10 Aplikasi Catatan Keuangan Harian Pilihan untuk HP Terbaik

Aplikasi Catatan Keuangan Harian Pilihan untuk HP Terbaik

Aplikasi Catatan Keuangan Harian untuk HP Terbaik – Untung ada smartphone, sekarang segala kegiatan baik pekerjaan dan belajar dipermudah dengan kehadiran teknologi ini. Salah satunya adalah dengan adanya aplikasi catatan keuangan harian. Banyak sekali yang diuntungkan dari aplikasi ini, mulai dari individu bahkan perusahaan.

Ada aplikasi yang berbayar ada pula yang gratis, kamu tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Keuntungan yang diberikan sangat banyak, mulai dari catatan keuangan yang teratur dan aman serta menghemat pengeluaran. Daripada lama memilih, berikut ini beberapa aplikasi pengatur keuangan terbaik untuk smartphone.

Berbagai Macam Aplikasi Catatan Keuangan Harian Terbaik

Jangan sampai keuanganmu menjadi morat marit hanya karena tidak mencatat secara teliti. Apa sih fungsinya memiliki catatan keuangan? Jika kamu mencatatnya secara rutin, pertama kamu bisa melihat bagaimana pengeluaran pada minggu atau bulan sebelumnya.

Dari catatan tersebut kamu bisa mulai menyeleksi mana saja pengeluaran yang tidak penting dan wajib. Jika kamu memiliki target tertentu, misalnya menabung untuk membeli rumah atau membeli mobil maka akan mudah mengetahui berapa uang yang bisa disimpan.

Hal ini juga berlaku jika kamu saat ini memiliki banyak cicilan, sehingga pemasukan dan pengeluaran bisa seimbang. Jangan sampai keuangan kamu jadi ‘’besar pasak daripada tiang’’. Ada beberapa aplikasi pengatur keuangan bahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan sebagai berikut ini:

1. Mint

Banyak yang menggunakan aplikasi catatan keuangan harian ini sebagai pengatur keuangan pribadi atau alat yang membantu kita mengatur keuangan pribadi. Cukup dengan membuat satu akun saja, aplikasi catatan keuangan harian ini bisa mengatur portofolio investasi, rekening bank, tagihan bulanan hingga pinjaman kredit bahkan giro.

Artikel Terkait:  Pentingnya Mempunyai Asuransi Retirement Life Plan Agar Tetap Bisa Bahagia Saat Usia Pensiun Tiba

Catatan pengeluaran akan disuguhkan dalam bentuk grafik atau bagan yang lebih mudah untuk dibaca. Ketika kamu mengalami pembengkakan dalam hal pengeluaran maka akan muncul notifikasi sebagai pengingat.

Dalam aplikasi catatan keuangan harian ini kamu juga akan mendapatkan saran dalam menyusun keuangan supaya tidak lebih dari pemasukan yang dimiliki.

2. Monefy

Jika aplikasi yang pertama lebih ditujukan untuk individu, aplikasi catatan keuangan harian bisa digunakan untuk keluarga atau dengan pasangan. Melalui aplikasi ini kamu bisa memantau pengeluaran bersama karena adanya fitur sinkronisasi.

Untuk menggunakannya cukup dengan mencatat pengeluaran serta pemasukan dalam bentuk angka. Aplikasi catatan keuangan harian ini nantinya akan mengelompokkan masing-masing pos sesuai dengan fungsinya. Aplikasi catatan keuangan iphone dan android ini memiliki tampilan muka yang sederhana sehingga memudahkan siapa saja untuk menggunakannya.

3. UangKu

Aplikasi ini cocok sekali bagi pemula yang masih buta akan catatan keuangan. Ditambah lagi semua fiturnya lebih terstruktur dan juga terperinci. Pengisian dilakukan dengan mencatat target terlebih dahulu kemudian pengeluaran dalam satu bulan.

Nantinya kamu akan mendapatkan saran mengenai total pengeluaran yang sebaiknya digunakan setiap hari. Tujuannya agar target yang tadi telah dicatat bisa tercapai. Nantinya aplikasi ini akan mengelompokkan pemasukan serta pengeluaran di beberapa kategori.

4. Teman Bisnis

Bagi kamu yang saat ini sedang merencanakan bisnis atau catatan keuangan di usaha yang kamu rintis masih berantakan bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan harian ini. Aplikasi keuangan perusahaan ini akan mencatat semua pemasukan dari beragam sumber dan nantinya akan dikelompokkan menjadi beberapa bagian.

Karena fungsinya adalah untuk perusahaan, maka ada catatan mengenai transaksi kredit bahkan utang. Melalui aplikasi ini juga kamu akan mendapatkan perhitungan mengenai laba atau rugi dan arus kas. Cukup dengan aplikasi Teman Bisnis keuangan dalam usaha akan lebih transparan.

