Kenali Tanda-tanda Suhu Tubuh Normal Bayi Dari 2 Hingga 9 Bulan

Suhu Tubuh Normal Bayi

Sebagai orang tua yang baru memiliki bayi newborn, Anda harus paham segala hal yang berhubungan dengan cara merawat sang buah hati, salah satunya adalah mengenai tanda-tanda suhu tubuh normal bayi. Mengetahui ini suhu tubuh normal bayi bertujuan agar nantinya Anda bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mengenai kesehatan si kecil yang diukur melalui termometer.

Suhu tubuh merupakan suatu kemampuan badan untuk menghasilkan dan menghilangkan panas. Ada beberapa faktor yang membuat suhu normal pada si kecil seperti jenis kelamin, usia, waktu, dan tingkat aktivitas yang dilakukan sehari-harinya. Nah untuk mengetahui berapa suhu normal bayi, kami akan membantu Anda untuk mendapatkan informasinya.

Inilah Tanda-Tanda Suhu Tubuh Normal Bayi

Suhu Tubuh Normal Bayi

Suhu tubuh normal bayi ternyata dapat dilihat berdasarkan usia mereka. Tentunya tanda-tanda ini harus diketahui oleh semua orang tua agar dapat mengenali gejala demam. Bahkan menurut jurnal Paediatrics and Child Health menyebutkan bahwa suhu normal bayi di bawah 3 tahun berkaitan dengan infeksi parah dengan adanya gejala yang sesuai.

  • Suhu Normal Bayi Baru Lahir

Menurut penelitian dari Ikatan IDAI, suhu tubuh normal bayi baru lahir adalah 36,5 derajat celcius sampai 37,5 derajat celcius. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa setiap bayi memiliki faktor suhu tubuh yang berbeda sehingga tidak perlu khawatir jika si kecil tidak memiliki suhu diantara range tersebut.

Yang perlu Anda perhatikan adalah jika si kecil memiliki suhu normal bayi di ketiak di atas 38 derajat celcius. Jika bayi memiliki suhu mencapai 38 derajat celcius, segeralah langsung periksa ke dokter untuk menghindari demam tinggi hingga kejang-kejang.

  • Suhu Normal Bayi 2 Bulan

Berbeda dari suhu normal bayi yang baru lahir, suhu normal bayi 2 bulan adalah sekitar 36,4 derajat celcius. Tidak usah khawatir jika si kecil tidak berada di rentang suhu ini asalkan suhu tubuhnya tidak terlalu tinggi atau rendah. Jika sang buah hati memiliki suhu mencapai 38 derajat celcius berarti ia sedang mengalami demam tinggi.

Untuk mengetahui apakah si kecil demam atau tidak, cobalah cek suhunya menggunakan termometer pada ketiak atau mulut. Setelah itu lihat apakah anak Anda mengalami gejala demam tinggi seperti tidur yang buruk, tidak nafsu makan, lesu, hingga kejang.

  • Suhu Normal Bayi 6 Bulan

Suhu normal bayi 6 bulan adalah sekitar 36,5 hingga 37,4 derajat celcius. Ini adalah suhu normal pada umumnya untuk anak yang berusia 6 bulan, sehingga tidak ada masalah jika si kecil memiliki suhu yang lebih tinggi atau rendah asalkan rentang suhunya tidak terlalu jauh. Si kecil yang berusia 6 bulan biasanya akan mengalami demam tinggi jika berada di atas 38,5 derajat celcius.

Demam dengan gejala seperti ini akan hilang setelah 3 hari atau sekitar 72 jam. Namun jika suhu anak tidak kunjung normal, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk sang buah hati.

  • Suhu Normal Bayi 9 Bulan

Saat si kecil memasuki usia 9 bulan maka rentang suhu pun akan berubah, tetapi tidak jauh berbeda dari suhu tubuh normal bayi pada umumnya. Sama seperti pada usia sebelumnya, si kecil akan mengalami demam jika suhu termometernya mencapai 39,4 derajat celcius. Penanganan demam ini harus segera diatasi setelah 2 hari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Untuk usia 9 bulan yang mengalami demam, Anda dapat memberikan obat seperti Ibuprofen atau Acetaminophen. Namun akan lebih baik jika langsung menghubungi dokter agar demam segera reda dan si kecil aktif kembali. Saat si kecil mengalami demam tinggi, sebagai orang tua Anda juga wajib mengetahui apa saja gejala lainnya yang bayi alami agar dapat ditangani dengan langkah yang tepat. Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena telah mengetahui berapa suhu tubuh normal bayi. Bagaimana menurut Anda?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like