Inilah Cara Mengatur Keuangan Pribadi Untuk yang Baru Masuk Dunia Kerja

cara mengatur keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi bagi kamu yang baru saja masuk dunia kerja perlu diketahui sesegera mungkin. Pengelolaan finansial sejak dini akan melatih diri untuk menghadapi uang dan menjadikan kebiasaan untuk mengatur keuangan. Jadi sejak awal, kamu terbiasa buat target keuangan yang jelas untuk dicapai serta perencanaan yang detail

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bagi yang Baru Mulai Kerja

cara mengatur keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil dimulai dari awal sebagai karyawan baru. Semakin cepat kamu memulainya akan semakin cepat menjadi kebiasaan. Selain itu, jadi lebih mudah untuk menentukan tujuan keuangan dengan visi terarah. Memiliki tujuan akan membantu kamu bekerja lebih giat. Berikut adalah beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu mulai sejak masuk kerja

1. Membuat Pos-Pos Pengeluaran

Cara mengatur keuangan bulanan adalah membagi pengeluaran berdasarkan kategorinya misalkan listrik, wi-fi dan makanan adalah kebutuhan bulanan. Hiburan dan donasi adalah kebutuhan sekunder yang dipenuhi setelah kebutuhan bulanan terbayarkan.

Pilih pos mana yang alokasi dana lebih besar dan berusahalah untuk menetapkan cara mengatur keuangan pribadi sesuai dengan rencana yang sudah dibuat di awal

2. Menetapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang

Cara mengatur keuangan pribadi remaja adalah terbiasa menyeimbangkan pengeluaran dan pendapatan. Setelah bekerja buatlah rencana jangka pendek dan Panjang.

Dengan demikian kamu mudah mengatur keuangan pribadi dan sudah terbiasa membuat rencana finansial yang jelas. Rencana keuangan jangka pendek adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bulanan.

Sedangkan rencana panjangnya adalah memiliki investasi seperti rumah, kendaraan investasi atau bahkan usaha sendiri

3. Berhemat Sedari Dini

Kita kerap mentraktir teman dan keluarga sebagai karyawan baru, untuk beberapa orang bahkan tidak tahu kapan harus berhenti. Usahakan untuk memiliki alokasi yang jelas untuk hiburan.

Cara mengatur keuangan pribadi seperti ini bisa membuat finansial kamu tertata baik. Jadi, kamu tidak akan kebingungan pada akhir bulan, kemanakan semua gaji itu pergi?

4. Lunasi Hutang dan Jangan Berhutang Lagi

Sebelum bekerja mungkin kamu berhutang untuk mempersiapkan masuk dunia kerja. Setelah menerima gaji pertama, segera lunasi semuanya.

Walau kamu tahu gajian akan turun tanggal berapa, hindari membuat utang baru dengan pikiran bisa melunasinya dengan gaji berikutnya.

Biasakan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan pemasukkan yang ada. Ini adalah cara mengatur keuangan pribadi yang paling mendasar sebagai seorang pekerja dengan gaji.

5. Investasi

Perencanaan keuangan pribadi sejak awal masuk dunia kerja akan membentuk karakter kamu dan mengelola keuangan dengan baik.

Bagaimana kamu menghadapi uang serta menata masa depan salah satu hal yang penting untuk dicari tahu sejak dini.

Tidak pernah terlalu awal untuk mencari tahu bagaimana caranya berinvestasi. Kamu harus mencari mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan cara mengatur keuangan pribadi kamu.

Hal ini penting dilakukan sejak jadi karyawan baru karena tidak langsung kita menemukan investasi yang pas dengan kebutuhan kita

6. Mencatat keuangan

Mengatur keuangan keluar dan masuk bisa dilakukan dengan membuat catatan finansial atau atau mencatat pengeluaran pribadi dengan excel atau aplikasi.

Kamu bisa memiliki buku kas atau mengunduh aplikasi keuangan melalui Google Play Store. Pencatatan penting untuk memantau apakah pengeluaran hari bulan ini lebih besar daripada pengeluaran bulan sebelumnya, atau pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

7. Membuat Rekening Terpisah

Walau gaji sebagai karyawan baru sesuai UMR (upah minimum regional) dan termasuk kecil, tidak pernah terlambat untuk memisahkan rekening tabungan dengan rekening kebutuhan sehari-hari.

Ini adalah cara pembagian gaji bulanan yang tepat dan mudah. Kini ada banyak bank digital yang bisa dibuka secara online dengan berbagai layanannya yang tidak kalah lengkapnya dengan bank konvensional.

Demikianlah beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu coba sebagai karyawan baru. Biasakan untuk mengetahui besarnya uang masuk dan keluar.

Pahami juga di mana saja pos-pos pengeluaran yang sering kamu lakukan. Kalau butuh bantuan teknologi, kamu dapat memakai aplikasi keuangan seperti Senyumku

senyumku bank amar

Layanan Senyumku-Buka Rekening Online menawarkan banyak layanan keuangan mulai dari menabung, mencatat pengeluaran dan pemasukan bahkan untuk berinvestasi.

Aplikasi ini sangat bermanfaat sebagai cara mengatur keuangan pribadi handal, sejak mulai mendapat pekerjaan. Senyumku juga bisa mengatur keuangan keluarga atau kalau kamu ingin mulai usaha sendiri.

Senyumku adalah aplikasi dari bank Amar yang informasinya bisa di lihat langsung melalui situs resminya di senyumku.com. Ada banyak fitur unggulan yang cocok untuk membantu kamu mengatur keuangan pribadi.

Fitur artifisial intelijen akan menganalisa kebutuhan harian hingga bulanan. Senyumku juga memiliki spending alert yang bisa memberitahu kalau pengeluaran kamu mendekati budget yang sudah ditetapkan sebelumnya. Aplikasi Senyumku juga bisa berfungsi sebagai tabungan online di mana semua aktivitas keuangan diakses melalui smartphonemu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.