google juga tidak bisa.

Hal itu karena angka-angka tidak memberikan petunjuk apa-apa tentang topik yang dibahas di dalam konten. Perlu diingat bahwa Google mengikuti pemahaman penggunanya. Maka, sangat tidak direkomendasikan menggunakan URL seperti itu.

Buatlah URL yang sederhana dan dapat dibaca seperti ini:

www.matchadreamy.com/optimasi-seo-off-page

Selain itu, berikut beberapa tips optimasi pembuatan URL:

  • Hindari menggunakan angka
  • Tidak menggunakan huruf kapital
  • Hindari penggunaan karakter lain selain dash (-)

7. Manfaatkan Media Sosial Untuk Mendapatkan Social Signals

Media sosial menjadi komponen pendukung penting dalam optimasi SEO. Dengan membagikan tulisanmu di media sosial yang kamu punya, maka akan menciptakan social signals yang berpengaruh pada peringkat hasil mesin pencari.

Social signals adalah sebuah parameter atau penilaian sebuah website berdasarkan like, share, subscribe, vote, pin, followers. Para ahli SEO telah membuktikan bahwa social signals berpengaruh secara tidak langsung terhadap peringkat sebuah website.

Yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan social signals adalah:

  • Buatlah tulisan atau artikel yang bermanfaat dan layak untuk dibagikan di semua platform media sosialmu.
  • Pastikan kamu memiliki tombol share ke beberapa media sosial pada tulisanmu.
  • Minta orang lain untuk membagikan tulisanmu.
  • Mention dan tautkan media sosial influencer di dalam tulisanmu dan beritahu mereka.

8. Gunakan Kata Kunci yang Tepat pada Gambar

Gambar sangat penting dalam optimasi SEO. Selain tulisan, Google juga menampilkan gambar pada halaman hasil pencarian atas kata kunci yang digunakan.

Untuk itu, kamu juga harus melakukan optimasi dengan menempatkan kata kunci yang tepat pada gambar, seperti pada bagian alt text dan title image. Disarankan juga untuk mengganti nama file gambar sebelum diupload dengan kata kunci yang ditargetkan, agar Google lebih mudah mendeteksinya.

9. Buatlah Tulisan Secara Konsisten

Mesin pencari Google telah menambahkan fresh factor dalam melakukan penilaian peringkat website. Salah satunya yaitu dari seberapa sering suatu website melakukan update atas kontennya.

Konten yang diupdate secara konsisten akan mendapatkan fresh score dari Google, daripada konten yang jarang diupdate. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dari gambar di bawah ini:

Tips SEO Paling Penting yang Blogger Wajib Tahu

Credit : Moz.com

Oleh karena itu, buatlah tulisan secara konsisten agar websitemu bisa mendapatkan fresh score dari Google yang berdampak pada peningkatan pemberian peringkat website atau blogmu.

Kesimpulan

Melakukan optimasi SEO memang tidak mudah, dan hasilnya pun tidak instan. Namun jika kamu konsisten, maka kamu akan mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blogmu. Tentunya kamu juga harus meningkatkan kualitas tulisan yang kamu buat agar memberi manfaat lebih banyak kepada para pembacamu. Selamat mencoba! (celotehdinihari.com)

Author : Fitri Apriyani, Blogger di Matchadreamy.com

0 Shares:
1 comment
  1. Konsisten menulis menjadi satu hal yang paling sulit dilakukan tentunya harus dibarengi dengan tekad yang kuat untuk terus berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.