Investasi Saham: 5 Tips Sukses Investasi Saham 2021

Investasi saham

Investasi saham saat ini sudah semakin banyak dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Para investor berlomba-lomba untuk menanam modal agar mendapatkan keuntungan yang besar. Hal yang membuat investasi pada instrumen saham sangat menarik adalah keuntungannya yang berpotensi mencapai 14% dalam 1 tahun. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi saham maka penting bagi Anda untuk mengetahui tips sukses investasi terlebih dahulu.

Tips sukses investasi saham

Untuk menghindari kerugian atau paling tidak meminimalisir risiko yang terjadi saat melakukan investasi saham, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Cari Banyak Informasi Tentang Saham

Tips investasi saham pertama yang sebaiknya dilakukan oleh para investor sebelum melakukan investasi dan beli saham dengan modal besar adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Bekali diri dengan informasi seputar investasi saham agar tidak keliru dalam mengambil langkah.

Ada banyak sumber yang bisa Anda manfaatkan antara lain seperti buku, internet, berbagai macam media, serta Anda juga bisa mengikuti seminar.

Pelajari dengan sungguh-sungguh mengenai keuntungan serta risiko yang bisa saja terjadi ketika melakukan investasi saham. Anda bisa mempelajari dari situs resmi Bursa Efek Indonesia.

Beberapa hal penting yang bisa dipelajari antara lain tentang laporan keuangan perusahaan, kinerja perusahaan, IHSG atau indeks harga saham dan yang lain sebagainya.

Jangan sampai Anda melakukan investasi saham tanpa paham bagaimana mekanisme perdagangan saham serta tren pasar. Anda harus benar-benar yakin dan menguasai bagaimana cara untuk bisa mendapatkan return yang menguntungkan.

2. Jangan Mengandalkan Asumsi

Banyak orang atau investor yang akhirnya mengalami kerugian karena terlalu mudah berasumsi mengenai harga saham. Terlalu berspekulasi hanya akan membuat dana investasi Anda dalam risiko besar. Bagi investor yang ingin menanam modal dengan angka yang besar, sebaiknya memiliki bekal pengetahuan yang cukup agar tidak sekadar berspekulasi.

3. Selalu Gunakan Perhitungan Matang

Banyak investor yang mudah tergiur hanya karena banyak rekannya yang mendapatkan keuntungan besar dari investasi saham. Padahal sebenarnya untuk bisa mendapatkan keuntungan besar seorang investor memerlukan pengetahuan dan perhitungan yang matang.

Sebelum memutuskan berinvestasi, Anda jangan hanya tergiur dengan keuntungan yang didapatkan oleh investor yang sudah sukses. Lakukan perhitungan secara matang terutama tentang hal yang berkaitan dengan investasi. Jangan lupa juga untuk melakukan riset.

4. Mempelajari Risiko

Tips berikutnya yang perlu untuk dilakukan yaitu berusaha untuk mempelajari risiko. Setiap melakukan investasi saham, akan selalu ada yang namanya risiko.

Pelajari risiko yang mungkin saja terjadi dan cobalah untuk berusaha mencari solusi terbaik apabila ternyata risiko kerugian berada di hadapan Anda. Strategi yang Anda miliki akan mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan investasi.

5. Manfaatkan Dana yang Tidak Terpakai

Hal yang sangat menarik bagi seorang investor adalah karena bisa memanfaatkan dana yang sebenarnya tidak terpakai sehingga bisa lebih menguntungkan.

Pasar saham merupakan sesuatu yang tidak stabil sehingga seseorang yang berinvestasi bisa dalam sekejap mendapatkan keuntungan besar, namun bisa juga mendadak mendapatkan kerugian yang tidak disangka-sangka.

Jangan pernah berpikir untuk berhutang untuk melakukan investasi saham seperti ini. Anda harus bijaksana dalam mengelola keuangan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Investasi Reksadana Saham Bersama DBS Treasures

Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham, namun masih belum berani menghadapi risiko yang tinggi. Maka investasi di reksadana saham menjadi salah satu produk investasi yang sesuai kebutuhan Anda. Melalui investasi di DBS Treasures, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan menarik seperti:

1. Investasi dikelola oleh manajer investasi profesional

Jika Anda berinvestasi bersama dengan DBS Treasures, Anda bisa tenang karena investasi reksadana saham Anda akan dikelola oleh mitra DBS Treasures, yaitu manajer investasi yang profesional dan berpengalaman. Anda bisa menikmati keuntungan yang relatif besar nantinya karena investasi dilakukan oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman.

2. Terdapat Panduan Investasi

Keuntungan selanjutnya jika bergabung dengan DBS Treasures adalah Anda bisa mendapatkan informasi penting seputar investasi reksadana saham seperti, analisis pasar dan juga peluang investasi yang ada saat ini. Tim ahli finansial DBS Treasures akan berkolaborasi melakukan semua analisisnya sesuai profil risiko Anda dan menyampaikannya secara proaktif.

3. Diversifikasi untuk meminimalkan risiko

DBS Treasures juga memungkinkan nasabah untuk melakukan diversifikasi sehingga risiko kerugian dapat diminimalisir. Dana Anda akan disebarkan ke beberapa jenis instrumen investasi sehingga apabila ada satu yang mengalami kerugian, Anda masih mendapatkan keuntungan dari instrumen lainnya.

Perlu Anda ingat bahwa DBS Treasures merupakan perbankan prioritas yang akan membantu nasabah untuk bisa melakukan investasi reksadana saham dengan mudah.

Anda bisa menempatkan dana kelolaan minimal lima ratus juta rupiah untuk bergabung menjadi nasabah DBS Treasures, yang bisa didistribusikan di berbagai instrumen investasi, diantaranya reksadana saham tersebut. 

Sekarang Anda bisa mulai melakukan investasi saham. Akan tetapi sebaiknya jangan melakukan investasi saham tanpa melalui DBS Treasures karena resikonya akan sangat besar. CELOTEHDINIHARI

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.