Mengenal Apa Saja Kelainan Tulang Belakang dan Pencegahannya

apa saja kelainan tulang belakang

Temen-temen udah tahu belum apa saja kelainan tulang belakang? Tulang merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi vital. Tulang sebagai tempat melekatnya otot, pelindung organ penting hingga membentuk tubuh. Termasuk tulang punggung yang memberi struktur, menyokong tubuh dan melindungi saraf tulang belakang.

Melihat fungsi yang dimiliki tulang belakang bagi tubuh, penting sekali untuk mengenal apa saja kelainan tulang belakang dan bagaimana pencegahannya. Berikut pembahasan selengkapnya.

Mengenal Apa Saja Kelainan Tulang Belakang

Tulang belakang terdiri dari 26 ruas tulang belakang (vertebrata). Tulang belakang bisa bergeser dari posisi semestinya yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Macam-macam kelainan tulang belakang, antara lain :

1. Skoliosis

Merupakan salah satu kelainan tulang belakang karena tulang belakang melengkung ke arah samping, sehingga tampak menyerupai huruf S atau C.

Penyebab utama skoliosis sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli meyakini bahwa skoliosis dipengaruhi oleh genetika seseorang. Beberapa kondisi yang dikaitkan dengan skoliosis antara lain cerebral palsy, cacat lahir yang mempengaruhi perkembangan tulang tulang belakang hingga cedera atau infeksi.

Beberapa cara untuk mengatasi skoliosis antara lain dengan minum obat pereda nyeri, menggunakan korset, terapi fisik hingga dengan operasi tergantung pada derajat kelengkungan yang dimiliki.

2. Lordosis

Apa saja kelainan tulang belakang berikutnya adalah lordosis. Lordosis sendiri adalah kelainan tulang belakang dengan tulang bagian bawah punggung yang terlalu melengkung ke depan.

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab kelainan tulang belakang lordosis, diantaranya spondylolisthesis, merupakan pergeseran salah satu ruas tulang belakang condong ke depan, kemudian menutupi tulang yang berada di bawahnya.

Penyebab lain kelainan tulang lordosis adalah osteoporosis dimana mengakibatkan keretakan atau patah pada salah satu ruas tulang belakang bagian bawah.   Kelainan ini akan menyebabkan nyeri punggung belakang, terutama pada area yang retak.

Kelebihan berat badan ekstrim yang membuat tulang belakang tidak lagi mampu menopang berat tubuh dengan sempurna serta discitis atau radang piringan sendi tulang belakang juga menjadi penyebab lain kelainan tulang lordosois.

3. Kifosis

Adalah kelainan tulang akibat tulang belakang yang melengkung ke depan. Orang yang menderita kelainan tulang belakang kifosis akan memiliki postur tubuh yang bungkuk. Selain itu, terlihat tonjolan di bagian punggung.

Kelainan tulang belakang kifosis biasanya dipengaruhi oleh faktor usia. Tak heran bila banyak orang lanjut usia yang akan mengalami keluhan kifosis. Hal ini akan diperparah dengan postur tubuh semasa muda yang buruk.

Penyebab lain kifosis yaitu kelemahan otot bagian punggung atas, Scheuermann yang dialami anak-anak dengan penyebab yang tak diketahui, penyakit degenerasi tulang, osteoporosis, cedera tulang belakang hingga skoliosis.

4. Spondylosis

Spondylosis tak hanya mempengaruhi tulang belakang, namun juga pada bagian lain seperti sendi dan bantalan tulang. Kelainan tulang belakang ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, tekanan berlebih pada bagian tulang belakang, obesitas ataupun usia lanjut.

Penderita spondylosis akan mengalami beberapa keluhan seperti kaku pada leher atau punggung yang akan mereda saat digunakan berbaring, bahu yang terasa nyeri hingga sakit kepala.

Guna mencegah spondylosis, Anda bisa mulai dengan membiasakan duduk dan berdiri dengan posisi yang benar, mengangkat benda dengan posisi tubuh yang benar, mempertahankan berat badan ideal, melakukan diet seimbang yang rendah lemak, kaya vitamin dam mineral, serta berhenti merokok dan menghindari konsumsi alkohol.

5. Spondylolisthesis

Spondylolisthesis ialah daftar apa saja kelainan tulang belakang berikutnya. Kelainan tulang belakang ini disebabkan adanya pergeseran tulang belakang dari posisinya akibat dari fraktur stress yang terjadi secara berulang. Saat terjadi pergeseran tersebut menimbulkan tekanan pada syaraf yang bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa.

Kelainan tulang belakang ini bisa disebabkan karena cacat bawaan lahir akibat tulang belakang yang tidak terbentuk sempurna ketika masih berada di dalam kandungan, dampak dari aktivitas yang mengakibatkan tulang belakang tergeser misal pada atlet angkat besi.

Sebab lain dari macam-macam kelainan tulang ini ialah faktor usia yang menyebabkan sendi pada tulang belakang aus dan meradang. Selain usia, faktor kecelakaan yang menyebabkan trauma juga bisa memicu spondylolisthesis.

Tulang belakang merupakan bagian tubuh yang penting untuk melindungi saraf tulang belakang dimana tugasnya adalah mengirimkan sinyal antara otak dan tubuh sehingga fungsi gerak tubuh dapat optimal.

Tak heran saat seseorang jatuh dengan posisi duduk dapat mengakibatkan kelumpuhan akibat rusaknya syaraf yang bertugas mengirim sinyal. Penting untuk mengetahui daftar apa saja kelainan tulang belakang serta pencegahan yang bisa diupayakan. celotehdinihari.com

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.