Artikel Terkait:  Memahami Siklus Akuntansi dalam Perusahaan

5. Finansialku

Aplikasi catatan keuangan harian ini sudah memiliki sertifikat CFP atau Certified Financial Planner. Dengan adanya sertifikat ini justru membuat kontrol pengeluaran dan pemasukan jadi lebih terperinci. Aplikasi ini juga akan terkoneksi dengan rekening yang kamu miliki sehingga kontrol bisa dilakukan sepenuhnya.

Ada satu hal yang unik dari aplikasi ini adalah memiliki fitur foto serta lokasi yang akan mencatat semua transaksi secara real. Jadi bukan hanya memasukan nominal pengeluaran dan pemasukan saja. Untuk mengaktifkan fitur secara penuh, ada biaya langganan yang harus dipenuhi.

6. Goodbudget

Satu lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk akses bersama. Aplikasi ini tidak perlu terhubung dengan akun bank namun hanya dengan menuliskan manual saja. Mulai dari uang atau dana tunai, saldo dan daftar utang.

Goodbudget bukan hanya digunakan untuk smartphone tetapi juga termasuk aplikasi pengatur keuangan pc. Tidak perlu takut soal aplikasi yang tidak bisa diakses dalam beberapa perangkat. Goodbudget memperluas akses ketika dibuka dalam perangkat berbeda di waktu yang bersamaan. Aplikasi ini berbayar dan bisa memilih biaya bulanan atau tahunan.

7. Google Sheet

Jika membutuhkan banyak perhitungan seperti aplikasi pengatur keuangan excel, Google Sheet bisa jadi solusinya. Aplikasi ini paling banyak digunakan untuk perusahaan, tetapi bagi kamu individu yang memiliki banyak catatan keuangan bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Google Sheet merupakan salah satu produk dari Google jadi lebih fleksibel untuk digunakan. Bisa dimanfaatkan untuk aplikasi catatan keuangan harian atau kantoran. Aplikasi bisa dibuka di mana saja seperti pc, laptop hingga smartphone, asalkan terhubung dengan internet.

8. Cash Droid

Sebuah catatan keuangan yang paling sederhana karena laporan disajikan dalam bentuk grafik simpel. Selain itu semua jenis pemasukan dan pengeluaran akan dikelompokkan masing-masing.

Artikel Terkait:  6 Jenis Investasi Ini Cocok untuk Kantong Anak Muda. Ayo Mulai, Jangan Menunda Sampai Tua!

Ditambah lagi aplikasi ini bisa digunakan untuk menganalisis catatan keuangan dari bentuk file CSV untuk versi Pro nya. Jika ingin menggunakan versi Pro ini, kamu bisa berlangganan bulanan atau tahunan.

Apapun jenis pengeluaran yang dibutuhkan seperti kredit motor, mobil, rumah atau tagihan asuransi akan dikelompokkan sendiri-sendiri. Sama halnya dengan pemasukan yang berasal dari gaji pokok atau sumber pemasukan lainnya.

9. AndroMoney

Salah satu aplikasi pencatat keuangan bisnis serta untuk individu yang digunakan untuk pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya dengan terperinci. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki seperti dapat disimpan ke Dropbox dan Google Docs.

Semua kebutuhan jalan-jalan, makan, keperluan bisnis, belanja bahkan rumah tangga. Dengan tampilan sederhana, para pemula bisa menggunakannya dengan lebih mudah. Laporan setiap bulannya bisa digunakan untuk pengecekan untuk evaluasi.

10. Sepran

Aplikasi Expense Manager ini akan mencatat semua pengeluaran serta pemasukan secara harian dengan lebih cepat. Inputnya dilakukan secara sederhana dan ditambah dengan fitur pengingat untuk memasukan data secara rutin.

Keuntungan dari aplikasi ini adalah aksesnya yang tidak bergantung dengan internet. Kamu bisa mengakses tanpa selalu tersambung dengan internet. Jadi kapan saja dan di mana saja kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

Bukan hanya mencatat, tetapi aplikasi ini juga akan memberikan rekapan sesuai kebutuhan baik itu bulanan, mingguan hingga tahunan. Data akan tersimpan di aplikasi dan seandainya kamu akan berganti hp data tidak akan hilang.

Sepran menyimpan data di Google Drive, jadi kamu tinggal login Google untuk sinkronisasi data nantinya. Ada juga versi Pro dari aplikasi ini yang akan memudahkan kamu menggunakannya tanpa terganggu iklan.

Tak ada ruginya bagi kamu untuk memulai menggunakan aplikasi catatan keuangan harian. Dengan begitu keuangan yang tadinya acak-acakan akan lebih teratur. Kamu pun bisa mencapai apa yang diinginkan.

0 Shares:
1 comment
  1. Kalau aku pakai Money Manager, Kak. Hampir sama sih dengan aplikasi lainnya. User-friendly dan detailnya juga oke.
    Kalo Mint ini aku sering tahu banyak banget dipake di luar negeri. Kalo di Indonesia sama juga kah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.