Tips Memilih Hunian Terbaik Sebagai Investasi Sekaligus Tempat Tinggal

tips memilih hunian terbaik

Tahukan Anda kalau memilih hunian terbaik bukan hanya melihat harganya saja. Diperlukan seleksi dengan aturan tertentu untuk memastikan membeli properti yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Dengan demikian pastikan untuk memeriksa beberapa hal krusial yang menjadi definisi hunian yang terbaik dan potensial untuk dibeli.

Pertimbangan Dalam Memilih Hunian Terbaik Potensial

Carilah informasi pendukung selain dari yang diberikan oleh agen properti. Dengan demikian Anda akan membeli hunian baik untuk ditinggali atau dijadikan investasi yang benar-benar memiliki nilai bersaing. Ketahui hal-hal tersebut dengan menitik beratkan pada beberapa kriteria dasar yang menjadi acuan hunian yang bagus berikut ini.

1. Memenuhi Aturan Tata Kota

Ada panduan yang perlu diikuti sesuai Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan. Faktor yang diperhatikan termasuk mengikuti Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) berdasarkan Peraturan Daerah setempat dimana hunian tersebut berada.

  • Keamanan: bahwa lokasi bukan kawasan yang dilindungi, hutan produksi, buangan limbah atau berada di area jaringan listrik tegangan tinggi.
  • Kesehatan : lokasi yang jauh dari ambang batas air permukaan dan air tanah dalam.
  • Kenyamanan : kemudahan akses berbagai sarana dan prasarana.
  • Keindahan : mempertahankan topografi dan memperhatikan elemen penghijauan.
  • Fleksibilitas : mempertimbangkan potensi pemekaran atau perkembangan hunian.
  • Jati Diri : Faktor karakter sosial budaya setempat dengan tradisi.

Aturan pemerintahan saja sudah bisa menjadi patokan dasar untuk bisa memperoleh hunian yang layak dan juga nyaman. Properti yang mempertimbangkan semua poin di dalamnya tentu akan diburu oleh para calon pembeli.

2. Ramah Lingkungan

Memilih hunian terbaik untuk ditempati perlu memperhatikan kelangsungannya 10 tahun atau puluhan tahun mendatang. Lingkungan yang ramah lingkungan dan sustainable akan menjamin hunian yang Anda miliki bisa ditempati sampai memiliki anak dan cucu.

Konsep hunian yang eco-green menarik perhatian karena dapat memenuhi standar kehidupan sekarang dan mungkin masa depan. Mulai dari area hijau, desain yang berlimpahan cahaya matahari dan ventilasi alami. Hunian Anda akan menyatu dengan alam dan bisa mendukung hidup sehat.

3. Teknologi Modern

Definisi hunian idaman zaman sekarang tidak dapat terlepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi modern. Adanya sambungan internet WiFi atau CCTV yang terpasang dalam kompleks hunian adalah beberapa contoh teknologi yang bukan dianggap sebagai kemewahan lagi melainkan sudah jadi kebutuhan dasar.

Hal ini bukan suatu hal yang berlebihan, aktivitas dalam rumah kini menjadi lebih banyak, oleh karena itu instalasi wifi yang memadai bukan suatu yang berlebihan. Beberapa developer bahkan menambahkan teknologi seperti solar panel, AC hemat listrik atau pemakaian air yang dapat disesuaikan dengan teknologi yang ramah lingkungan.

4. Fasilitas Lengkap

Memilih hunian terbaik juga perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan. Karena dengan sistem one stop living space, Anda bisa melakukan banyak hal tanpa harus bepergian jauh. Hunan dengan taman, area belanja, olahraga, sekolah dan perkantoran adalah fasilitas penunjang kehidupan yang juga perlu diperhatikan.

Kalau Anda harus bepergian jauh hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mendapatkan bahan makanan atau membeli galon dan gas tentu sangat merepotkan. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan maka hunian tersebut semakin berpotensi untuk dijadikan investasi atau bahkan ditempati.

5. Akses Mudah

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah akses untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa ke Bandara, Rumah Sakit, Tempat kerja atau pusat perbelanjaan besar atau Mall. Kemacetan adalah salah satu faktor utama mengapa akses menjadi elemen penting dalam memilih sebuah hunian yang terbaik.

Anda ingin cepat menuju tempat-tempat penting seperti jalan tol atau Rumah Sakit? Pilih hunian yang punya akses mudah sehingga kalau ada hal yang mendesak, tidak akan mengalami kendala berarti. Hunian yang dekat dengan jalan tol juga ramai diminati pembeli karena memberikan kemudahan untuk mobilitas sehari-hari.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Memilih hunian terbaik perlu memperhatikan berbagai aspek mendasar dan juga pendukung lainnya. Tentu pilihan masing-masing orang berbeda-beda. Dapatkan tempat tinggal terbaik sesuai dengan keinginan Anda dan juga tolak ukur terbaik dan berkualitas sesuai penjabaran diatas.

tips memilih hunian terbaik

Salah satunya adalah Botania Lake Residence yang berlokasi di selatan Jakarta yang memiliki ruang hijau luas dan dekat dengan ibu kota. Hunian asri di pinggir kota yang lengkap dengan fasilitas canggih seperti CCTV, access card dan one gate system memastikan keamanan para penghuninya.

Akses 10 menit ke gerbang tol , kolam renang, taman bermain, arena olahraga di dalamnya akan membuat keluarga kecil dan siapapun betah berlama-lama di rumah. Harganya yang bersaing dengan hunian modern bergaya resort ini adalah investasi properti yang patut dipertimbangkan baik untuk ditempati sendiri atau dijadikan investasi.

 

0 Shares:
1 comment
  1. Yup betul sekali mba. Point terakhir akses mudah gampang kemana saja serta mudah untuk dituju. Fasilititas juga mesti utama terutama fasilitas umum seperti rumah ibadah dan tempat olah raga. Artikelnya keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like